Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Apriliani putri shalsabilla

PENGARUH KEKUASAAN DAN SUMBER-SUMBERNYA

Politik | Monday, 01 Nov 2021, 18:37 WIB
disusun oleh Apriliani Putri Shalsabilla

Kekuasaan adalah kemampuan mempengaruhi pihak lain untuk berfikir dan berperilaku sesuai dengan apa yang dihendakinya. Max Weber Di dalam bukunya yaitu Wirtschaft und Gessellshaft pada tahun 1992, mengatakan bahwa pengertian dari kekuasaan ialah sebuah kemampuan didalam suatu hubungan sosial didalam melaksanakan kemauan sendiri walaupun mengalami sebuah perlawanan dan juga apapun dasar dari kemampuan tersebut. kesimpulannya adalah sebuah keegoisan didalam suatu kelompok meski begitu keegoisan itu mempunyai pertentangan, akan tetapi tidak mampu melawan dikarenakan adanya sebuah kekuasaan tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa kekuasaan sendiri dalam politik merupakan salah satu unsur yang sangat penting, karena kekuasaan memiliki banyak sekali pengaruh diberbagai hal. Ketika seorang elit atau politikus memiliki kekuasaan yang besar tentunya akan sangat membantu mereka dalam meraih posisi yang lebih tinggi lagi. Kekuasaan juga menjadi salah satu faktor yang mendukung pemimpin, seorang pemimpin yang memiliki kekuasaan besar tentunya nanti akan sangat mudah dalam membantu mengatur banyak hal.

Ekonomi, ilmu pengetahuan dan tekhnologi, senjata/kekuatan fisik, dan kharisma adalah sumber-sumber dari kekuasaan. Ekonomi menjadi salah satu sumber kekuasaan karena ekonomi sendiri adalah salah satu faktor yang paling penting dalam kehidupan, begitu juga dengan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Ilmu pengentahuan dan tekhnologi termasuk sumber kekuasaan karena dalam kehidupan modern kita sekarang ini sangat bergantung dengan tekhnologi.

Senjata/kekuatan fisik menjadi sumber kekuasaan karena ketika seseorang memiliki kekuatan fisik di atas rata-rata memungkinkan orang lain menganggap kekuatan itu sebagai kekuasaan. Kharisma merupana suatu sifat atau elemen yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang punye kekuasaan, seorang penguasa atau pemimpin biasanya memiliki kharisma tersendiri yang menjadi ciri khasnya.

Sumber-sumber kekuasaan tersebut adalah hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin atau penguasa, karena ketika seorang pemimpin memiliki kekuasaan yang besar maka semakin besar pula tanggunga jawab yang akan di emban, entah pemimpin dalam lingkupan politik atau organisasi lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image