Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image yana circle

5 Makanan Khas Bantul yang Wajib di Coba

Kuliner | Tuesday, 23 Aug 2022, 08:40 WIB

Berwisata ke suatu daerah kurang lengkap rasanya jika belum mencoba wisata kuliner dan mencicipinya. Nah, jika anda sedang berlibur di Yogyakarta, terutama didaerah Hutan Pinus Mangunan dan Pantai Parangtrtis, anda bisa mencoba makanan khas bantul.

Perlu anda ketahui, bantul sendiri merupakan daerah yang berada di sebelah selatan Kota Yogyakarta.

Di Daerah ini, anda dapat menemukan berbagai jenis wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata kuliner. Dillansir dari yawisata.com berikut ini adalah 5 makanan khas bantul yang selalu dinikmati oleh semua orang.

1. Bakmi Pentil

Bakmi Pentil merupakan makanan khas bantul tepatnya di daerah Pundong. Bahan dasar pembuatan mie pentil berasal dari pati ketela. Uniknya lagi mie ini berbeda dengan yang lainya, karena meiliki bentuk yang sedikit besar dan memanjang. Bakmi Penthil memiliki 2 warna sekaligus yaitu warna putih dan kuning.

2. Peyek Tumpuk

Peyek atau rempeyek adalah salah satu makanan yang cukup populer di sebagian wilayah di Jawa, Khusunya Jawa Tengah. Namun berbeda dengan Peyek Tumbuk pada umumnya. Peyek ini memiliki bentuk yang tidak beraturan, dan bentuknya berupa tumpukan kacang tanah yang bertumpuk-tumpuk di balut dengan tepus terigy.

Dari bentuk tersebut maka dinamakan sebagai Peyek Tumpuk.

3. Mie Des

Hampir memiliki bentuk yang sama dengan bakmi pentil, Mie Des merupakan sebutan makanan yang berwujud bakmi dengan rasa pedas. Masyarakat Pundong biasanya membuat mie ini dengan bahan dasar pati ketela.

Namun perbedaan rasanya dari mie des sedikit lebih kencal dan memiliki bentuk yang lebih besar.

4. Kue Adrem

Kue Adrem merupakan salah satu makanan khas bantul, Kue ini di produksi tepatnya berada di Kecamatan Sanden Bantul. Kue ini dibuat dengan bahan dasar berupa tepung beras dan gula jawa merah yang digoreng. Kue Brem mememiliki rasa yang manis dan gurih. Saat pertama kali digigit, akan terasa legit.

Bentuk kue brem juga berbeda dengan yang lainya. Makanan yang satu ini biasanya disajikan pada saat hari-hari besar seperti, idul fitri dan hari-hari besar lainya.

5. Sate Klatak

Makanan khas bantul selanjutnya yaitu Sate Klatak. Sate klatak merupakan kuliner khas bantul yang berada di Jejeran, Pleret. Sate ini terbuat dari daginng kaming buta yang diberi bumbu khusus dan dibakan diatas arang panas.

Berbeda dengan yang lainya, tusuk sate klatak biasanya terbuat dari jeruji besar. Julukan Sate Klatak sendiri berasal dari bunyinya saat dibakar diatas arang.

Nah itu dia 5 makanan khas bantul dari yawisata.com yang wajib Anda coba ketika sedang berada di Yogyakarta. Selamat Mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image