Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Diva Shafiyyah Abdurrachman

Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Semakin Mengerikan

Edukasi | Saturday, 25 Jun 2022, 14:23 WIB

Di era sekarang, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara yang praktis karena adanya teknologi. Salah satu teknologi adalah gadget. Gadget merupakan barang canggih yang diciptakan untuk merubah kehidupan manusia menjadi lebih praktis. Di awal kemunculannya, gadget hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Namun kini gadget bukan lagi sekedar alat berkomunikasi, tetapi gadget juga merupakan bagian dari lifestyle (gaya hidup).

Pengguna gadget tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja, remaja bahkan anak anak usia dini pun sudah pandai dalam penggunaan gadget. Hal yang sering terjadi saat ini, banyak orang tua yang membiarkan anaknya untuk memainkan gadget dengan tujuan hiburan bagi anak. Saat anak menangis, banyak orang tua yang memberikan gadget sebagai alternatif untuk menenangkan anaknya. Padahal banyak dampak negatif yang ditimbulkan akibat kecanduan gadget, antara lain menggangu kesehatan mata, susah tidur, obesitas, dan menggangu kesehatan mental.

Selain dampak negatif, penggunaan gadget yang benar juga berdampak postif yaitu,menambah pengetahuan anak, membuat anak menjadi lebih kreatif, mempermudah komunikasi anak dengan orang tuanya, dan melatih anak untuk berfikir kritis.

Setelah mengetahui dampak postif dan negatif, maka orang tua harus lebih mengawasi anak dalam menggunakan gadget dan tidak membiasakan sang anak untuk terlalu sering main gadget. Sebisa mungkin saat dihadapan anak, orang tua tidak sibuk memainkan gadgetnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image