Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image elisa juliasari

Prodi Sastra Sasindo Universitas Pamulang Gelar Pelatihan Jurnalis Kampus

Sastra | Tuesday, 21 Jun 2022, 22:59 WIB
Kegiatan belajar mengajar oleh Deni Darmawan (dokpri).

Sastra Indonesia merupakan salah satu prodi yang ada di Universitas Pamulang, dimana pada bulan juli 2022 ini akan mengadakan kegiatan pelatihan jurnalis kampus dengan judul "Jurnalis Kampus Mahasiswa Sasindo Angkatan Pertama" yang akan digelar di lantai 5 gedung Universitas Pamulang bertempat di Viktor Jl. Puspitek Raya No 10, Serpong, Tangerang Selatan.

Kegiatan ini menjadi langkah konkret mahasiswa Sastra Indonesia agar bisa memahami kaidah jurnalistik sehingga langsung meliput ke lapangan dan menerbitkan ke berbagai media massa. Kegiatan ini juga dibuat untuk melatih kemampuan menulis baik bagi dosen atau mahasiswa. Dan juga sasaran dalam tujuan kegiatan ini bukan hanya menulis artikel ilmiah seperti penelitian, jurnal dan makalah.

Namun juga mampu menulis reportase/berita yang baik. Supaya peluang dalam memberikan informasi mejadi lebih luas lagi. Kegiatan apapun bisa saja diluncurkan baik oleh dosen atau mahasiswa jika dituliskan sesuai kaidah, supaya pembaca akan mengerti dan memahaminya.

Dalam menciptakan image yang baik maka perlunya keterampilan dalam menulis, supaya citra yang dihasilkan dari hasil tulisan dalam media bisa memberi nilai positif bagi khalayak umum.

Peluang dari kegiatan ini bisa kita manfaatkan untuk mempublikasikan setiap kegiatan dengan menggunakan teknik menulis reportase atau feature.

Namun, jika ditinjau kembali masih banyak dosen atau mahasiswa yang belum memiliki keterampilan menulis dan mengolah kata. Dan itu berdampak dengan tidak terealisasinya publikasi pada setiap kegiatan yang dilakukan di kampus.

Begitu banyak kegiatan di Universitas Pamulang, baik seminar, workshop, pelatihan dan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), namun belum dituliskan dengan menggunakan teknis reportase yang sesuai kaidah jurnalistik.

Dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalis kampus, diharapkan dapat menumbukan keterampilan serta dosen atau mahasiswa mampu untuk mengimplementasikan hal-hal yang didapatkan dari pelatihan tersebut.

Dan untuk melangsungkan kegiatan ini, perlu adanya kolaborasi antara kaprodi, dosen, himpunan mahasiswa dan mahasiswa agar kegiatan jurnalis kampus ini bisa berjalan sesuai dengan harapan. Sebab, segudang kegiatan kampus, jika disajikan dengan reportase yang baik, tentu setiap berita akan mudah dan enak dibaca.

Kegiatan mampu dikemas dengan baik. Semua informasinya tentu akan meningkatkan akreditasi kampus. Maka dari itu, kegiatan pelatihan ini merupakan Langkah awal menuju peluang-peluang besar yang nantinya bisa membuat kampus dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Juga bukan hanya itu, kegiatan ini juga merupakan wadah serta bekal baik dosen atau mahasiswa untuk bisa meciptakan karya dengan lebih baik lagi. Dan disini pak Deni Darmawan, dosen dan penulis buku terus berupaya untuk menginisiasi agar pelatihan ini bisa terwujud.

Lahirnya kegiatan jurnalis kampus berawal dari keprihatinannya terhadap mahasiswa yang minim praktik tapi hanya dijejali teori. Kegiatan ini akan menjadi hal yang bermanfaat dan bekal mahasiswa ketika lulus nanti.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image