Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Add aja

Self Improvement Sederhana di Usia Muda

Gaya Hidup | Tuesday, 12 Jul 2022, 16:23 WIB
Sumber: pexels.com

Dewasa ini kita sering mendengar istilah self improvement, Istilah ini sering kita lihat di postingan-postingan media sosial dan teman kita. selain itu juga bertebaran buku-buku mengenai self improvement dalam banyak aspek. Muali dari finansial, kesehatan, psikoloi, bahkan skill. Buku-buku self improvement ini mulai banyak digandrungi oleh anak-anak muda, tentunya ini merupakan hal yang positif bagi lingkungan anak muda. Anak muda mulai mempersiapkan dirinya menghadapi dunia dan tantangan kedepan. Saya teringat dengan teman saya yang mempersiapkan diri untuk mengambil beasiswa kuliah di luar negeri, dia mempersiapkan segala aspek termasuk belajar di kursus IELTS terbaik untuk persiapan tes kemampuan bahasa Inggris. Dia rela merogoh saku lebih dalam untuk mengikuti program persiapan di kursus IELST terbaik di Jakarta, dan kota-kota lain. Semangat inilah yang seharusnya ada pada diri anak-anak muda Indonesia.

Mengenai self improvement, kita bisa memulai dari hal-hal yang terkecil yang biasa kita lakukan sehari-hari. Seperti teori butterfly effect yang berbunyi “kepakan kupu-kupu di hutan Brazil dapat menjadi sebuah tornado besar di Mexico beberapa bulan kemudian”, kalimat ini memiliki makna bahwa hal-hal kecil yang kita lakukan akan berdampak besar di kemudian hari. Maka sebuah perubahan ke arah yang positif bisa kita lakukan dengan merubah hal-hal yan kecil, akan tetapi berdasarkan teori di atas, hal-hal kecil negatif juga bisa berdampak besar di kemudian hari. Maka kita perlu benar-benar sadar akan apa yang kita lakukan.

Kali ini saya akan membagikan beberapa hal kecil yang sering saya baca di buku-buku self improvement agar kita bisa mengembangkan diri kita dengan hal-hal yang sederhana.

Bangun lebih pagi

Kamu bisa memulai harimu dengan bangun lebih pagi. Banyak penelitian yang membuktikan manfaat bangun pagi untuk kesehatan baik jasmani maupun mental. Bangun lebih pagi akan mebuatmu lebih bersemangat, kamu akan lebih banyak menghirup udara segar di pagi hari. Selain itu, kamu juga akan lebih memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan harimu.

Bangun di waktu pagi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk berolahraga. Kamu tak perlu menghabiskan waktu banyak untuk berolahraga, cukup dengan 10 sampai 60 menit, kamu akan merasakan manfaat yang luar biasa apabila kamu rutin melakukannya. Selain itu bangun pagi akan memberikan kamu banyak waktu untuk membersihkan rumah atau kamarmu, sehingga suasana hatimu akan menjadi lebih baik.

Sisihkan 30 menit untuk membaca buku

Beberapa perilaku kita terpengaruhi oleh pikiran, tepatnya cara kita berfikir, dan cara berfikir kita dipengaruhi oleh informasi yang masuk ke dalam kepala kita. penting untuk memilah informasi-informasi yang kita konsumsi. Salah satu sumber informasi positif adalah buku. Kebiasaan membaca ini kian hilang dalam kehidupan setiap orang, kita lebih sering scroll media sosial, menonton youtube atau film, dan mengomentari postingan oran lain. Padahal kita bisa mendapat banyak penetahuan dari buku-buku yang kita baca, yang pastinya akan mempengaruhi perilaku kita. membaca buku memang terkesan membosankan, akan tetapi dengan menyisihkan sedikit waktu saja untuk membaca sebuah buku, kita mulai membangun kebiasaan membaca yang nantinya akan menjadi kebiasaan kita sehari-hari. Orang-orang yang berpengaruh di dunia pastinya mereka memiliki kegemaran membaca dan kita bisa meniru hal tersebut dan menjadi seperti mereka.

Istirahatkan ponselmu di luar jam kerja dan jam istirahat

Jika kamu memiliki waktu 8 jam untuk beristirahat dan 8 jam untuk bekerja, maka kamu memiliki 8 jam waktu luang. Dari 8 jam waktu luang tersebut, berapa waktu rata-rata yang kamu habiskan di depan layar hp mu? Jika rata-rata waktumu di depan layar hp adalah 4 jam, maka kamu sudah mengahbiskan setengah dari waktu luangmu hanya dengan bermain media sosial.

Dengan mengistirahatkan ponsel mu beberapa waktu, kamu akan mengurangi adiksi media sosial, hal ini bisa dijadikan detox agar mentalmu menjadi lebih sehat. Awalnya kamu mungkin akan merasa bingung karena tidak melakukan apa-apa. Dengan begitu kamu akan mencari kegiatan lain dan kamu pun tahu bahwa kebahagiaan dan keseruan bisa kamu dapatkan di dunia yang sesungguhnya, tidak sebatas di dunia maya.

Buat to do list

Kamu bisa membuat hidupmu lebih teratur dengan membuat to do list. To do list berguna untuk kamu merencanakan kegiatan sehari-hari. Kita sering berencana namun melakukan sesuatu, namun kita juga sering lupa melakukan rencana tersebut. Maka kamu perlu membuat to do list sebagai penginat. Selain itu to do list juga bisa memantau progres kegiatanmu. Selain itu, hal ini akan mebuat hidupmu lebih teratur dan disiplin sehingga kamu bisa menentukan dan mencapai goal mu dengan tepat

Itulah hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan kemampuan yang kamu miliki, tentunya hal ini harus kamu lakukan dan ulangi setiap hari, agar menjadi kebiasaan dan berdampak besar di masa depan. Kamu juga bisa menambah informasi mengenai self improvement dari media lain seperti buku-buku dan media-media lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image