Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image olivia florendra

Cara Mengatasi HP Android Bootlop, Hapus Cache Partition

Teknologi | Wednesday, 27 Oct 2021, 23:23 WIB

Bootloop adalah kondisi di mana ponsel tidak dapat masuk ke sistem dan pemrosesan berhenti. Kondisi ini banyak terjadi pada pengguna smartphone Android dan smartphone tidak akan berfungsi dengan baik.

Ketika Bootloop terjadi, ponsel tiba-tiba mati dan kemudian hidup kembali, baik terus menerus atau berulang kali reboot. Ini tentu saja mengganggu pengguna.

Bootloop biasanya disebabkan oleh kesalahan sistem file yang membuat ponsel cerdas Anda tidak stabil. Hasil interferensi dari file aplikasi, virus, malware, masalah penginstalan, dan lainnya.

Smartphone dengan Bootloop biasanya berulang kali menampilkan logo atau merek ponsel Android di layar smartphone. Selain itu, ponsel sering mengalami proses reboot.

Tapi jangan khawatir, tim https://pitchcon.org telah merangkum cara mudah menangani Bootloop di artikel ini. Anda juga dapat menyelesaikannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengatasi Bootloop di Smartphone Android

Cara termudah untuk melewati Bootloop pada smartphone Android Anda adalah dengan mematikan ponsel terlebih dahulu, atau keluarkan baterai ponsel dan matikan secara paksa.

Selain itu, jika Android menggunakan baterai yang disertakan dengan ponsel cerdas Anda, Anda juga dapat mengeluarkan kartu SIM dan microSD dari ponsel cerdas Anda.

Namun, jika kedua cara ini tidak berhasil, Anda bisa menghapus partisi cache di smartphone Anda. Dengan metode ini, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan data di smartphone mereka.

Menghapus "partisi cache" sangat mudah. Cukup masuk ke menu Recovery Mode dan pilih menu Cache Partition Wipe.

Untuk melakukan ini, pengguna dapat menekan tombol Home, Loud, dan Power secara bersamaan.

Setelah masuk ke menu "Wipe Cache Partition", Anda bisa memilih kolom "Yes" di jendela yang muncul. Akibatnya, smartphone akan mulai menghapus data yang di-cache, menyebabkan Bootloop.

Menemukan menu Recovery Mode bervariasi dari smartphone ke smartphone, tetapi dalam kebanyakan kasus Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Home, Loud, dan Power secara bersamaan.

Berikut cara mengatasi Bootloop pada smartphone Android Anda. Pengguna dapat menggunakan salah satu opsi di atas untuk mengembalikan ponsel cerdas ke kondisi normalnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image