Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image irman muhammad ridwan

Perjalanan Hidup Manusia

Eduaksi | Tuesday, 23 Aug 2022, 20:06 WIB
Perjalanan hidup manusia sudah sudah tercatat dalam kitab lauhul mahfuz.

Perjalanan Hidup Manusia

Manusia sebagai makhluk Allah SWT mempunyai tugas utama mengabdi atau beribadah kepada-Nya namun sejauh mana perjalanan hidup manusia mulai alam ruh sampai menuju akhirat nanti semuanya akan ditempatkan ditempat terakhir yaitu surga dan neraka. Perjalanan hidup manusia sudah diskenariokan oleh Allah SWT dan semuanya sudah tercatat dalam kitab lauhul mahfuz.

Ternyata manusia juga sudah tercatat dalam kitab lauhul mahfuz baik peristiwa atau kejadian yang terjadi pada setiap manusia. Langkah, napas, kedipan mata, duduk, aktivitasnya sudah tercatat selain itu juga rizki, mati, jodoh, kesenangan, kesedihan, semuanya sudah tercatat dalam kitab lauhul mahfuz.

Perjalanan hidup manusia yang sudah tercatat dalam kitab lauhul mahfuz mempuyai perjalanan tentang jalannya hidup manusia, diantaranya:

1. Alam Ruh

Alam ruh hadir atau diciptakan sebelum makhluk lain diciptakan. Perjalanan hidup manusia dialam ruh menggambarkan pengakuan terhadap Allah SWT sebagai Tuhanya. Manusia ketika masih dialam ruh sepakat bahwa Allah SWT tuhanya. Mereka ketika ditanya "apa kamu menyaksikan bahwa Aku (Allah SWT ) adalah Tuhanmu?", mereka menjawab tentu saja kami menyaksikan Engakau adalah Tuhan kami.

Jadi keadaan manusia pada waktu itu sama mengakui Allah SWT sebagai Tuhan. Dialam ruh ini ditulis rizkinya, matinya,hidupnya, jodohnya, kesenanganya, kesedihannya, aktivitas dan perbuatan yang akan terjadi.

2. Alam Rahim

Alam Rahim adalah alam dimana manusia berada dalam rahim ibu. Di alam rahim ini manusia sama persih tetap mengakui Allah SWT Sebagai Tuhanya. Dalam hadis Rasulullah Saw dijelaskan bahwa dalam setiap rahim ibu ada malaikat yang diutusnya.

Malaikat ini melaporkan kejadian penciptaan manusia. Umur empat bulan dalam kandungan ibu, Allah SWT meniupkan ruh. Dialam rahim ini ditulis kemabali jodoh, rizki, mati, kesenangan, kesedihan dan aktivitas lainnya.

Manusia ketika berada dalam rahim dalam keadaan firah (suci). Empat bulan dalam kandungan ibu ditiupkan ruh oleh Allah SWT. Di rahim ibu ditulis kembali sesuatu atau peristiwa yang akan dialami manusia, seperti: rizki, jodoh, kematian, kesenangan, perbuatan, kesedihan dan lainnya.

3. Dunia

Ketika bayi dilahirkan ke dunia dalam keadaan fitrah (suci). Fitrah adalah kesucian. Fitrah juga artikam berada dalam keadaan muslim. Jadi setiap bayi yang dilahirkan kedunia dalam keadaan bersih dan keadaan muslim.

Semua bayi manusia yang lahir kedunia ini adalah muslim. Sebagaimana hadis Rasulullah Saw :"setiap bayi yang dilahirkan dalam keadaan fitrah(islam) yang meyahudikan dan menasranikan adalah orangtuanya"

Manusia dalam perjalanan hidup didunia ini sebetulnya untuk bekal nanti kepada kehidupan atau alam selanjutnya. Dunia jembatan menuju akhirat.

Tugas manusia adalah ibadah. Sebagaimana firman Allah SWT:" Dan tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk ibadah. Di dunia manusia tidak lain adalah untuk ibadah.

Setiap gerak langkah, napas yang berhembus bisa bernilai ibadah kalau diniatkan untuk ibadah kepada Allah SWT. Ulama terkemuka Yusuf Qhardawi mengatakan setiap perbuatan adalah ibadah.

Tentunya perbuatan yang bermanfaat untuk dirinya, orang lain bisa bernilai ibadah. Perbuatan yang jelek tidak bisa bernilai ibadah. Yang baik-baik berasal dari Allah SWT dan yang jelek berasal dari syetan.

