Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

5 Tren Digital Marketing 2021 Yang Perlu Brand Owner Ketahui

Olahraga | Tuesday, 03 Aug 2021, 13:08 WIB
www.ekrut.com

Strategi pemasaran yang semakin meluas, membuat para pemilik brand harus memerhatikan tren digital marketing yang tengah berkembang. Hal tersebut perlu dilakukan guna mengikuti pola digital marketing efektif yang banyak digunakan.

Ini dia, tren digital marketing 2021 yang perlu diketahui pebisnis dan brand owner

1. Penggunaan Chatbots makin masif

Fitur Chatbots mulai aktif digunakan oleh perusahaan beberapa tahun ke belakangan ini. Bahkan diprediksi di tahun 2021, penggunaannya akan meningkat menjadi 80 persen.

Chatbots sendiri merupakan fitur obrolan otomatis yang tersedia pada situs atau layanan pesan instan dengan menggunakan robot atau artificial intelligence guna menjawab chat dari pelanggan.

2. Video pemasaran akan meningkat

Berdasarkan riset, sekitar 52 persen pelanggan memutuskan untuk membeli produk atau layanan dari perusahaan setelah melihat konten video pemasaran. Bahkan diketahui 70 persennya ikut membagikan video tersebut.

Hal tersebut membuktikan bahwa konten digital marketing yang disukai publik sekarang ini adalah konten berbentuk gambar bergerak atau video.

3. Shoppable post di media sosial

Sekarang ini, fitur media sosial semakin canggih dan beragam. Salah satu inovasi terbarunya adalah fitur Instagram Checkout. Fitur tersebut menawarkan layanan agar pelanggan dapat melihat harga produk, membeli langsung barang yang diinginkan tanpa harus membuka situs penjualan perusahaan.

Fitur shoppable post di media sosial digambarkan akan banyak digunakan oleh brand di tahun 2021 ini guna menarik para pembeli yang aktif di media sosial.

4. Pencarian melalui suara

Selain membuat konten video pemasaran, owner brand juga harus menggunakan konten suara yang cocok sebagai bagian dari strategi digital marketing yang mereka gunakan. Pasalnya, pencarian dalam bentuk suara diprediksi akan meningkat penggunaannya di tahun depan.

Strategi ini sudah mulai dilakukan oleh beberapa perusahaan seperti Dominoz, dimana mereka memungkinkan pelanggan untuk bisa memesan melalui suara dari smartphone mereka tanpa harus menelpon kontak pelanggan.

5. Konten dari pengguna

Selain beberapa tren di atas, konten dari pengguna juga diprediksi akan tetap sering digunakan sebagai salah satu strategi digital marketing tahun depan.

Konten dari pengguna merupakan sebuah konten yang dibuat oleh pengguna dengan menandai brand kemudian diunggah ulang oleh brand tersebut.

Jenis strategi seperti ini akan tetap digunakan karena 90 persen pembeli lebih terpengaruh untuk membeli setelah melihat konten yang dibuat oleh pembeli lainnya.

Ketahui 3 tren digital marketing 2021 lainnya melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image