MUI Membangun Rumah Sakit Indonesia di Hebron, Palestina

Image
Yanuardi Syukur
Info Terkini | Monday, 01 Nov 2021, 16:46 WIB
Ketua MUI Prof. Sudarnoto Abdul Hakim memimpin rapat panitia pembangunan RSIH

Solidaritas Indonesia terhadap Palestina sejak dulu sampai sekarang terus berlangsung tidak henti. Salah satunya adalah pembangunan rumah sakit di kota Hebron.

Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron (RSIH) terus digalakkan Majelis Ulama Indonesia. Hingga awal November 2021, MUI telah mengumpulkan lebih dari Rp 23 miliar dari Rp 87 miliar yang ditargetkan. Dalam waktu dekat akan segera tandatangan MOU dan perjanjian turunannya utk pembangunan RSIH tersebut.

Demikian, dikatakan Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Prof. Sudarnoto Abdul Hakim saat Rapat Panitia RSIH di Kantor MUI, Jakarta (1/11).

Sudarnoto yang juga Ketua Panitia Pembangunan RSIH menyampaikan bahwa dalam struktur kepanitiaan terbaru yang ditandatangangi Ketua Umum MUI KH. Miftachul Akhyar dan Sekjen Dr. Amirsyah Tambunan pada 5 Oktober 2021, dibuat pembidangan, yakni bidang kerja sama, bidang hukum, bidang penggalangan dana, bidang keuangan dan ketatausahaan, dan bidang supervisi.

Masing-masing bidang dipimpin oleh wakil ketua dan sekretaris. Bidang kerja sama diketuai Habib Dr. Ali Hasan Bahar dan sekretaris Dr. Andy Hadiyanto; bidang hukum diketuai Muhammad Wahib, M.Si dan sekretaris Alpha Amirrachman, Ph.D; bidang penggalangan dana diketuai Rizaludin Kurniawan, M.Si dan sekretaris Hj. Amirah Ahmad Nahrawi.

Sedangkan bidang komunikasi publik diketuai Dubes Bunyan Saptomo dan sekretaris H. Oke Setiadi, M.Sc; bidang keuangan dan ketatausahaan diketuai Bobby P. Manullang dan sekretaris Dr. Yusherman; dan bidang supervisi diketuai Drs. Irsyadul Halim dan sekretaris H. Khalilurrahman.

Sementara itu, sekretaris panitia dijabat oleh Arif Fahruddin, bendahara H. Misbahul Ulum, serta wakil bendahara Erni Juliana dan Hasan Haromain.

Sekjen MUI Dr. Amirsyah Tambunan menyampaikan harapannya agar kepanitiaan ini berjalan dengan bagus. "Jika kepanitiaan kita bagus maka publik akan semakin percaya dalam penghimpunan dana," kata Amirsyah.

Amirsyah juga bercerita, ketika Mantan Wapres HM. Jusuf Kalla berkunjung ke MUI, ia berpesan agar kita berkomunikasi intens dengan Kemenlu, sebab ada dana khusus yang disediakan sebagai bentuk kepedulian bangsa Indonesia atas masalah luar negeri.

"Saya berharap panitia bisa produktif dan inovatif dalam penggalangan dana," lanjut Amirsyah Tambunan.

Sementara itu, Ketua Panitia juga memotivasi agar capaian dana dapat terkumpul dengan baik. "Kita harus bekerja keras agar target Rp 87 miliar terpenuhi," kata Sudarnoto. Ia berharap sebelum berakhir 2023 MUI telah menyelesaikan penggalangan dana tersebut.

Dalam waktu dekat, setelah berbagai dokumen disiapkan, MUI akan menggelar rapat koordinasi dengan Kemenlu, Kedubes Palestina, Wali Kota Hebron, dan KBRI di Amman terkait persiapan peletakan batu pertama Rumah Sakit Indonesia di Hebron, Palestina.

Rapat panitia ini diselenggarakan secara hybrid. Hadir Sekjen Amirsyah Tambunan, Prof. Sudarnoto Abdul Hakim, Dubes Bunyan Saptomo, Dubes Yuli Mumpuni, Dubes Safira Machrusah, Andy Hadiyanto, Khalilurrahman, Yanuardi Syukur, Deva Rachman, Hendro Wibowo, Abdullah Darraz, Jojo Sutisna, Muh. Arjuni, Mabroer MS, Ridwan Sukmana, Nadratuzzaman Hosen, Hasan Haromain, dan Muh Aras Prabowo.

Yanuardi Syukur, Pengurus Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional MUI Pusat, Panitia Bidang Komunikasi Publik Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron, Palestina

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

WAJIB COBA ! Cara Convert Mp4 Youtube ke Mp3 dengan Cepat dan Gratis

Image

Aktif Menulis, Guru MTsN 3 Bantul Mendapat 2 Penghargan dari KYM

Image

Peduli Sesama, Santri Ar-Rohmah Putri Bakti Sosial di Panti Asuhan

Image

Jual Beli Emas Secara Kredit Menurut Islam Dan Pendapat Para Ulama

Image

Jual Beli Sperma Hewan Dalam Perspektif Hukum Islam

Image

5 Jenis Badan Usaha yang Ada di Indonesia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image