Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Berburu Kuliner Mie Suree di Kampung Ujung Pie Laweung Aceh

Kuliner | Sunday, 14 Aug 2022, 21:22 WIB
Mie suree yang dijual di Kampung Ujung Pie, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie sangat diminati oleh pecinta kuliner di Aceh. Foto: Dokumentasi Pribadi

Sigli - Laweung adalah sebuah kota kecamatan di Kabupaten Pidie. Letaknya ±7 km dari jalan nasional di Simpang Beutong, Kecamatan Muara Tiga.

Laweung dulunya sangat kaya komoditas perikanan. Daerah ini penghasil udang windu terbesar di Pidie. Bahkan perekonomian Laweung saat itu tumbuh pesat saat udang windu menguasai pasar.

Selain memiliki areal tambak yang luas, Laweung juga berada di garis pantai yang langsung berhadapan dengan selat Malaka. Dari hasil laut pun tidak kalah banyaknya dengan hasil budidaya tambak.

Melalui dermaga Ujung Pie, para nelayan mendaratkan ikan hasil tangkapan mereka untuk dipasarkan. Salah satunya adalah ikan tongkol (cakalang/tuna) yang digunakan dalam kuliner mie Aceh atau mie suree.

Siapa yang tidak tahu dengan Mie Aceh? Wow pastinya Anda sudah pernah mencobanya bukan? Jika belum, tidak salah nya Anda untuk segera mencoba mencicipi cita rasa Mie Aceh yang aduhai enaknya. Konon bila Mie Aceh dipadu dengan ikan tongkol, nikmatnya selangit. Berlebihan? Tentu tidak.

Ternyata ikan tongkol dapat diolah dalam menu apa saja ya. Tidak hanya ditumis atau digoreng untuk lauk pauk. Namun bisa juga menjadi bahan yang diolah menjadi kuliner Mie Suree.

Mie Suree artinya Mie ikan tongkol. Mie suree semakin terkenal di Kampung Ujong Pie, Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh. Di tempat ini awal mula mie suree menjadi trending di kalangan pecinta Mie Aceh.

Kampung Ujong Pie berhadapan langsung dengan Selat Melaka. Untuk mencapai kampung nelayan ini, pengunjung harus melalui sebuah jalan sempit di samping sebuah sekolah. Meski berada di pinggir pantai, kampung ini lebih menggeliat, terutama pada sore hari.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau untuk semua kalangan, rata-rata pedagang di sana menjual mie suree Rp15.000,-/porsi. Harga yang murah meriah ini juga yang membuat pengunjung ramai berdatangan ingin menyantap mie suree.

So, jangan lewat! menikmati sepiring mie suree bersama keluarga menjadikan wisata kuliner Anda semakin sempurna. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image