Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Ide Bisnis Industri 4.0 yang Bisa Dicoba Mahasiswa

Eduaksi | Saturday, 06 Nov 2021, 14:53 WIB

Masih menjadi mahasiswa bukanlah halangan untuk memulai bisnis sendiri. Selain menambah uang saku menjalankan bisnis juga bisa menambah pengalaman dan keterampilan bisnis. Dengan mencoba bisnis saat masih kuliah artinya kamu sudah berani melangkah maju menuju kemandirian.

Jika kita melihat lebih dalam, banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dengan modal kecil namun tetap menguntungkan. Bahkan bisnis yang mau dijalankan tidak harus kamu sendiri yang menjalankan, kamu bisa mengajak kawan-kawan mahasiswa lainnya yang tertarik dengan bisnis, berikut ide bisnis yang mungkin cocok dengan kamu.

Online Shop

Hanya dengan bermodalkan gadget, internet, dan barang yang akan dijual, Kamu bisa langsung berjualan. Apabila tidak memiliki modal kamu bisa melakukan kerja sama dengan penjual barang agar dapat menjualkan barang dagangannya kepada orang lain (dropship). Sebagai permulaan kamu masih bisa menjalankan online shop dan punya waktu banyak untuk melakukan kegiatan lainnya.

Fotografer atau Videografer

Punya hobi fotografi? Asah dan tingkatkan skill fotografimu agar hobi kamu bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan. Gabung ke komunitas fotografi dan ajak kerjasama dengan Event Organizer yang biasa menggelar acara pada weekend. Atau mulai dengan langkah kecil, menawarkan jasa ke kawan dan saudara sambil membangun portofolio untuk meningkatkan profesionalitas.

Membuka Jasa Les atau Privat

Sebagai mahasiswa, kamu punya kesempatan untuk mengajar anak SD, SMP sampai SMA melalui bimbingan belajar. Atau bisa juga mengajar pada mahasiswa yang masih membutuhkan bantuan dalam memahami materi perkuliahan. Dan membuka jasa ini tidak terbatas dengan kemampuan akademik saja, kamu juga bisa menjalankan dengan kemampuan non-akademik seperti dalam bidang musik dan olahraga.

Jasa Editing dan Desain

Mulai dari kebutuhan personal sampai tingkat bisnis, pasti membutuhkan yang namanya poster atau foto yang bisa digunakan untuk kepentingan tertentu. Jadi masih banyak kesempatan yang bisa kamu ambil. Namun jangan langsung berharap tinggi, mulailah dengan menawarkan jasa ini ke orang-orang terdekat dahulu sambil mengasah kemampuan editing kamu.

Nah itu dia 4 ide bisnis yang mungkin cocok untuk kamu sebagai mahasiswa. Bagi yang mau mulai berbisnis atau bahkan sudah mulai usaha boleh komentar dibawah ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image