Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ibnu nih

Tips Agar Skripsimu Dipermudah Dosen

Edukasi | Tuesday, 26 Jul 2022, 14:45 WIB
Sumber: Pexels

Masih semangat para semester tua, ya siapa lagi yang tertarik dengan judul artikel seperti di atas kecuali para semester tua setengah matang, yang pontang-panting dikejar deadline skripsian. Semua yang saat ini telah memiliki nama gelar dibelakang atau didepan nama aslinya pasti pernah merasakan mengerjakan tugas akhir, ya walaupun kita tahu ada rahasia umum bahwa beberapa sarjana bahkan tidak pernah mengerjakan skripsi, ia menggunakan jasa joki tugas untuk mengerjakan segala kebutuhanya tentang salah satu persyaratan menyelesaikan tugas akhir tersebut. Lalu apa esensi mengambil studi sampai jenjang tinggi apabila jalan pintas seperti itu yang diambil. Berbeda dengan kegiatan-kegiatan perkuliahan yang lain skripsi memang seperti momok yang dihindari oleh sebagian besar mahasiswa. Hal ini karena skripsi tidak pernah lepas dengan prosedurnya yang cukup rumit dan berbelit. Belum lagi faktor dosen penguji yang semau jidat dan susah di taklukan, lebih susah dari pada mengalahkan Zeus di game God of War. Akan tetapi semua level sulit dari mengerjakan skripsi memang harus dilalui agar ibumu bangga. Nah berikut adalah tips agar skripsimu dipermudah dosen:

1. Perkuat doa

Yang pertama mengenai tips agar skripsimu dipermudah dosen adalah perkuat doa, sebagai mantan mahasiswa saya tahu betul kelakuan mahasiswa yang bukan mahasiswa rohis. Ya sudah barang pasti kalian pasti jauh dari agama kan?, bagaimana tidak ketika kalian berada di rumah masih ada orang tua yang mengingatkan kalian untuk menjalankan segala kegiatan beragama, sementara semasa kuliah kalian akan bertempat tinggal cukup jauh dari orang tua. Kalian tinggal di indekos yang cukup bebas aturan dan norma, walhasil kalian menjadi pribadi yang jauh dari agama, sholat jarang, berdoa seperlunya. Agar kamu tidak menjadi pribadi yang sombong, selalu sertakan tuhan di setiap langkah perbuatanmu, tak terkecuali dalam proses pengerjaan skripsi, tidak perlu doa yang sulit-sulit dan menggunakan bahasa Arab, kalian hanya perlu berdoa yang baik baik minta agar diperlancar segala urusan sudah cukup.

2. Banyak membaca

Tips kedua agar skripsimu dimudahkan dosen adalah banyak membaca, kamu pasti akan kesulitan untuk mengerjakan skripsi apabila pengetahuanmu terbatas, perluas pengetahuan dengan cara perbanyak membaca, kalian bisa mulai membaca skripsi-skripsi dari kakak tingkat yang sudah lulus terlebih dahulu, biasanya skripsi terdahulu disimpang di perpustakaan kampus dan bebas diakses oleh tiap mahasiswa. Kalian juga dapat memperbanyak bacaan dari artikel, jurnal ilmiah, e book dengan tema yang tentunya sudah kalian sesuaikan dengan tema skripsi yang akan kalian susun.

3. Kenali karakter dosen

Jika kalian sadari pada dasarnya mengerjakan skripsi bukan hanya kegiatan menyusun karya tulis ilmiah, kita tidak hanya diajarkan untuk membuat menyusun dan menulis penelitian dalam bentuk ilmiah, lebih lanjut skripsi mengajarkan pada kita bagai mana cara kita menghadapi orang lain, benar skripsi merupakan miniatur dari proyek-proyek yang akan kalian hadapi di kehidupan nyata. Maka dari itu penting kiranya untuk mengenali karakter dosen pembimbingmu, apakah dosenmu adalah orang yang sistematis ataukah dosenmu adalah orang yang supel, ketika kamu sudah mengenal karakter dosenmu kamu akan lebih mudah untuk menyikapinya. Mengingat masih banyak mahaiswa yang tidak kenal baik dengan dosennya.

4. Ikuti perkembangan teman yang sudah lulus terlebih dahulu

Tips ke empat memang tips yang terdengar konyol, aka tetapi tips satu ini cukup penting agar kalian tetap semangat mengerjakan skripsi. Ketika kalian mengikuti perkembangan teman yang sudah lulus terlebih dulu hal tersebut akan menjadi motivasi yang membuatmu geram. Dan ingin cepat-cepat menyelesaikan skripsi. Karena motivasi terbesar manusia adalah amarah, ketika kamu dinilai tidak mampu alam bawah sadarmu pasti akan mengupayakan untuk menjawab hal itu semua bahwasanya kamu mampu.

5. Konsisten

Apabila seluruh tips diatas sudah kalian persiapkan, tips terakhir adalah konsisten, mengerjakan skripsi tidak akan selesai dalam satu malam. Salah satu kebiasaan buruk mahasiswa adalah SKS (sistem kebut semalam) hal ini tidak akan bisa diterapkan dalam pengerjaan skripsi, karena percuma skripsi kalian selesai akan tetapi dosen kalian tidak mau ACC pekerjaan kalian. Maka dari itu konsisten adalah hal terbaik dalam mengerjakan skripsi, satu hari satu halaman lebih baik dari pada 1 bulan tanpa perkembangan. Hal yang perlu dikonsistenkan dalam mengerjakan skripsi selanjutnya adalah konsisten bimbingan. Kalian bisa menjadwalkan bimbingan dengan dosen pembimbing kalian tiap minggunya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image