Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Selsya Billa

FAKTOR YANG MENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBANGUNAN DI NEGARA INDONESIA

Politik | Saturday, 02 Jul 2022, 18:46 WIB

Keberhasilan

Pembangunan didefinisikan sebagai proses berkelanjutan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan pendapatan per kapita penduduk suatu negara dalam jangka panjang yang berdampak pada berbagai aspek baik ekonomi, sosial, maupun Iptek. Untuk menciptakan pembangunan ekonomi yang berkesinambungan akan sangat bergantung terhadap faktor-faktor pendukung seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi, modal, infrastruktur, keadaan politik dan sosial budaya.

Untuk mengukur keberhasilan perencanaan pembangunan di Indonesia terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bersumber dari alam dan dapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam sangat berperan penting untuk suatu negara sebagai permulaan untuk produk yang dapat dihasilkan akibat letak geografis Indonesia, sumber daya alam yang diperoleh dapat melimpah, sebagai faktanya bahwa Indonesia merupakan negara pemilik terbesar kebutuhan minyak sawit dunia hingga penyedia tembakau kualitas terbaik dan penyedia batu bara terbesar di dunia.

2. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah individu atau kelompok yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi baik institusi maupun perusahaan dan berfungsi sebagai asset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya. Sumber daya manusia merupakan faktor kunci pembangunan ekonomi. Sebagai contoh, membandingkan Indonesia dan Jepang, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia akan tetapi kondisi perekonomian Jepang lebih maju dibandingkan dengan Indonesia. Hal ini karena Jepang mampu memaksimalkan sumber daya manusia yang mereka miliki sehingga bisa berkembang lebih cepat dibandingkan Indonesia.

3. Teknologi

Negara-negara maju seperti Amerika dan Jepang dapat mengalami pembangunan ekonomi yang cepat karena ditunjang dengan teknologi yang lebih maju. Teknologi yang terkini membuat semua pekerjaan dapat dilakukan lebih cepat dan juga efisien, karena produk yang dihasilkan lebih cepat sehingga membuat produk yang dihasilkan semakin banyak. Semakin banyak hasil yang diproduksi maka akan semakin banyak pula pendapatan bagi negara, sehingga pembangunan ekonomi pun dapat berkembang dengan adanya kemajuan teknologi.

4. Modal

Modal adalah investasi yang dilakukan oleh pemilik perusahaan atau pemilik usaha, baik secara individu maupun kolektif. Modal memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan bagaimana pembangunan ekonomi akan berlangsung dan setiap negara memiliki jenis permodalan yang berbeda. Pada negara berkembang biasanya mengandalkan modal yang berasal dari investasi masyarakat yang cenderung lebih rendah, sehingga mempengaruhi tingkat produktivitas. Hal tersebut akan mengakibatkan pendapatan bagi para pekerja yang sangat rendah, sehingga masyarakat menjadi enggan untuk menabung dan membuat investasi pun kembali menjadi rendah. Siklus ini akan berputar hingga disebut lingkaran setan kemiskinan. Perlu adanya keberanian dari pemerintah untuk mencoba menaikan investasi sehingga keluar dari lingkaran setan kemiskinan, dengan cara melakukan pinjaman modal ke negara lain sehingga investasi dapat meningkat

5. Infrastruktur

Infrastruktur yang merata membuat proses perkonomian menjadi lebih mudah. Infrastruktur yang lengkap membuat proses perekonomian menjadi lebih lancar dan efisien. Infrastruktur yang memadai membuat proses pembangunan ekonomi dapat terlaksana dengan baik.

6. Keadaan Politik

Keadaan politik akan berpengaruh terhadap jalannya modal, karena ketika negara memiliki keadaan politik yang stabil membuat pemerintah akan menerima lebih banyak tambahan modal dari para investor yang hendak menginvestasikan modalnya di negara tersebut. Namun, ketika keadaan politik sedang kacau maka membuat investor menjadi enggan untuk menanamkan modalnya di negara tersebut, sehingga bisa disimpulkan keadaan politik mempengaruhi keberlangsungan pembangunan ekonomi suatu bangsa secara langsung.

7. Sosial Budaya

Kondisi masyarakat suatu negara sangat menentukan tingkat keberhasilan pembangunan yang ada di negara tersebut. Masyarakat yang memiliki tingkat keamanan dan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakatnya akan menciptakan sebuat stabilitas, sehingga investor memiliki kepercayaan untuk menanamkan modalnya di negara tersebut. Berbeda ketika terjadi konflik yang justru akan membuat para investor menjadi takut untuk menanamkan modalnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image