Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ukhti Aura Shiba

Ciwirice, Jajanan Kekinian Asal Negara Tirai Bambu

Kuliner | Friday, 05 Aug 2022, 14:00 WIB

Ciwirice atau yang disebut Chicken Wing with Rice merupakan jajanan kekinian yang berasal dari China. Seorang dosen asal Indonesia yang menjadi dosen di negara tirai bambu ini yang membuka outlet Ciwirice di Batang, Jawa Tengah. Ia mendapatkan inspirasi ketika mencoba langsung makanan ini di China dan tidak menemukan di Indonesia.

***

Sejarah Ciwirice karena tidak ada di Indonesia

Seorang dosen yang bernama Tri Amelia Lestari merupakan dosen bahasa Indonesia yang mengajar di negara China. Ketika Amelia sedang liburan ke kota Xian, merupakan kota banyak makanan halal karena banyak orang muslim disana. Amelia menemukan jajanan yang unik yang sering ditemukan di Street Food. Jajanan unik itu merupakan sayap ayam yang berisi nasi di dalamnya. Karena penasaran Amelia membeli satu untuk dimakan pada saat itu. Setelah Amelia mencoba memakan Ciwirice dan ternyata sangat unik dan enak.

Pada tahun 2020, Amelia pulang ke Indonesia dikarenakan adanya pandemi Covid 19. Amelia mengingat makanan yang ia makan waktu liburan ke kota Xian dan mencari apakah ada orang yang menjual itu di Indonesia. Namun tidak ada satupun yang menjual Ciwirice khususnya di Jawa Tengah.

Seketika Amelia mendapatkan inspirasi untuk mempelajari bagaimana membuat Ciwirice. Berawal dari mencoba membuat sendiri untuk dimakan dirumah, baru dicoba untuk di kasih ke teman- teman nya. “Wah sangat enak, ayo bikin lagi nanti aku pasti beli” ujar teman Amelia. Melihat respon mereka diluar dugaan membuat Amelia semangat untuk membuka outlet Ciwirice.

Apa itu Ciwirice?

Banyak orang yang tidak tau apa itu Ciwirice dan membuat orang kebingungan makanan apakah itu. Ciwirice yang bisa disebut Chicken Wing with Rice merupakan jajanan asal negara China. Ciwirice sering ditemukan di Street Food atau jajanan kaki lima yang berada di China.

Ciwirice yang dalam bahasa mandarinnya 鸡翅包饭 (Ji Chi Bao Fan) merupakan sayap ayam diisi dengan nasi goreng dengan aroma ayam yang sangat menggoda. Ciwirice yang didalamnya berisi nasi goreng dengan bumbu khas dan memasukkan sayur-sayuran, semuanya dimakan dalam satu gigitan.

Pada saat menggigit Ciwirice tidak ditemukan tulang sayap ayam dan hanya nasi yang ada didalamnya. Sebab, saat proses pembuatan nya menggunakan gunting untuk memotong sendi sayap ayam, membalik kulit ayam ke atas dan ke bawah, dan mematahkan tulang dengan tangan untuk menghilangkan tulang sayap. Setelah tulang sayap dilepas, baru memasukkan nasi goreng ke dalam sayap ayam. Lalu menggunakan tusuk gigi untuk menyematkan sayap ayam, dan mengoleskan saus barbeque secara merata di kedua sisi sayap ayam, rendam selama 20 menit, dan letakkan sayap ayam di atas panggangan lalu dipanggang selama kurang lebih 15 menit.

Ciwirice cocok sekali untuk semua kalangan, baik kalangan anak muda maupun kalangan dewasa. Ciwirice juga sangat cocok untuk sarapan, karena terdapat sayap ayam yang berisi nasi yang menjadi satu, sehingga membuat Ciwirice praktis untuk dibawa kemana-mana.

Ciwirice memiliki harga yang lumayan terjangkau. Untuk satu porsi Ciwirice, harganya mulai dari 10-12 ribu. Ciwirice bisa juga dihidangkan saat acara besar, seperti acara ulang tahun, hajatan, dan sebagainya. Ciwirice memiliki berbagai macam rasa, sehingga membuat para pembeli tidak merasa bosan untuk mencoba berbagai macam rasa tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image