Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Karunia Textile

Jenis Knitting atau Rajut Pada Bahan Kaos

Bisnis | Saturday, 02 Jul 2022, 10:21 WIB

Pada pakaian jenis kaos, biasanya terbuat dari bahan kain knitting atau rajut. Knitting merupakan proses perajutan benang hingga membentuk jeratan ke arah panjang atau lebar kain. Kain knitting biasanya memiliki setting tubular finish atau menyarung. Karakteristik dari kain knitting adalah memiliki kemampuan melebar atau meregang hingga 35% sehingga nyaman kamu pakai setiap hari.

Berikut adalah jenis-jenis knitting atau rajutan pada bahan kaos

1. Bahan Kaos Single Knitt

Ciri utama dari bahan kaos hasil knitting jenis ini adalah memiliki dua sisi yang berbeda, nah karena dua sisi yang berbeda inilah maka kainnya hanya dapat terpakai pada satu sisi saja, atau istilahnya hanya face nya saja yang bisa kamu pakai untuk bagian depan pakaian. Selain itu, jenis single knit memiliki kemampuan elastisitas yang cukup baik.

2. Bahan Kaos Double Knitt

Kebalikan dari single knit, pada kain double knit ini kedua sisi memiliki permukaan yang sama sehingga bisa kamu pakai kedua sisinya untuk bagian depan kaos yang kamu produksi. Kain double knitt umumnya memiliki struktur yang lebih kokoh dari kain single knitt. Biasanya bahan pakaian olahraga menggunakan jenis kain double knitt ini.

3. Bahan Kaos Stripe Knitt

Sesuai dengan namanya, jenis rajutan atau knitting ini memiliki motif stripe atau garis. Umumnya pada jenis knitt ini menggunakan benang yang sudah dicelup sebelumnya sehingga setelah menjadi kain tidak lagi diperlukan proses pencelupan seperti pada bahan kaos polos.

4. Drop Needle Knitt

Mirip seperti double knitt, pada jenis ini kain bahan kaos dapat kamu gunakan untuk kedua sisinya karena memiliki permukaan yang sama. Namun perbedaanya terdapat pada tekstur kain yang memiliki garis-garis yang timbul. Biasanya jenis ini dipakai untuk produksi baju atasan wanita, kaos dalam, dan lainnya.

5. Rib Knitt

Jenis ini juga memiliki kemiripan dengan double knitt, bisa kamu pakai kedua sisinya untuk bagian depan. Namun memiliki ketebalan yang jauh lebih tinggi dibanding double knitt. Rib berguna sebagai aksesoris dalam pembuatan kaos untuk bagian leher dan lengan.

6. Pique Knitt

Jenis rajutan ini lebih populer dengan sebutan lacsote. Memiliki pola yang unik dan beda dari tipe rajutan lainnnya. Serupa dengan jenis single knit, untuk tipe ini hanya bisa kamu gunakan pada salah satu sisinya saja untuk bagian depan pakaian. Umumnya digunakan untuk pembuatan kaos polo atau wangki.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image