Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sony Gunawan Zen

5 Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk

Teknologi | Tuesday, 02 Nov 2021, 19:40 WIB

Pernah mengalami masalah dimana HP Tidak bisa menerima panggilan masuk dari nomor lain? Jika iya, maka kamu sudah tepat sampai di postingan kali ini karena saya akan memberikan ulasan penyebab kenapa hp android tidak dapat menerima panggilan.

Dikutip dari situs Siagabanjir.org, Masalah seperti itu cukup sering terjadi dan tentu sangat menjengkelkan apalagi jika kamu sedang menanti panggilan masuk yang penting dari seseorang, hal seperti ini bisa terjadi di semua HP baik itu Xiaomi, Oppo, Lenovo, Asus, Samsung dan sebagainya.

Pernah mengalami masalah dimana HP Tidak bisa menerima panggilan masuk dari nomor lain? Jika iya, maka kamu sudah tepat sampai di postingan kali ini karena saya akan memberikan ulasan penyebab kenapa hp android tidak dapat menerima panggilan.

Masalah seperti itu cukup sering terjadi dan tentu sangat menjengkelkan apalagi jika kamu sedang menanti panggilan masuk yang penting dari seseorang, hal seperti ini bisa terjadi di semua HP baik itu Xiaomi, Oppo, Lenovo, Asus, Samsung dan sebagainya.

Sebelum itu, periksa sinyal di HP ya, jangan sampai ternyata penyebab tidak dapat menerima panggilan bukan karena SIMCARD atau HP-nya yang bermasalah, tapi ternyata gara-gara sinyal yang emang lagi tidak ada.

1. Pastikan Nomor HP Tidak Diblokir Operator

Maksudnya, silakan pastikan apakah nomor yang menerima panggilan masuk memang benar masih aktif?

Tentu saja dalam hal ini kamu harus cek nomor kamu, silakan test dengan cara cek pulsa atau mengirim SMS, apakah bisa? Karena salah satu penyebab HP tidak bisa menerima panggilan masuk yaitu karena nomor HP yang sudah tidak aktif atau hangus (habis masa aktif).

Kalau kamu sama sekali tidak bisa mengirim SMS, cek pulsa dan melakukan berbagai aktifitas pada kartu SIM berarti memang nomor kamu sudah tidak aktif.

2. Pastikan Fitur Blokir Panggilan Masuk Nonaktif

Ini juga mungkin banget, admin pribadi pernah mengalami hal ini, dulu pernah mengaktifkan fitur blokir panggilan alhasil semua panggilan masuk dari nomor lain akan terblokir alias tidak bisa masuk. Dulu sengaja menggunakan fitur ini karena ada beberapa pangilan yang tidak dikenal, eh lupa dimatiin dan pas waktunya butuh telfonan bingung deh penyebabnya kenapa tidak bisa masuk panggilannya, hehe.

Caranya bagaimana? gampang, tinggal buka aplikasi panggilan seperti biasa, terus klik icon tiga titik di pojok kanan atas lalu pilih setelan/pengaturan.

Nanti ada menu untuk filter panggilan masuk, klik menu blokir panggilan, pilih kartu SIM yang digunakan dan pastikan blokirnya NONAKTIF agar hp kamu bisa menerima panggilan.

Apabila dengan cara di atas masih saja HP belum bisa untuk menerima panggilan dari nomor lain, berikut solusi tambahan yang bisa kalian lakukan.

3. Nonaktifkan Bluetooh pada HP

Pasti tahu dong mode pesawat? Kalau kita mengaktifkan fitur itu maka jaringan di HP kita akan mati total, nah selain mode pesawat ternyata Bluetooth juga mempengaruhi sinyal telpon, jadi bagi kamu yang mengalami error dimana android tidak bisa ditelfon silakan nonaktifkan bluetooh dulu karena biasanya tanpa sengaja kamu mengaktifkan bluetooth yang memang bisa membuat sinyal menelepon terganggu.

4. Restart HP Android

Cara berikutnya untuk memperbaiki hp yang tidak bisa ditelepon yaitu dengan melakukan restart, cara ini terbilang efektif karena memang restart menjadi solusi default jika ada sesuatu yang error pada HP padahal semuanya terlihat normal, restart dapat menyegarkan sistem karena mungkin saja HP kamu terlalu lama digunakan dan sistem sudah mulai lelah, maka dari itu perlu restart.

5. Hubungi Call Center

Daripada pusing sudah melakukan berbagai cara dan hasilnya tetap error, silakan hubungi call center masing-masing operator saja untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan kartu SIM yang digunakan.

Masalah HP yang tidak bisa menerima panggilan memang cukup rumit karena ada 2 kemungkinan, itu terjadi karena ada error dari sisi smartphone-nya, atau dari kartu SIM yang digunakan. Jadi, untuk lebih jelasnya bisa hubungi saja call center yang terkait.

Tambahan: Buat kamu yang sedang cari game android seru, bisa baca artikel ulasan saya sebelumnya mengenai Game Bus Simulator Indonesia (Game buatan Anak Bangsa kualitas International).

Itulah beberapa cara mengatasi hp tidak bisa menerima panggilan masuk di android, jika setelah mempraktekan semua cara diatas ternyata masih tidak bisa di telepon dan panggilan tidak masuk maka bisa komentar saja di bawah ini ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image