Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aris Saefudin

Tips Menghilangkan Sablon Pada Kaos

Bisnis | Tuesday, 08 Nov 2022, 11:28 WIB

Mengenakan pakaian dengan model yang kamu sukai akan membuat kamu lebih percaya diri. Berbagai model pakaian dapat membuat kamu tampil keren. Pakaian dengan bahan kaos adalah salah satu jenis baju yang populer untuk banyak orang karena modelnya simpel dan bahan material kainnya yang nyaman.

Kebanyakan kaos memiliki desain gambar sebagai modelnya. Desain gambar biasanya merupakan hasil sablon. Sablon sendiri merupakan sebuah teknik mencetak dengan berbagai media, seperti kain, plastik, kertas, atau kayu dengan menggunakan alat pencetak bernama screen sablon. Dan sangat populer untuk diaplikasikan pada bahan kaos.

4 Jenis Teknik Sablon Pada Bahan Kaos1. Sablon Press

Ada beberapa jenis sablon, yaitu sablon press dan sablon digital. Sablon press adalah teknik sablon pada bahan kaos dengan cara memberi tekanan pada tinta di atas screen sablon. Proses ini bertujuan menekan tinta agar dapat tembus ke serat kain. Teknik Press terbagi menjadi dua lagi, sablon manual dan sablon otomatis.

2. Sablon Manual

Teknik sablon manual adalah teknik yang sudah ada sejak lama, teknik ini menggunakan tangan dalam pengerjaannya. Namun teknik penyablonan manual memiliki keunggulan yaitu tintanya yang lebih terserap ke serat bahan kaos, sehingga gambar yang kita hasilkan lebih kuat dan tahan lama. Selain itu teknik penyablonan ini lebih terjangkau.

3. Sablon Otomatis

Teknik sablon otomatis adalah teknik penyablonan yang hampir sama dengan penyablonan manual, akan tetapi tenaga manusia tergantikan dengan mesin. Dengan teknik ini, kamu dapat mengatur tekanan pada sablon dan volume tinta yang digunakan.

4. Sablon digital

Sablon digital adalah sablon yang tidak menggunakan screen dalam pengerjaannya. Screen pada teknik ini tergantikan oleh mesin printer dan mesin cutter. Operator pada pengerjaan sablon teknik digital menjalankan teknik penyablonan dari balik komputer, sehingga teknik terkesan lebih modern.

Terdapat tiga jenis sablon digital, yaitu sablon polyfex, Sabun Dye-Sublimation, dan Sablon Direct-To-Garment. Sablon polyfex menggunakan stiker yang ditempelkan pada kain. Sablon ini menggunakan bahan jenis vinyl. Proses ini hampir mirip proses cutting pada stiker di motor atau mobil.

5. Sablon Sublim

Sablon Dye-Sublimation adalah sablon dengan menggunakan media transfer paper. Teknik penyablonan ini menggunakan printer khusus untuk mencetak hasil sablonan. Setelah tercetak, gambar akan masuk proses sablon dengan teknik pemanasan sehingga tinta dapat terserap bahan kaos.

6. Sablon DTG

Sablon Direct-to-garment atau yang sering kita singkat DTG adalah teknik sablon digital ini menggunakan printer inkjet. Hal ini memungkinkan kita mencetak langsung pada kain. Teknik ini memiliki keunggulan yaitu gambar yang terperinci dan jelas.

Menyablon gambar pada bahan kaos dengan berbagai teknik dapat membuat kamu menjadi fashionable. Akan tetapi terdapat beberapa kendala, terkadang gambar yang terdapat di media sablon tidak sesuai dengan yang kamu mau.

Apalagi pada media kain seperti bahan kaos. Hal ini bisa membuat kamu tidak percaya diri padakaos atau baju yang kamu kenakan. Namun, Kartexfren jangan khawatir karena sablon pada kaos atau baju dapat kita hilangkan.

Cara Menghilangkan Sablon Pada Bahan Kaos Sesuai Jenisnya

Terdapat beberapa cara menghilangkan sablon pada baju yang kamu miliki.

Hal ini sesuai dengan bahan kaos yang kamu pakai dan jenis sablon yang kamu gunakan, seperti sablon jenis polyfex, sablon jenis rubber, sablon jenis pigmen, sablon jenis plastisol, sablon jenis glitter, sablon jenis foil.

Sablon Jenis Polyflex

Sablon jenis polyflex adalah jenis sablon yang memiliki ciri lebih lentur dan tipis. Biasanya terdapat pada jenis baju, seperti, jersey, distro, maupun jaket. Cara menghilangkan sablon pada baju dengan sablon jenis ini adalah dengan cara menyiapkan alkohol, setrika, dan kain.

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam menghilangkan sablon jenis polyfex adalah dengan cara memanaskan setrika selama 3 sampai 5 menit.

Selanjutnya letakan kain di atas baju yang ingin kamu hilangkan sablonnya. Hal ini bertujuan agar setrika tidak menempel pada sablon dan membuatnya rusak. Tempelkan setrika pada kain di atas baju. Diamkan setrika selama 5 sampai 7 detik. Selanjutnya angkat setrika, kemudian oleskan alkohol pada sablon yang masih panas.

Dengan cara ini biasanya sablon akan mengkerut sehingga memudahkan kamu untuk menghilangkan sablon dengan cara kamu usap-usap. Langkah terakhir adalah mencuci kaos atau baju yang telah kamu hilangkan sablonnya, agar sablon benar-benar hilang secara maksimal.

Sablon jenis polyfex sangat mudah untuk kamu hilangkan, apalagi bila sablon bersifat tipis, kamu tidak perlu menggunakan alkohol untuk menghilangkannya.

