Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tulis Aja

Ingin Kuliah di Luar Negeri? Kenali 4 Negara dengan Biaya Kuliah Murah ini!

Sekolah | Monday, 18 Jul 2022, 12:16 WIB
Islustrasi kuliah di luar negeri (Sumber: Pexels)

Ingin Kuliah di Luar Negeri? Kenali 4 Negara dengan Biaya Kuliah Murah ini!

Apakah Anda seorang yang sudah mahir menggunakan bahasa Inggris? Lalu apa langkah Anda selanjutnya? Seseorang yang sudah pernah kursus bahasa Inggris TOEFL atau IELTS, dan sudah mendapatkan sertifikat dengan skor yang tinggi biasanya bertujuan untuk berkuliah di luar negeri.

TOEFL atau IELTS adalah sistem tes untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang. Kedua sistem tes resmi yang dikeluarkan oleh lembaga atau organisasi pengujian dan penilaian pendidikan nirlaba swasta terbesar di dunia ini diakui oleh negara-negara di seluruh dunia. Nama lembaga atau organisasi tersebut adalah Educational Testing Service (ETS) yang berkantor pusat di Lawrence Township, New Jersey, Amerika Serikat.

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk berkuliah di luar negeri sudahkah Anda mengetahui negara-negara dengan biaya kuliah yang murah sedunia? Nah jika Anda ingin kuliah di luar negeri, Anda wajib mengetahui 4 negara dengan biaya kuliah murah berikut ini!

4 Negara dengan Biaya Kuliah Murah

Norwegia (Sumber: Pexels)

1. Norwegia

Daftar pertama negara dengan biaya kuliah murah datang dari salah satu negara yang dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia, Norwegia. Segala biaya pendidikan di Norwegia dalam tingkat apapun dan bagi siapapun ditanggung oleh pemerintah. Anda hanya perlu membayar uang administrasi sebesar NOK 600 atau Rp 1 juta per semester.

Beberapa pilihan universitas di Norwegia:

- University of Oslo (kunjungi situs resminya di - University of Oslo)
- University of Agder (kunjungi situs resminya di - University of Agder)
- University of Nordland (kunjungi situs resminya di - Nord University)

Jerman (Sumber: Pixabay)

2. Jerman

Negara dengan biaya kuliah murah yang kedua adalah Jerman. Pemerintah Jerman juga memberikan subsidi yang cukup besar untuk biaya pendidikan. Hal ini berlaku untuk mahasiswa lokal maupun internasional. Untuk biaya kuliah biasanya sekitar Rp 7-8,5 juta per tahun! Anda juga tidak perlu khawatir perihal bahasa karena mayoritas universitas di Jerman memberikan program kuliah berbahasa Inggris.

Beberapa pilihan universitas di Jerman:

- University of Munich (kunjungi situs resminya di - Ludwig Maximillian University of Munich)
- University of Bonn
(kunjungi situs resminya di - University of Bonn)
- Heidelberg University
(kunjungi situs resminya di - http://uni-heidelberg.de/)

Taiwan (Sumber: Pixabay)

3. Taiwan

Negara dengan biaya kuliah murah yang selanjutanya adalah Taiwan. Salah satu perwakilan negara Asia ini juga termasuk ke dalam daftar negara dengan biaya kuliah termurah. Pemerintah Taiwan sedang fokus mempromosikan program pendidikan terjangkau bagi mahasiswa internasional, sehingga biaya kuliah untuk program sarjana dan magister hanya berkisar di angka Rp 25-30 juta.

Beberapa pilihan universitas di Taiwan:

- National Tsing Hua University (kunjungi situs resminya di - National Tsing Hua University)
- National Taiwan University
(kunjungi situs resminya di - National Taiwan University)

Malaysia (Sumber: Pexels)

4. Malaysia

Negara dengan biaya kuliah murah yang terakhir adalah negara tetangga Indonesia, yaitu Malaysia. Masih berkutat di kawasan Asia, ternyata negara Malaysia ini juga termasuk ke daftar negara dengan biaya kuliah termurah. Kisaran biaya kuliah di Malaysia berada di antara Rp20-40 juta per tahun. Ditambah lagi, Malaysia juga terkenal sebagai negara dengan biaya hidup yang relatif murah. Sehingga pengeluaran biaya selama kuliah pun masih terbilang ringan.

Beberapa pilihan universitas di Malaysia:

- Universitas Malaya (kunjungi situs resminya di - Universitas Malaya)
- Universitas Tekonologi Malaysia
(kunjungi situs resminya di - Universiti Teknologi Malaysia)
- Universitas Putra Malaysia
(kunjungi situs resminya di - Universiti Putra Malaysia)

Itulah tadi 4 negara dengan biaya kuliah termurah sedunia. Buat Anda yang sudah siap dengan bekal yang cukup, langsung saja kunjungi situs resmi dari masing-masing universitas dari keempat negara tersebut. Semoga berhasil!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image