Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Era Pembaruan

Kemajuan Digital: Kewajiban Cerdas Beradaptasi Dalam Berbisnis di Era Digital

Bisnis | Sunday, 12 Mar 2023, 15:01 WIB

Masyarakat dunia saat ini sedang menikmati santapan lezat dari mudahnya beberapa pekerjaan dibantu oleh Artificial Intelegence (AI). Dunia digital telah mengalami perubahan algoritma yang signifikan sebagai wujud keinginan manusia untuk melakukan berbagai hal dengan lebih efisien. OpenAI dengan penciptaan ChatGPT-nya telah menyihir perhatian banyak orang untuk ikut serta merasakan efisiensi tersebut.

Dalam lanskap Era Revolusi Industri 4.0, beradaptasi terhadap perubahan yang ada merupakan sebuah aspek fundamental untuk kokoh berdiri dalam mencapai sebuah tujuan yang relevan. Cerdas beradaptasi berarti seseorang harus memahami berbagai kebutuhan kritis yang menjadi penunjang tercapainya tujuan.

Bisnis online adalah salah satu contoh dari adaptasi kemajuan teknologi digital terhadap transformasi kebiasaan masyarakat dalam pemanfaatan teknologi digital. Membedah urat dari kewajiban beradaptasi bukanlah sekedar pemanfaatan teknologi digital. Ini juga melibatkan pemahaman yang baik tentang kebutuhan pelanggan, strategi pemasaran yang efektif, analisis trend pasar, pengoptimalan sumber daya dan kemampuan untuk mengindentifikasi serta mengeksploitasi suatu peluang.

Platform media sosial merupakan sarana praktis sekaligus ladang yang menguntungkan bagi bisnis online untuk berkembang dengan didasari pada jutaan pengguna yang aktif update informasi setiap harinya. Ladang jutaan pengguna ini pun harus dibarengi dengan kemampuan persuasif dalam menyakinkan orang lain terhadap produk yang promosikan. Poin penting keberhasilan promosi ditentukan dari pemahaman mendalam seorang pebisnis mengenai "siapa" target penjualan dari produk tersebut. Kemampuan persuasif ini biasa disebut dengan teknik Copywriting dalam dunia penulisan.

Menoleh ke arah segmentasi penggunaan website, website menjadi sarana berbisnis yang efektif dalam pemasaran berbagai produk. Kepemilikannya bagi seorang pebisnis akan memberikan kesan profesional tersendiri. Dan kepemilikannya berarti seorang pebisnis memiliki kontrol penuh terhadap tampilan website yang akan menjadi identitas dari bisnisnya. Memberikan kemudahan kepada pelanggan dengan memanfaatkan manajemen order otomatis akan membentuk sebuah Brand Awareness (kesadaran merek) yang kuat. Namun, Optimasi SEO tetap menjadi elemen terpenting dalam meningkatkan efektivitas pemasaran tersebut.

Revolusi digital telah merombak manusia bagaimana cara menjalani hidup. Artificial Intelegence tidak bisa dipandang hanya sebatas ancaman, ia adalah produk yang hadir karena tuntutan zaman. OpenAI menghadirkan ChatGPT-nya untuk membantu banyak orang dalam memahami bahasa Inggris, bertindak sebagai asisten penulisan, mendapatkan saran strategi pemasaran yang informatif, serta dapat bertindak sebagai asisten riset untuk keperluan banyak hal. Bagai sebilah pisau, benar atau salah itu tergantung penggunaanya. Kekhawatiran selalu menyertai di setiap perubahan, tapi mereka yang cerdas adalah mereka yang mau belajar beradaptasi pada setiap perubahan.

Dulu di masa awal revolusi industri, banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena efisiensi hasil kerja telah banyak digantikan oleh mesin. Tapi karenanya pula peluang baru pekerjaan dan karir baru dapat terbuka luas. Itu berarti permintaan dan kebutuhan baru tercipta, membuka kesempatan bagi banyak orang untuk mengembangkan ketrampilan baru dan inovasi baru dalam penyesuaian diri terhadap perubahan pasar kerja.

.

Cek : Tools untuk meningkatkan penjualan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image