Jenis Sablon Ruber

Jenis sablon berikutnya adalah sablon ruber. Paling sering kita gunakan pada bahan kaos berwarna gelap. Sablon jenis ini memiliki ciri-ciri berjenis elastis dan bertekstur timbul. Memiliki keunggulan sangat awet dan dapat kamu setrika secara langsung. Terdapat cairan khusus untuk menghilangkan sablon ruber, yaitu cairan M3/M4 yang bisa kamu dapatkan di toko perlengkapan sablon.

Harga cairan ini cukup terjangkau yaitu sekitar 7000 hingga 10.000 per botolnya. Setelah kamu mendapatkan cairan M3/M4 kamu bisa langsung memulai untuk menghilangkan sablon jenis ruber.

Hal pertama sebagai cara menghilangkan sablon pada bahan kaos dengan jenis ruber adalah siapkan kain yang kering dan bersih, kemudian basahi kain dengan cairan M3/M4 secukupnya. Lalu oleskan kain yang sudah kamu basahi cairan ke sablon pada bahan kaos yang ingin kamu hilangkan sablonnya.

Gosokan sikat gigi pada sablon secara berulang kali agar sampai sablon dan lem sablon benar-benar menghilang. Terakhir cuci baju agar sisa-sisa lem dan sablon tidak bersisa di kain baju.

Jenis Sablon Pigmen

Untuk yang cara menghilangkan sablon pada bahan kaos ini ternyata berkebalikan dengan sablon jenis ruber, sablon jenis pigmen biasa kita pakai untuk baju berwarna cerah. Sablon jenis ini bersifat cair seperti tinta sehingga dapat menyerap sampai ke serat kain.

Sablon jenis pigmen memiliki cara khusus untuk menghilangkannya, hal ini karena sablon jenis pigmen diaplikasikan pada baju berwarna terang, sehingga cara yang kita pakai diusahakan tidak membuat warna baju memudar.

Cara pertama dalam menghilangkan sablon jenis pigmen adalah dengan cara membahasi kain dengan cairan M3/M4 hingga kain menjadi basah. Lalu tempelkan kain pada bagian belakang sablon yaitu bagian dalam baju. Lakukan hingga cairan pada kain menyerap ke dalam sablon, lalu diamkan beberapa saat.

Dengan cara ini lem pada sablon akan menghilang dan sablon akan mengkerut. Sikat sablon dengan sikat gigi, lalu cuci seperti biasa.

Sablon Jenis Plastisol

Jenis ini juga dapat kamu hilangkan dari pakaian dengan bahan kaos ataupun baju lainnya. Terbuat dari minyak, sering kita sebut PVC. Sablon jenis plastisol merupakan jenis sablon yang mahal karena tingkat kekuatannya yang sangat tinggi. Sablon ini memiliki keunggulan dapat mencetak secara detail dot/raster yang berukuran kecil.

Cara menghilangkan sablon di baju jenis plastisol sama dengan jenis sablon lain yaitu menggunakan cairan M3/M4. Cairan ini memang sangat ampuh untuk menghilangkan sablon yang sangat kuat. Langkah pertama adalah dengan membasahi kain dengan cairan M3/M4 lalu tempelkan ke bagian belakang sablon hingga cairan menyerap kedalam sablon, diamkan beberapa saat, lalu saat sablon dan kain sudah mengerut.

Gosoklah sikat gigi pada bagian sablon, lalu cuci untuk hasil yang maksimal.

Sablon Jenis Glitter

Jenis sablon yang berikutnya adalah sablon jenis glitter. Jenis sablon ini sering kita jumpai pada kebanyakan baju wanita tapi tak terkecuali pria. Sablon jenis ini memiliki ciri yang sangat mencolok yaitu terdapat pernak-pernik yang mengkilap pada sablon.

Untuk menghilangkan sablon jenis glitter hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meneteskan cairan M3/M4 pada kain yang kering, lalu oleskan kain pada belakang sablon secara merata hingga lem pada sablon terangkat dan sablon mengerut dan menghilangkannya dengan silet.

Gosok sisa lem dengan sikat gigi secara berulang-ulang sampai sablon menghilang, terakhir cuci baju.

Untuk toko bahan kaos yang menyediakan kain di sekitar Kota Bandung, kamu bisa search pada kolom pencarian google dengan keyword toko bahan kaos bandung.

Setelah kamu menghilangkan sablon dengan cara di atas, ternyata masih terdapat salah satu kekurangan. Setelah sablon kita hapus kerap kali meninggalkan bekas yang justru membuat penampilan kamu terlihat buruk. Ternyata juga terdapat cara agar bekas sablon yang hilang bisa tidak terlihat.

Menghilangkan Sablon Bahan Kaos

Untuk cara menghilangkan sablon di baju kamu membutuhkan beberapa bahan yaitu, cairan Uleno 8 (cairan penghilang cat kuku), Minyak kayu putih, dan tiner. Pilihlah salah satu dari tiga cairan yang disebutkan tadi. Kemudian oleskan cairan tersebut di atas bekas sablonan. Setelah itu keriklah bekas sablonan dengan alat cukur atau silet. Keriklah dengan perlahan agar kain tidak sobek.

kamu juga dapat menggunakan deterjen biasa untuk menghapus bekas sablonan. Gunakanlah deterjen pemutih untuk hasil yang maksimal.

Cara untuk menghilangkan bekas sablonan dengan maksimal adalah dengan merendam baju dengan deterjen pemutih. Setelah di rendam, sikat bekas sablonan dengan maksimal.

Nah itu tadi adalah cara untuk menghapus sablon yang bisa kamu lakukan pada bahan kaos.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image