Kasus Covid-19 Global Kembali Meledak

Image
Dhevy Hakim
Info Terkini | Tuesday, 16 Nov 2021, 21:22 WIB

Kasus Covid-19 Global Kembali Meledak

Oleh: Dhevy Hakim

Pandemi covid-19 melanda dunia hampir dua tahun lamanya. Mirisnya, alih-alih berhenti malahan kasus covid global mengalami ledakan. Dalam waktu seminggu terakhir, kasus covid-19 kembali menerpa dunia. Di China ditemukan hampir 200 kasus covid-19 dan sejumlah Negara Eropa juga mengalami lonjakan kasus covid-19. Lock down pun dilakukan di tiga kota besar, yakni Kota Eijin di Provinsi Mongolia Dalam dan Lanzhou di Provinsi Gansu, China mengunci kota Heihe di Provinsi Heilongjiang. (31/10)

WHO mengakui bahwa pandemi masih jauh dari selesai. Banyaknya negara yang mengalami ledakan kasus menunjukkan solusi peneyelesaian pandemi dengan perspektif kapitalistik menuai kegagalannya.

Ya, saat ini sejatinya dunia sedang dalam cengkeraman sistem kapitalisme. Sebuah sistem yang rodanya dijalankan berdasarkan aturan sekuler. Cara pandang kebahagiaan diukur berdasarkan materi. Oleh karenanya sistem ini wajar melahirkan watak ketamakan dan kerakusan pada manusia hingga mengalahkan rasa kemanusiaannya.

Adanya pandemi maupun bencana alam tak membuat para antek kapitalis bergeming dalam hal mengutamakan nyawa manusia. Solusi dalam menangani pandemi covid-19 sejak awal selalu terlambat, sehingga virus sars cov-2 terlanjur menyebar kemana-mana.

Publik tentu masih ingat, saat kebijakan lock down banyak ditolak dan lebih memilih kompromi dengan pemulihan ekonomi. Kebijakan PSBB yang dipilih pun belum menampakkan hasilnya sudah disusul kebijakan new normal life. Kebijakan penuh kompromi juga bisa dilihat pada kebijakan-kebijakan selanjutnya.

Dari sisi ini, menjadi pelajaran berharga untuk kita semua bahwa pandemi ini tidak bisa diselesaikan dengan cara kompromi. Yakni kompromi antara kepentingan ekonomi dengan kepentingan mengatasi wabah.

Satu-satunya jalan adalah dengan melepaskan diri dari cengkeraman kapitalisme dengan bernaung di bawah Panji Islam. Sistem Islam yang pernah diterapkan selama 13 abad lamanya memiliki konsep khas ala Rasulullah SAW dalam mengatasi wabah.

Pertama, mengunci episentrum wabah. Hal ini sesuai dengan sabda nabi Saw, “Barangsiapa berada di wilayah wabah maka janganlah keluar dari wilayah itu. Dan sebaliknya jika engkau mendengar ada wabah di suatu daerah, maka janganlah engkau memasuki wilayah itu.”

Kedua, memisahkan yang sakit dengan yang sehat secara massif (3T istilah sekarang). Hal ini sesuai dengan hadis riwayat Ibnu Majah, seperti diceritakan Abu Hurairah, Rasulullah SAW mengatakan, "Seseorang yang memiliki unta sakit jangan sampai membiarkan unta tersebut makan dan minum bersama unta yang sehat."

Ketiga, menerapkan kaidah dharar. Ada kaidah ushul yang mengatakan “la dharara wala dhirara” yakni tidak boleh melakukan perbuatan yang membahayakan diri sendiri maupun membbuat orang lain terkena bahaya. Upaya 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas) adalah sebagai langkah bagi seorang muslim untuk menjalankan kaidah ushul mengenai dharar (bahaya).

Keempat, negara terlibat langsung memenuhi kebutuhan rakyat. Disinilah perbedaan yang mendasar dengan sistem kapitalisme. Pemimpin dalam Islam adalah ro’in. Beliau yang bertanggung jawab penuh atas semua masalah umat, sehingga tidak ada hitung-hitungan terhadap rakyatnya. Kesehatan dalam Islam sebagai kebutuhan pokok publik yang harus disediakan gratis oleh negara. Dari sisi masalah nyawa, maka posisi negara menjamin sepenuhnya, sebagaimana dalam Al Qur’an dikatakan hilangnya satu nyawa lebih baik dari dunia dan seisinya.

Oleh karenanya sudah saatnya dunia melirik pada sistem Islam. Hanya denga Islam lah pandemi covid-19 mendapatkan solusi tuntas bukan tambal sulam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Usut Penista Agama, Perlu Ketegasan Hukum

Surat Pembaca

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Savefrom YT: Convert YouTube MP4 Jadi MP3 ke Galeri HP

Image

VidMate: Aplikasi Convert YouTube To MP3 dan MP4 Paling Kekinian

Image

YTMP3 : Download Lagu dan Musik YouTube Jadi Audio MP3 Gratis!

Image

Download Aplikasi YouTube Vanced Terbaru 2022 Tanpa Iklan

Image

Savefrom.Net Unduh Gratis Video Mp4 Youtube Tanpa Aplikasi Dan Pasti Cepat Disini

Image

Download Lagu aespa - Girls MP3 Gratis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image