Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Toprank Indonesia

4 Strategi Digital Marketing Yang Ampuh Meningkatkan Konversi

Bisnis | Wednesday, 24 Aug 2022, 14:50 WIB

Saat pertama kali mendengar digital marketing, mungkin banyak orang mengira bahwa itu sesuatu yang rumit dan membutuhkan keahlian khusus. Ya memang menjalankan digital marketing memang harus memiliki keahlian di bidang ini, tapi bukan berarti tidak bisa di pelajari bukan?

Jika saat ini Anda penasaran dengan pemasaran digital dan ingin mempelajari strategi digital marketing, mungkin artikel ini dapat mengarahkan Anda ke arah sana.

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang dijalankan dengan memanfaatkan jejaring internet untuk mendatangkan konsumen. Ada banyak media atau platform digital yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis, misalnya saja website, media sosial dan mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo.

Sangking banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari pemasaran digital seperti menjangkau pasar lebih luas, menargetkan lebih banyak calon pelanggan, meningkatkan brand awareness, meningkatkan kredibilitas merek dan meningkatkan penjualan. Tidak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba menciptakan strategi yang efektif untuk meningkatkan bisnis mereka.

Nah lalu apa saja strategi digital marketing yang jitu meningkatkan konversi dan penjualan? Simak penjelasannya dibawah ini!

1. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi digital marketing yang ampuh mendatangkan visitor ke situs web sekaligus membantu meningkatkan konversi dan penjualan adalah SEO. Search Engine Optimization atau lebih dikenal SEO merupakan metode pengoptimalan website atau blog supaya mendapatkan ranking di halaman 1 search engine (Google, Yahoo atau Bing).

Cara kerja SEO adalah meningkatkan peringkat website supaya mendapatkan lebih banyak pengunjung berkualitas. Serangkaian proses SEO yang dijalankan untuk mendapatkan visitor berkualitas ialah:

- Riset keyword

- Buat konten berkualitas

- Membangun backlink berkualitas

- Mengoptimalkan SEO onpage

2. Content Marketing

Content marketing menjadi salah satu strategi digital marketing yang ampuh dalam meningkatkan konversi. Jenis konten yang umum digunakan untuk menarik minat audiens target adalah artikel blog, video, infografis, podcast, dan gambar.

Supaya pemasaran konten tepat sasaran maka Anda harus membuat konten yang dibutuhkan oleh audiens target, misalnya konten tutorial, tips dan juga konten penjualan.

Apabila Anda membuat konten artikel, akan lebih baik Anda melibatkan SEO didalamnya, karena ini akan sangat membantu dalam meningkatkan ranking website. Sedangkan konten untuk sosial media, buatlah yang menarik namun memberikan manfaat bagi audiens target.

3. Pay Per Click (PPC)

Jika Anda ingin mendapatkan prospek lebih cepat, maka memilih strategi digital marketing PPC adalah keputusan yang tepat. Pay Per Click (PPC) adalah jenis strategi pemasaran online yang menggunakan sistem pembayaran per klik. Jadi Anda hanya akan membayar kepada pihak penyedia iklan sesuai dengan klik yang Anda dapatkan.

Jika Anda tertarik menjalankan PPC sebagai strategi digital marketing Anda, pastikan Anda memilih platform yang tepat. Google Ads adalah jenis iklan PPC yang sangat umum digunakan karena orang Indonesia menggunakan Google sebagai mesin pencari mereka.

Sedangkan iklan PPC sosial media, Anda bisa menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, TikTok Ads atau bahkan YouTube Ads.

4. Social Media Marketing (SMM)

Apabila audiens target berada di media sosial, maka untuk menjangkau mereka Anda harus menjalankan strategi Social Media Marketing (SMM). Strategi ini cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness sekaligus untuk meningkatkan penjualan.

Menjalankan pemasaran sosial media ada dua cara yaitu berbayar dan organic. Untuk pemasaran organic, mungkin akan membutuhkan waktu yang lama, namun ini bagus untuk mebangun brand awareness. Sedangkan pemasaran berbayar sangat bagus untuk meningkatkan konversi.

Platform sosial media yang paling sering digunakan untuk mempromosikan bisnis adalah Facebook, Youtube, Instagram, Pinterest dan TikTok.

Setelah Anda mengetahui strategi digital marketing, pastinya Anda tertarik ingin menggunakan salah satu strategi ini bukan? Nah jika Anda masih bingung cara melakukannya, akan lebih baik jika Anda menggunakan perusahaan digital marketing. Toprank Indonesia adalah digital marketing agency yang sudah 9 tahun berpengalaman dan telah membantu ratusan para pelaku usaha untuk go online.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image