Bisa Jadi 4 Hal Ini yang Bikin Rezeki Kita Seret

Image
Abu Ubaidillah
Agama | Saturday, 30 Oct 2021, 14:14 WIB

Mungkin beberapa orang merasa, kok sulit banget mendapatkan rezeki.Bahkan rasanya rezeki yang didapat rasanya seret banget. Meski dikatakan usaha tidak akan mengkhianati hasil, tapi nyatanya semua serba sulit.

Bila hal itu terjadi, hal yang perlu dilakukan bukanlah menyerah melainkan introspeksi diri. Barangkali, ada hal-hal yang membuat rezeki seret atau ditahan oleh Allah SWT sehingga hidup kita kesusahan.

Hal-hal yang Membuat Rezeki Seret

runimas" />
Foto: runimas

Setidaknya, ada beberapa hal yang membuat rezeki seorang manusia bisa menjadi seret. Hal-hal ini pun harus dihindari sebisa mungkin, terutama pada saat sedang berusaha mencari nafkah untuk diri sendiri atau keluarga.

1. Berbuat Maksiat

Zaman sekarang kejujuran mahal harganya, orang yang berlaku jujur saja kadang masih kesulitan mendapatkan uang. Pada akhirnya demi mencari uang, seseorang memilih sikut sana-sini, mengorbankan orang lain demi kepentingan sendiri.

Bahkan mereka tak jarang bersikap jujur dan membohongi orang lain demi mendapat keuntungan melimpah. Hal ini jelas merupakan perbuatan maksiat yang bisa saja membuat rezeki ditahan oleh Allah SWT.

2. Tidak Bertawakal

Kadang, saat rezeki mengalir deras, ada rasa bangga dalam diri manusia. Mereka merasa seolah semua yang diperoleh merupakan haisl kerja keras dan semangat pantang menyerah yang ada dalam diri, tanpa bantuan Allah SWT.

Ketika itu terjadi dan dirasakan, maka bersiaplah karena itu merupakan titik balik dari tanjakan kesuksesan. Itu menjadi titik bali di mana manusia bukan lagi beranjak naik, melainkan akan merosot ke jurang terdalam.

3. Banyak Dosa

Banyak dosa membuat hati manusia tertutupi debu, memupuskan doa yang terus dipanjatkan kepada Allah SWT. Bahkan dosa juga bisa menjadi penutup rezeki yang seharusnya bisa didapatkan oleh manusia.

Pembuka pintu rezeki yang terhalang dosa adalah taubat. Kalau Anda merasa rezeki masih seret, cobalah untuk bertaubat kepada Allah SWT, bercermin akan dosa apa saja yang pernah dilakukan selama ini.

4. Sering Melupakan Allah

Ciri utama yang mudah ditemui adalah sering melupakan Allah SWT ketika bekerj. Saat tiba waktunya salat, kadang seseorang cenderung menunda-nunda dan lebih memilih menyelesaikan pekerjaan dulu daripada salat.

Bahkan, di dalam pekerjaan manusia juga sering tidak berdoa terlebih dahulu. Padahal, doa minta rezeki dan doa-doa lainnya menjadi bagian terpenting supaya rezeki yang diusahakan bisa diperoleh dengan lancar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang yang senang berbagi.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pentingnya Sastra Anak dalam Pembentukan Kecerdasan Bangsa

Image

Infotainment untuk Kualitas Atau Popularitas?

Image

Transformasi Aset Keuangan Itu Bernama Sekuritisasi

Image

Keprotokolan Pelaksanaan Upacara Bendera

Image

Mau Jadi Petugas Keprotokolan Beberapa Hal di Bawah Ini Harus Diperhatikan

Image

Manfaat SEO Secara Umum Untuk Bisnis/Perusahaan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image