5 Strategi Mahasiswa Kupu-Kupu saat Membuat CV agar Dilirik HRD

Image
Suci Marhaeningtyas
Bisnis | Thursday, 30 Jun 2022, 05:57 WIB
Contoh template CV

Sebagai mahasiswa bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan mengisi hal-hal yang positif dan mengembangkan potensi diri yang dimiliki. Karena pada dasarnya, kehidupan didunia kerja yang akan dilalui akan lebih menantang daripada kehidupan yang dilalui selama proses perkuliahan. Masa perkuliahan ini bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berpotensi untuk mengembangkan kreatifitas dan softskill mahasiswa. Namun disisi lain, juga terdapat mahasiswa yang semasa kuliahnya hanya sebagai mahasiswa yang mengikuti perkuliahan lalu bergegas segera pulang atau yang biasa disebut dengan kupu-kupu atau kuliah pulang-kuliah pulang, Mahasiswa yang seperti ini tidak memanfaatkan moment spesialnya untuk dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.

Dalam melamar pekerjaan tentunya kita diwajibkan untuk melampirkan CV (Curriculum Vitae). Tidak bisa dipungkiri, bahwasanya setiap lowongan pekerjaan yang tersedia pasti memberikan persyaratan untuk melampirkan CV untuk mempertimbangkan pihak mana yang memenuhi kualifikasi suatu pekerjaan untuk bisa berlanjut mengikuti tahap selanjutnya. Banyak mahasiswa yang dilema pada saat melamar pekerjaan karena selama berkuliah tidak aktif mengikuti kegiatan organisasi atau yang biasa disebut dengan mahasiswa kupu-kupu yang artinya kuliah pulang- kuliah pulang. Dalam melamar pekerjaan ini selalu melampirkan CV sesuai dengan penjelasan kegunaan CV seperti diatas. Lalu, bagaimana cara membuat CV yang menarik untuk mahasiswa yang semasa kuliahnya disebut kupu-kupu dengan bahasa gaulnya atau disebut dengan kuliah pulang-kuliah pulang sehingga tidak memiliki keterampilan berorganisasi dan mengasah sofskill dibidang non-akademik.

Setiap perusahaan pasti selalu membutuhkan kualifiikasi pekerja yang sesuai dengan bidangnya dan yang paling penting dimasa sekarang ini adalah softskill mampu bekerja sama dalam tim. Hal ini merupakan suatu hal yang sangat unik dalam menjadikan suatu motivasi untuk selalu mengasah softskill yang dimiliki agar mampu mencapai tujuan utama dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Lalu, bagaimana tips agar mahasiswa kupu-kupu untuk membuat cv yang menarik agar dilirik oleh HRD?

1. Melakukan job research terhadap perusahaan yang akan dilamar

Cata utama dan yang paling penting adalah mengetahui apa kebutuhan perusahaan. Hal ini tentu penting mengingat setiap perusahaan ingin mengetahui seberapa siap kita pada saat melamar. Untuk itu, sebaiknya perhatikan semua hal kecil yang diinginkan perusahaan, seperti keterampilan yang harus dimiliki pelamar, pengalaman kerja, usia pelamar, dan bagian-bagian yang terkait dengan pekerjaan yang ditawarkan. Perhatikan profil perusahaan serta kebutuhan perusahaan. Misalnya, membaca dan mengetahui visi, misi, etos kerja, dan nilai-nilai karyawan perusahaan yang selalu didukung oleh perusahaan yang dilamar

2. Resource CV yang baik dan benar

Mencari contoh pembuatan CV yang baik dan benar tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, khususnya bagi pelamar yang baru pertama kali akan melamar pekerjaan dan membutuhkan CV sebagai persyaratan. Beberapa point utama yang harus ada dalam CV adalah sebagai berikut :

Identitas diri : Berisi tentang nama lengkap, nomor telepon, email, dan alamat yang bisa dihubungi.Personality : Berisi tentang gambaran karakter diri.Pendidikan : Berisi tentang informasi mengenai pendidikan terakhir, IPK, maupun jurusan yang ditempuh.Keterampilan : Berisi tentang keterampilan yang dimiliki.Pengalaman Kerja : Berisi tentang pengalaman kerja yang sudah dilalui sebelum melamar pekerjaan yang baruTraining atau Pelatihan : Berisi tentang macam-macam pelatihan yang telah diikuti selama kurang lebih 3 tahun terakhir.Informasi lain : Berisi tentang berbagai hal yang bisa diunggulkan, mulai dari hobi, referensi, ataupun hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.Tentukan Desain CV semenarik mungkin

3. Mulai membuat CV

Kali ini adalah point penting yang akan dibahas mengenai CV yang menarik untuk mahasiswa kupu-kupu.Sebagai mahasiswa yang belum memiliki banyak pengalaman semasa kuliah, tidak menutup kemungkinan bahwa sedikitnya ksempatan untuk diterima kerja. Hal ini mungkin bisa disiasati dlaam berbagai upaya agar pelamar tetap bisa memberikan potensinya untuk perusahaan tersebut sesuai dengan bidang masing-masing. Hal-hal yang perku ditulis dalam CV seornag mahasiswa kupu-kupu adalah sebagai berikut :

· Tulis dengan jelas nama kampus dan jurusannya pada bagian riwayat pendidikan

· Tulis mata kuliah yang relevan dengan posisi yang akan dilamar

· Apabila memang tidak mengikuti satupun organisasi dikamus, maka tulislah CV untuk beberapa mata kuliah atau pengalaman pengerjaan project yang relevan denfan posisi yang akan dilamar.

· Mulai membuat CV dengan desain menarik

4. Mendesain CV semenarik mungkin

Fungsi dari desain CV yang menarik ini adalah membuat perusahaan yang hendak dilamar terpikat dan merasa bahwa pelamar adalah orang yang tepat untuk mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya. Selain itu, perusahaan yang dilamar pun akan merasa bahwa pelamar benar-benar serius dalam melamar pekerjaan. Dapat dijadikan nilai tembahan dalam bidang kekreatifan.

5. Baca dan analisis CV yang telah dibuat

Ini merupakan langkah terakhir yang harus dilakukan sebelum pelamar benar-benar mengajukan berkas-berkas termasuk CV dalam melamar pekerjaan. Oleh karena itu, membaca dan menganalisis kembali CV yang telah dibuat akan memberikan kesempatan untuk memperbaikinya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image