Apakah Polisi Punya Kuasa untuk Membanting Demonstran?

Image
mutia alifia
Politik | Wednesday, 27 Oct 2021, 20:58 WIB

Mutia Alifia

20210110300023

Falkutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Jakarta

foto bersumber dari: Portal Bangka Belitung Pikiran Rakyat

Beberapa waktu lalu, media sosioal dihebohkan dengan video Polisi yang membanting Mahasiswa pada saat terjadi kericuhan di Kompleks Pemerintah Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Rabu (13/10/2021).

Aksi demo yang terjadi dalam rangka hari jadi ke-389 Kabupaten Tangerang sempat terjadi kericuhan akibat aksi dorong mendorong antara Polisi dan Mahasiswa. Beberapa petugas juga terlihat berusaha menangkap para pengunjuk rasa.

Lantas apakah Polisi punya kuasa untuk membanting atau memukul demonstran? Melihat kondisi di lapangan pada saat terjadi demonstrasi, memang kadangkala diperlukan adanya upaya paksa. Namun, ditentukan dalam Pasal 24 Perkapolri 9/2008 bahwa dalam menerapkan upaya paksa harus dihindari terjadinya hal-hal yang kontra produktif, misalnya:

a. tindakan aparat yang spontanitas dan emosional, misalnya mengejar pelaku, membalas melempar pelaku, menangkap dengan kasar dengan menganiaya atau memukul;

b. keluar dari ikatan satuan/formasi dan melakukan pengejaran massa secara perorangan;

c. tidak patuh dan taat kepada perintah kepala satuan lapangan yang bertanggung jawab sesuai tingkatannya;[1]

Namun, pada peraturn Kapolri No. 16 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa Aturan yang lazim disebut Protap itu tidak mengenal ada kondisi khusus yang bisa dijadikan dasar aparat polisi melakukan tindakan represif. Dalam kondisi apapun, Protap justru menegaskan bahwa anggota satuan dalmas dilarang bersikap arogan dan terpancing perilaku massa. Protap juga jelas-jelas melarang anggota satuan dalmas melakukan tindakan kekerasan yang tidak sesuai dengan prosedur. Bahkan hal rinci, seperti mengucapkan kata-kata kotor, pelecehan seksual, atau memaki-maki pengunjuk rasa pun dilarang.[2]

[1] Kusumasari Diana, Apakah Polisi memiliki kewenangan memukul Demonstran? https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/cl4972/polisi-yang-memukul-demonstran/ (diakses pada 27 Oktober 2021 pada pukul 19.51)

[2] Kusumasari Diana, Apakah Polisi memiliki kewenangan memukul Demonstran? https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/cl4972/polisi-yang-memukul-demonstran/ (diakses pada 27 Oktober 2021 pada pukul 19.51)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Generasi Milenial Melek Ziswaf: Bangkitkan Keterpurukkan dengan Industri Digital Syariah

Image

Pinjaman Online ; Sebuah Gaya Hidup Untuk Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan.

Image

Menyambung Hidup dari Pinjol ke Pinjol ; Realita dan Problematika.

Image

Millenial, Arsitek Masa Depan Ekonomi Syariah

Image

Waspadai Varian Omnicron, Sedia 'Payung Sebelum Hujan'

Image

Polisi Tangkap Buronan Kasus Mutilasi di Bekasi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image