Mahasiswa KKN UPI Ingatkan Pentingnya Pelestarian Lingkungan DAS Melalui Sosialisasi

Image
Rizkia Putri
Info Terkini | Thursday, 11 Aug 2022, 08:47 WIB

Pada Sabtu (06/08/22), mahasiswa kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar sosialisasi dengan tema “Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi” kepada warga RT 05/RW 01, Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Bandung.

Aliran Sungai Cibereum mengalir melintasi dua wilayah yaitu kota Bandung dan Cimahi. Salah satunya melewati kelurahan Gegerkalong RT 05 dan RT 07 di RW 01 yang menjadi sasaran Kelompok 4 KKN Universitas Pendidikan Indonesia. Tempat ini dipilih dalam rangka pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan juga Pengabdian kepada Masyarakat.

Observasi kondisi sekitar bantaran Sungai Cibereum telah dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2022. Pengelolaan limbah masih belum terfasilitasi dengan baik sehingga beberapa masyarakat sekitar bantaran sungai cenderung membuang limbah rumah tangga ke sungai dengan terlihatnya saluran pembuangan yang mengarah ke sungai. Hal tersebut perlu dijadikan perhatian lebih oleh seluruh kalangan masyarakat agar aliran sungai tetap dapat dijaga kelestaiaran lingkungannya.

Dengan harapan dapat mengedukasi masyarakat setempat mengenai pentingnya menjaga kebersihan di sekitar area sungai kelompok 4 dalam rangka Kuliah Kerja Nyata tahun 2022 Universitas Pendidikan Indonesia mencanangkan program Sosialisai “Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi” dengan tiga sasaran masyarakat muda-mudi/karang taruna, ibu-ibu kader dan anggota Satlinmas. Air sebagai sumber daya alam yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup termasuk kita sebagai manusia dan bagian dari masyarakat. Pentingnya mengenal kualitas sumber mata air untuk menunjang kehidupan sehari-hari agar dapat terhindar dari berbagai penyakit baik dari kelayakan air untuk dikonsumsi, pengelolaan limbah rumah tangga serta melestarikan kebersihan lingkungan.

Pada tanggal 29 Juli hingga 5 Agustus sosialisasi telah dilaksanakan di Masjid Jami Al-Muslim dengan tiga sasaran yang telah ditetapkan oleh kelompok 4 KKN. Sosialisasi dan diskusi terbuka tersebut memuat perbincangan para mahasiswa anggota kelompok dengan berbagai kalangan masyarakat yang diundang untuk saling berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman terkait sumber mata air dan sanitasi.

Sasaran tersebut diharapkan dapat mewakili dan membantu untuk menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar aliran sungai. Hal mendasar dari pelestarian lingkungan hidup dengan tidak mencemari aliran sungai yang ada disekitar masyarakat ini perlu diberikan fokus perhatian agar tidak mengganggu ekosistem. Baik masyarakat, mahasiswa, baik pemerintah harus lebih peduli dan teredukasi agar bumi tetap terjaga dan dapat bersahabat dengan manusia.

Penulis: Rizkia Putri Syafina

Dosen Pengampu Lapangan: Dr. Iip Saripah, M.Pd.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Image

Kunjungi Rutan Jepara, Ustadz Abdurahman Berikan Tausiyah Kepada Ratusan WBP

Image

Gelar Yasinan Rutin, Kalapas Brebes : Intropeksi Diri Sarana Jadi Pribadi Baik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image