Di dunia ini tugas manusia adalah ibadah. Ibadah adalah bentuk pengabdian kepada Allah SWT dengan tuntunan Rasul-Nya. Didunia adalah pencaharian amal untuk menuju akhirat. Manusia hidup didunia menjemput kematian dan masuk ke alam barzah.

4. Alam Barzah

Alam barzah adalah alam setelah alam dunia dengan proses kematian. Setiap manusia pasti akan melewati alam barzah. Alam barzah disebut juga alam kubur. Alam barzah adalah pintu menuju alam akhirat.

Di alam ini manusia akan mendapatkan nikmat dan siksa sesuai dengan amal masing-masing. Ada malaikat yang akan menanya di alam barzah ini adalah malaikat mungkar dan nakir. Ada beberapa pertanyaan dialam kubur atau alam barzah. Pertanyaan dialam kubur disebut fitnah kubur. Seorang muslim harus mempersiapkan amal demi lancarnya menjawab pertanyaan-pertanyaan dialam kubur ini. Apa saja pertanyaan atau fitnah kubur:

1. Man Raabuka (Siapakah Tuhanmu)? Allah SWT

2. Waman Nabiyyuka (Siapa Nabimu)? Nabi Muhammad Saw

3. Wamaa kiblatuka (apa kiblatmu)? Kabah

4. Wa Imamuka (siapa imammu)? Alquran

5. Wama dinnuka( apa agamamu)? Islam

6. Waman ikhawanuka (siapa saudaramu)? Kaum muslimin yang soleh

Barang siapa yang bisa menjawab dengan dari pertanyaan dialam kubur, maka kebahagian akan didapatinya sebaliknya apabila menjawabnya tidak lancar maka siksa yang akan didapatinya. Yang bisa melancarkan pertanyaan adalah keimanan dan amal soleh waktu didunia.

Dalam hadis Rasulullah Saw dijelaskan barang siapa yang ingin terhindar dari siksa kubut adalah membaca surat almulk sebelum tidur. InsyaAllah kalau kita membiasakan membaca al-mulk akan terhindar dari siksa kubur.

5. Alam Akhirat

Alam akhirat adalah alam dimana alam semesta dan makhluk akan hancur setelah melewati kiamat.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam.surat aljaljalah 1-2" Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang sangat dahsyat (1) dan bumi mengeluarkan beban-beban berat yang dikandung didalamnya(2).

Dalam surat aljaljalah menggambarkan tentang proses kiamat terjadi. Orang islam harus meyakini akan terjadinya kiamat. Kiamat awal menuju akhirat. Proses menuju alam akhirat:

1. Yaumul ba'ats

Yaumul ba'ats dimana manusia dibangkitkan dari alam kubur mulai umat zaman nabi Adam As sampai zaman Nabi Muhammad Saw. Manusia dibangkitkan dalam keadaan telanjang dengan muka dan badan yang aneh-aneh sesuai dengan amalnya masing-masing.

Ada yang mukanya hitam legam, mukanya bercahaya, ada yang mencakar mukanya sendiri, ada yang perutnya sebesar gunung, ada manusia yang tinggi ada menjadi kecil terinjak-injak sama yang lainnya berbagai macam sesuai dengan amaln waktu didunia.

Jarak matahari sangat dekat suasana sangat panas sekali bercucuran keringat panas bukan panas biasa bayangkan jarak matahari sangat dekat sekali. Satu hari di akhirat sama dengan seribu tahun didunia. Akhirat adalah tempat yang abadi sementara di dunia hanya persinggahan sesaat.

2. Yaumul Mahsar/Hasr

Yaumul Mahsar atau Hasr pada hari itu manusia dikumpulkan dipadang mahsar mulai umat Nabi Adam As sampai umat Nabi Muhammad Saw.

3. Yaumul Mizan

Yaumul Mizan atau Hisab dimana manusia pada hari itu di timbang amal perbuatannya.

4. Sirath

Sirath adalah jembatan menuju surga yang dibawahnya adalah api neraka. Amal soleh yang akan menyampaik ke surga-Nya.

5.Neraka

Neraka adalah tempat kebalikan bagi orang kafir, musrik dan orang yang durhaka atau tidak mau taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya sebagai penetang Allah SWT dan Rasul-Nya

6. Surga

Surga adalah tempat kembalikan orang yang bertakwa. Tempat bagi orang yang selalu menjalankan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya .Tempat paling indah, nyaman, mewah, tidak ada bandingnya bagi orang-orang taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Demikianlah perjalanan hidup manusia mulai dari alam ruh, alam rahim, dunia, alam barzah, akhirat terakhir surga dan neraka.

Irman Muhamad Ridwan, SHI, MPdi

Pemerhati Pendidikan dan Keagamaan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image