Upacara Bendera Bagian Dari Profil Pelajar Pancasila

Image
irman muhammad ridwan
Eduaksi | Wednesday, 27 Jul 2022, 22:41 WIB
Upacara Bendera Bagian dari Profil Pelajar Pancasila

Selama pandemi covid 19 dua tahun lebih satuan pendidikan tidak melaksanakan Upacara Bendera Hari Senin. Upacara hari senin kembali menggelar Upacara Bendera hari senin sebagai kegiatan rutinitas yang dilaksanakan pada satuan Pendidikan, Apakah Upacara Bendera Bagian Dari Profil Pancasila?

Hari pertama mengawali dengan Upacara Bendera. Para Siswa memulai beradaptasi kembali dengan kondisi normal saat ini. Dengan menggelar Upacara Bendera Hari Senin ada sebagian siswa mengikuti Upacara tersebut tidak sampai selesai karena kondisi badan mereka kurang stabil, sehingga ada beberapa siswa yang pingsan tidak bisa mengikuti Upacara Bendera sampai selesai.

Sekolah mulai melaksanakan pembelajaran secara normal PTM (Pembelajaran Tatap Muka) dan menggelar Upacara Bendera hari senin di setiap sekolah. Upacara Bendera hari senin sangat dirasakan manfaatnya oleh para siswa karena pembentukan karakter sesuai dengan amanat Kurikulum Merdeka Belajar berkenaan dengan Profil Pelajar Pancasila.

Pembelajaran yang didapatkan dari pelaksanaan Upacara hari senin, diantaranya: pembentukan kedisiplinan, tanggung jawab, kerapihan, mengenang jasa para pahlawan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Apa saja dari pembelajaran Upacara Bendera yang berkenaan dengan Profil Pelajar Pancasila?

Dalam situs resmi Kemdikbud.go.id Profil Pelajar Pancasila merupakan visi dan misi kementrian Pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Pertama, Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan kegiatan Upacara Bendera membentuk siswa berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam kegiatan Upacara Bendera menanamkan nilai-nilai Pancasila dengan membacakan sila-sila Pancasila secara serentak yang dipandu oleh Pembina Upacara oleh Kepala Sekolah bertujuan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada para peserta Upacara Bendera terutama kepada para siswa. Selain mereka hapal mengenai kelima sila dalam Pancasila diharapkan bisa mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, Profil Pelajar Pancasila dengan kegiatan Upacara Bendera menanamkan nilai-nilai utama diantaranya beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam kegiatan Upacara Bendera menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan diantaranya: Mengheningkan Cipta dan Berdo’a. Mengheningkan cipta salah satunya mengenang jasa-jasa para pahlawan dengan mendoakan mereka mudah-mudahan jasa-jasa yang dikorbankan untuk bangsa dan negara mudah-mudahan kebaikannya dibalas oleh Allah SWT. Ditutup dengan berdo’a oleh petugas Upacara bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan dalam diri siswa dengan mengikuti kegitatan Upacara Bendera.

Ketiga, Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan Upacara Bendera yaitu berakhlak mulia. Menanamkan berakhlak mulia dalam kegiatan Upacara adalah disiplin dalam mengikuti kegiatan Upacara. Para peserta berdiri tegak dengan posisi siap mengikuti dengan hidmat mengikuti Upacara dari awal sampai akhir dengan menanamkan disiplin bertujuan menumbuhkan Akhlak mulia dari diri siswa.

Keempat, Dalam Profil Pelajar Pancasila menanamkan berbhinekaan global. Dalam Kegiatan Upacara Bendera menanamkan berbhinekaan global diantaranya ketika para peserta dianjurkan memakai pakaian adat kebudayaan di Indonesia menumbuhkan dan menanamkan nilai berbinekaan global khusus kebudayaan bangsa Indonesia yang beraneka ragam.

Keenam, Profil Pelajar Pancasila menanamkan sikap gotong royong. Dalam kegiatan Upacara Bendera tidak akan berjalan dengan lancar dan khidmat. Kalau tidak ada sikap gotong royong dalam pelaksanaan kegiatan Upacara maka kegiatan Upacara Bendera tidak akan berjalan dengan lancer. Gotong royong bukan dalam kegiatan sosial saja tetapi dalam kegiatan Upacara menanamkan gotong royong yaitu mereka mempuyai tugas masing-masing dalam kegiatan Upacara ada yang menjadi petugas Upacara dan ada yang menjadi peserta Upacara.

Petugas Upacara diantaranya: Pengatur Upacara, Pemimpin Upacara, Pembawa Acara, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Paduan Suara, Pembaca UUD 1945, Pembawa Teks Pancasila, Pembina Upacara dan Pembaca Doa. Adapun peserta Upacara diantaranya para siswa, Staf TU, Guru dan Penjaga Sekolah. Pembina Upacara: Kepala sekolah dan Guru. Dari kegiatan tersebut menanamkan nilai gotongroyong demi lancarnya kegiatan Upacara Bendera tersebut.

Ketujuh, Dalam Profil Pancasila menanamkan sifat mandiri, bernalar kritis dan dan kreatif. Dalam kegiatan Pancasila menanamkan keberanian tampil menumbuhkan sifat kritis, mandiri melaksanakan kegiatan Upacara dengan menanamkan kemandirian dengan melaksanakan dan mematuhi peraturan kegiatan Upacara Bendera serta kreatif dari siswa melalui kegiatan Upacara Bendera.

Demikian Profil Pelajar Pancasila nilai-nilai terdapat dalam kegiatan Upacara memiliki perilaku nilai-nilai Pancasila dan enam dasar nilai dalam Profil Pelajar Pancasila diantaranya: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak mulia, Berbhineka Global, Bergotongroyong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.

Irman Muhamad Ridwan, SHI,MPdI

Guru PAI Pemerhati Pendidikan Dan Keagamaan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Download Video dan Sound MP3 TikTok Tanpa Watermark Gratis Begini Caranya

Image

Cara Memasukan Kode Undangan Snack Video 2022

Image

Mengenal Tentang Vexanium, Blockchain Asli Buatan Indonesia yang Pertama

Image

Nama ID Zepeto Keren dan Aesthetic

Image

Vidmate Apk Mod (No Ads) Glow Up id Gratis

Image

Jika Seorang Mukmin Meninggal, Dua Pintu Langit Menangis Selama Empat Puluh Hari

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image