Lima Kota Pelajar Terbaik di Turkiye

Kuliner  

Sebagai destinasi kuliah yang makin populer, ribuan pelajar internasional tiap tahunnya mempertimbangkan kota tempat mereka akan memulai kehidupan sebagai mahasiswa di Turkiye. Tidak hanya menawarkan kualitas pendidikan terbaik dan kampus-kampus ranking dunia, kota-kota di bawah ini memberikan suasana terbaik untuk menunjang kehidupan mereka sebagai pelajar.

Istanbul

Sepertiga dari pelajar asing di Turkiye memilih Istanbul sebagai tempat menuntut ilmu. Hal ini wajar mengingat sebagai kota metropolitan, Istanbul memiliki lebih dari 50 universitas. Kota yang dipisahkan oleh Selat Bosphorus tersebut, mudah diakses baik dari Eropa, maupun Asia. Secara tidak langsung juga menjadi titik perpaduan dua kultur; barat dan timur. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri, tidak hanya bagi para pelancong, tetapi juga pelajar asing. Terlepas dari biaya hidup yang lebih tinggi dan suasana kota yang ramai serta bising dibanding kota lain di Turkiye. Ada banyak pilihan aktivitas, destinasi wisata, arsitektur indah bernilai sejarah, sampai dengan berbagai festival yang dapat jadi pengimbang kehidupan akademik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

foto : dok.republika.co.id

Ankara

Ibu kota Turkiye ini menaungi 13 universitas. Ankara merupakan pusat pemerintahan, sehingga atmosfer yang tersaji lebih teratur dibandingkan Istanbul. Oleh sebab itu, Ankara juga terpilih sebagai kota paling ideal untuk belajar. Biaya hidup, seperti akomodasi dan kebutuhan sehari-hari di Ankara, jauh lebih murah dari Istanbul. Perkara melepas penat dari rutinitas perkuliahan, Ankara memiliki Gençlik Park yang populer sebagai tempat berkumpul keluarga atau teman di akhir minggu. Tidak jauh dari pusat kota, juga ada Danau Eymir yang dikelilingi hutan pinus bernuansa tenang. Sobat Calakan juga bisa mengunjungi makam indah Mustafa Kemal Atatürk, Kastil Ankara, sisa-sisa peradaban bangsa Romawi, sampai dengan Masjid Haci Bayram yang didirikan pada masa Kekaisaran Ottoman.

Izmir

Apabila sobat Calakan ingin sekolah di kota dengan ritme kehidupan yang lebih santai, maka Izmir adalah jawabannya. Kota yang menghadap ke laut Aegea ini tentu saja memanjakan penduduknya dengan garis pantai yang indah, kota penuh warna, dan area pedestrian ciamik yang membuat suasana makin santai. Pengaruh peradaban Yunani dan Romawi terlihat sangat kuat di kota Izmir, dengan banyak monumen serta situs-situs bersejarah dari era tersebut. Izmir menjadi rumah bagi 9 universitas dan memiliki populasi 3.450 pelajar asing. Kota ini juga terkenal akan keamanannya, baik siang maupun malam.

Antalya

Kota pesisir di selatan Turkiye ini lebih dikenal sebagai destinasi turis. Namun dibalik itu, Antalya juga merupakan pilihan populer diantara pelajar internasional. Dengan atmosfer a la Mediterania, calon mahasiswa dapat memilih 5 kampus dengan beragam program studi. Bidang paling popler di antaranya adalah Software Engineering, Computer Science, Psikologi, Arsitektur, Administrasi Bisnis, dan Hukum. Antalya juga merupakan surganya wisata alam, mulai dari pantai-pantainya, sungai arus deras yang biasa jadi tempat olahraga rafting, sampai dengan gua untuk dijelajahi. Sisa-sisa peradaban Romawi dan Ottoman juga berpadu indah di kota Antalya.

Bursa

Kota Bursa terletak di kaki Gunung Uludağ dan merupakan kota terpadat keempat di Turkiye. Sebagai bagian dari jalur perdagangan sutera, Bursa masih memperlihatkan kejayaannya dengan toko-toko penjual kain sutera di sana. Mengingat saat Kekaisaran Ottoman berjaya, Bursa didapuk sebagai ibu kota. Tak heran apabila banyak nilai sejarah yang bisa dilihat di kota tersebut. Bursa juga terletak cukup dekat dengan Istanbul, hanya dua jam berkendara dan menawarkan kenyamanan secara ekonomi bagi pelajar asing. (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image