Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amanda Nasution

Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap etos Kerja Pada Karyawan

Eduaksi | Thursday, 04 Aug 2022, 11:01 WIB
dok by smart presence

Assalamu'alaikum, Readtizen

Sejatinya, setiap organisasi memiliki tujuan, dan membutuhkan banyak faktor serta cara untuk mencapai tujuan tersebut. Dan untuk itu ada beberapa hal yang menjadi faktor penentu kinerja sebuah organisasi, baik organisasi laba atau pun organisasi nir laba. Salah satunya adalah kinerja para pekerja di dalamnya.

Banyak hal yang menentukan kondisi kinerja para pekerja. Kondisi tempat kerja, fasilitas, tujuan, kemampuan kerja dan satu hal yang terpenting adalah reward.

Dalam makalah desertasi yang ditulis oleh Ibu Yossy Nurul Hidayati untuk Sidang Promosi S3 di Universitas Persada Indonesia. Yang makalahnya sendiri mengulik tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap etos kerja pada karyawan disebuah perusahaan menyatakan bahwa ada 4 hal yang mempengaruhi etos kerja karyawan. Yaitu :

1. Ketidakselarasan tujuan pribadi dan organisasi

2. Kurangnya training keahlian karyawan yang sesuai dengan bidangnya

3. Perlunya award untuk motivasi

4. Perlunya relaksasi bagi karyawan.

Keempat element diatas menjadi hal yang mempengaruhi kinerja karyawan, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Masih mengutip dari desertasi Ibu Yossy yang dipresentasikan di kampus psikologi YAI, Salemba, Jakarta. Bahwa:

1. Motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap etos kerja, namun hal ini tidak terjadi pada di perusahaan yang dijadikan objek penelitiannya,

2. Keterlekatankerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi,

3. Keyakinan diri merupakan hal penting untuk motivasi kerja

Sayangnya, bisa saja semua teori pendekatan yang digunakan tidak berpengaruh kepada etos kerja karyawan karena ada faktor lain yang tidak terdeteksi. Sehingga disinilah perlunya pihak perusahaan melakukan pendekatan kepada karyawan.

Menjadi cara ampuh dengan kehadiran perusahaan meng-intervensi secara positif untuk meningkatkan kinerja perusahaan, yang berikutnya akan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image