Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khairil Fajrin

Mahasiswa Harusnya Menerapkan Hal Ini untuk Menjadi Seorang Pemimpin

Edukasi | Friday, 22 Jul 2022, 17:41 WIB
Sumber: Unsplash

Mahasiswa Harusnya Menerapkan Hal Ini untuk Menjadi Seorang Pemimpin

Peralihan kehidupan dari seorang “Siswa” menjadi “Mahasiswa” harusnya akan menuntut seseorang menjadi lebih aktif dan tersadar bahwa bermodalkan ilmu pengetahuan saja belum cukup untuk menjadi seorang pemimpin. Seorang pemimpin haruslah mengasah hard skill dan soft skill-nya. Bagaimana cara kita melatih agar hard skill dan soft skill kita dapat bermanfaat bagi orang-orang sekitar, khususnya diri sendiri?

Berikut ini adalah tips atau hal-hal yang harusnya diterapkan oleh mahasiswa sebagai persiapan untuk belajar menjadi seorang pemimpin serta mengasah kemampuan hard skill dan soft skill-nya. Mari disimak sampai habis ya!

Tips yang Harusnya Bisa Melatih Mahasiswa untuk Menjadi Seorang Pemimpin

1. Aktif Berorganisasi

Mengikuti organisasi menjadikan seorang mahasiswa menjadi mahasiswa yang unggul. Dalam organisasi terdapat dua aspek permasalahan, yaitu: aspek internal dan aspek eksternal. Kedua aspek permasalahan tersebut meliput perencanaan kegiatan organisasi hingga permasalahan yang menyangkut pihak luar (eksternal). Hal inilah yang mengasah kemampuan dan keterampilan Anda, baik hard skill ataupun soft skill.

2. Aktif dalam Kegiatan Akademik

Tips yang kedua sejatinya adalah sebagai penyeimbang dari tips yang pertama. Baik Anda yang punya kemampuan akademik diatas rata-rata maupun yang biasa-biasa saja, tetap harus aktif dalam segala bentuk kegiatan akademik. Jangan khawatir tidak bisa mendapatkan peluang ini, karena pastinya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk aktif dalam kegiatan akademik yang mana juga akan mendukung proses pengembangan diri Anda. Mulailah dengan mengikuti kompetisi akademik, baik di dalam maupun di luar kampus; menjadi asisten laboratorium pada mata kuliah praktikum; atau bahkan menjadi asisten dosen untuk mata kuliah yang kalian kuasai dan mengerjakan proyek bersama dosen.

3. Mengikuti Kegiatan UKM

Poin yang ketiga ini sedikit berbeda dengan poin yang pertama. UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa berfungsi untuk mengembangkan minat dan bakat Anda dalam hal yang nantinya bakal Anda hadapi setelah lulus kuliah (beberapa malah bisa dimulai sejak masih menjalani masa perkuliahan). Ada banyak macam jenis Unit Kegiatan Mahasiswa yang bisa Anda ikuti, mulai dari olahraga sampai dengan minat seperti musik, teater, pecinta alam dan masih banyak lagi. Nah di dalam UKM ini Anda juga akan mendapatkan pengalaman berorganisasi. Aktif berorganisasi belum tentu aktif dalam UKM, aktif mengikuti UKM sudah tentu akan aktif berorganisasi. Itulah yang membedakan poin ketiga ini dengan poin pertama.

4. Bergabung dalam Kepanitiaan

Di setiap kampus biasanya akan ada banyak kegiatan, baik itu kegiatan intern progam studi/fakultas maupun kegiatan global kampus atau universitas. Lagi-lagi kegiatan ini akan mengasah kemampuan Anda dalam berorganisasi. Selain itu juga, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang sama dengan menjadi atau bergabung dalam kepanitiaan kegiatan non-kampus, seperti panitia karang taruna, remaja masjid atau remaja gereja serta panitia acara perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia di lingkungan tempat tinggal Anda.

5. Mengikuti Seminar

Untuk Anda yang ingin menambah wawasan lebih luas lagi, banyak sekali seminar yang dapat Anda ikuti. Terlebih lagi saat sekarang ini banyak seminar-seminar yang bisa diikuti secara online. Terlepas dari isi dalam seminar-seminar yang Anda ikuti, besar peluang Anda untuk mendapat relasi baru. Selain itu, sertifikat yang Anda dapatkan dalam seminar-seminar tersebut juga bisa berguna untuk dokumen pendukung dalam melamar pekerjaan.

6. Mengikuti Pelatihan

Selanjutnya, selain seminar Anda juga bisa mengikuti pelatihan baik yang ada di kampus ataupun yang diluar kampus. Pelatihan biasanya ada yang bersifat akademik, seperti pelatihan materi kuliah khusus, pelatihan bahasa Inggris, dll; pelatihan hobi, seperti fotografi, desain grafis, dll. Dengan mengikuti pelatihan maka Anda akan lebih memahami dan menguasai tentang sesuatu yang Anda pelajari. Bonus lainnya, Anda bisa juga mendapatkan setifikat.

7. Mengikuti Program Pertukaran Pelajar

Pertukaran pelajar atau Student Exchange merupakan program yang memiliki pengaruh besar dalam masa perkuliahan. Pada umumnya, ada biro-biro khusus yang ada di setiap kampus yang memberi informasi tentang program pertukaran pelajar kampus di luar negeri. Nilai lebih yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti program ini adalah: Anda lebih berpeluang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri.

8. Ikut dan Aktif dalam Program Magang

Yang terakhir adalah mengikuti program magang. Biasanya program ini memang ada di tiap program studi ataupun jurusan, yaitu praktek kerja lapangan. Selain mengikuti program magang wajib dari kampus, kalian bisa ikut magang di tempat yang kalian inginkan pada saat liburan semester atau bahkan magang secara paruh waktu saat perkuliahan berjalan.

Nah itulah tadi beberapa hal yang harus diterapkan oleh seorang mahasiswa untuk melatih sifat dan sikap kepemimpinan di dalam dirinya. Mungkin ada beberapa hal lain yang bisa Anda terapkan, tapi 8 tips di atas adalah syarat wajib yang bisa Anda terapkan beberapa atau malah lebih baik jika Anda terapkan semuanya. Semoga bermanfaat dan tetap semangat. Hidup mahasiswa!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image