Tips Hidup Hemat dan Sukses untuk Mahasiswa Rantau

Image
Nabil Zain
Eduaksi | Thursday, 23 Jun 2022, 15:07 WIB

Untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah ini menjadi pilihan bagi para anak muda. Mungkin anda adalah salah satunya. Biasanya ada yang rela meninggalkan kampung halaman untuk mengejar ilmu ke kota lain. Dan sebagian besar mereka ini membeli kuliah di tempat favorit. Meskipun mereka harus tinggal berpisah dari keluarga hal ini biasanya bukan menjadi momok selama anda dapat mempersiapkan dengan baik.

Merantau dan kuliah di kota lain ini akan membuat Anda harus belajar hidup mandiri. Seperti mengurus kebutuhan sendiri dengan uang kiriman dari orang tua ataupun sambil bekerja untuk menambah uang saku untuk membayar biaya kuliah. Menjadi mahasiswa perantauan ini tidaklah mudah anda harus dapat hidup hemat agar uang anda cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-hari termasuk juga urusan perkuliahan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk hidup hemat untuk mahasiswa perantauan

1. Membuat daftar pengeluaran

Tips yang bisa anda lakukan untuk hemat saat kuliah di perantauan adalah dengan membuat daftar pengeluaran. biarpun mahasiswa ini belum mempunyai gaji sendiri akan tetapi tidak ada salahnya bagi anda untuk membuat daftar pengeluaran setiap minggunya atau setiap bulan. Anda bisa mencatat kebutuhan yang harus anda biayai seperti makan serta sewa kost ataupun biaya lain yang anda butuhkan.

Ada perlu mengutamakan kebutuhan anda bukan keinginan Anda juga harus perlu mengalokasikan budget untuk dana darurat sebab Anda ini jauh dari keluarga, jadi jika anda tiba-tiba jatuh sakit anda mempunyai dana untuk berobat. Selain itu Anda juga tidak disarankan untuk selalu menelpon orang tua untuk meminta kiriman uang. Setidaknya Anda bisa menjadi sedikit meringankan beban orang tua terlebih lagi jika penghasilan orang tua anda pas-pasan.

2. Mencari kos di sekitaran kampus

Tips lainnya yang perlu Anda lakukan untuk hemat adalah dengan mencari kost yang dekat dengan kampus. Biaya transportasi ini menjadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan ketika selama kuliah. Sebab hal ini bisa jadi pengeluaran yang malah akan menghabiskan anda. Maka anda perlu mencari kos yang lokasinya dekat dengan sekitaran kampus. jadi anda tidak perlu untuk naik angkot atau ojek online untuk sampai ke kampus. Pilihlah kos yang biaya sewanya tidak terlalu mahal yang penting nyaman dan anda dapat menunjang aktivitas selama anda menjadi mahasiswa.

3. Membatasi nongkrong di cafe

Tips lainnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan membatasi nongkrong di cafe. Anak muda zaman sekarang ini biasanya hobi sekali untuk nongkrong. Pulang kuliah mereka biasanya mengerjakan tugas di cafe atau sekedar main ke mall untuk nonton bioskop. Tahukah anda bahwa aktivitas tersebut ini hanya akan menghabiskan uang anda.

Apalagi jika anda ikut-ikutan dengan gaya hidup orang punya dan juga takut dikucilkan karena tidak bergabung dengan mereka. Inilah hal yang sering membuat para mahasiswa menjadi boros. Padahal jika anda bisa mengatur keuangan dengan baik anda dapat menabung untuk modal usaha. Oleh karena itu bahasa batasilah menongkrong atau jalan di luar yang bikin kantong anda menjadi kering.

4. Masak sendiri di kos

Tips lainnya adalah dengan memasak makanan anda sendiri di kos. Disaat anda menjadi kos pastikan anda memilih tempat kost yang mempunyai dapur bersama dengan anda agar bisa memasak sendiri. Memasak makanan sendiri yang dapat menghemat pengeluaran yang cukup besar.

Jika sekali makan harganya ini bisa Rp 20.000 menjadi 3 kali lipat makan sehari Rp 60.000. dengan memasak sendiri ini anda dapat menghemat biaya separuhnya. Tetapi jika Anda memang sibuk dan banyak tugas Anda bisa membeli makanan di luar. Tetapi jangan terlalu sering.

5. Bekerja paruh waktu

Jika Anda mempunyai kemampuan dibidang teknik pengelasan, Anda dapat mengikuti kerja paruh waktu di bengkel bengkel las yang membuat pagara atau tralis. Karena tidak sedikit bengkel yang memerlukan tenaga tambahan.

Itulah dia beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk menghemat biaya selama kuliah bagi para mahasiswa perantauan. Dengan mengetahui beberapa tips diatas Anda dapat menghemat uang pengeluaran Anda selama menjadi mahasiswa dan tidak terlalu membebani orang tua. Semoga bermanfaat!!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Istana Schnbrunn dan Masjid Bergaya Arsitektur Turki Usmani di Vienna

Image

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Untuk Membeli Minyak Goreng dan MyPertamina untuk Membeli Pertali

Image

Polda Sumsel Ajak WBP Lapas Perempuan Palembang Ikut Berantas Rantai Narkoba

Image

Berikan Pelayanan Prima, Lapas Perempuan Palembang Fasilitasi Layanan Sipanjung Bagi Pengguna Layana

Image

Cara Membuat Milk Tea Sederhana, Namun Dijamin Enak!

Image

Perkara Laper Mata, Perubahan Iklim Siap Mengancam

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image