Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Puskeswan Pembantu Kecamatan Labuan Siap Dioperasikan

Eduaksi | Thursday, 28 Jul 2022, 23:02 WIB
Uji Coba Pelayanan Kesehatan Hewan, Warga Kecamatan Labuan dan sekitarnya antusias berkunjung ke Puskeswan Pembantu Kecamatan Labuan yang berlokasi di Gedung BPP Kecamatan Labuan Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 2, Kamis (28/07/2022)***

Dalam rangka meningkatkan akses dan jangkauan pelayanan kesehatan hewan kepada masyarakat dibidang peternakan dan kesehatan hewan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang bersiap mengembangkan jaringan pelayanan kesehatan hewan berupa Puskeswan Pembantu di Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang.

Pengembangan jaringan pelayanan kesehatan hewan di Kecamatan Labuan ini merupakan Puskeswan Pembantu yang kedua, setelah sebelumnya UPT Puskeswan Pandeglang telah sukses membuka layanan kesehatan hewan Puskeswan Pembantu Kecamatan Menes dan telah beroperasi sejak 5 April 2022 yang lalu.

Rencananya, Puskeswan Pembantu Kecamatan Labuan akan menempati Gadung Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Labuan tempat pelayanan kesehatan hewan yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan KM. 2 Desa Caringin Kecamatan Labuan.

“Insyaallah awal bulan Agustus 2022, Puskeswan Pembantu Labuan sudah siap memberikan pelayanan kesehatan hewan kepada warga Kecamatan Labuan dan sekitarnya,” ungkap Kepala UPT Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan, usai melakukan uji coba pelayanan kesehatan hewan di Kantor BPP Kecamatan Labuan, Kamis 28 Juli 2022.

Berita terkait : Warga Antusias Sambut Pelayanan Dokter Hewan di Puskeswan Pembantu Menes Kabupaten Pandeglang

Puskeswan Pembantu Kecamatan Labuan siap dioperasikan mulai 4 Agustus 2022, untuk informasi pelayanan kesehatan hewan silahkan hubungi #CallCenter 0856-8171-024

Ade mengatakan, sebagai tahap awal Puskeswan Pembantu Labuan baru bisa memberikan pelayanan kesehatan hewan pada setiap hari Kamis atau seminggu sekali.

“Sudah disiapkan dokter hewan dan seorang paramadik veteriner untuk ditugaskan memberikan pelayanan kesehatan hewan setiap hari Kamis,” katanya.

Dia menjelaskan, Puskeswan Pembantu Labuan merupakan bagian dari jaringan pelayanan kesehatan hewan UPT Puskeswan Pandeglang dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari OPD Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang.

“Puskeswan Pembantu mempunyai tugas melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan hewan, melakukan rujukan pelayanan kesehatan hewan ke UPT Puskeswan Pandeglang serta melakukan pelaporan kegiatan pelayanan kesehatan hewan secara real time melalui iSHIKNAS,” jelas Ade.

Selain itu, Dokter hewan dan Paramedik Veteriner yang ditugaskan di Puskeswan Pembantu juga melaksanakan kegiatan pembinaan kepada Peternak dalam rangka peningkatan kesehatan ternak dan produktifitas ternak.

Ditambahkan, saat ini di UPT Puskeswan Pandeglang sudah tersedia tenaga teknis dua dokter hewan dan dua paramedik veteriner.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera ditambah petugas teknisnya, sehingga pelayanan kesehatan hewan di Kabupaten Pandeglang bisa lebih dioptimalkan lagi,” harapnya.

Baca juga : Puskeswan Pandeglang targetkan pelayanan kesehatan hewan 1.580 ekor ternak

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image