Ingin Buka Home Industry? Kurang Lengkap tanpa Software ini lho!

Image
vanecia
Teknologi | Monday, 25 Oct 2021, 10:37 WIB
Ilustrasi Home Industry (Sumber: Pexels.com/ Ksenia Charnaya)

Bisnis yang booming di era pandemi kebanyakan berbasis home industry yang merupakan homemade atau buatan rumah. Bisnis ini memang sudah banyak dijalankan oleh beberapa orang, tetapi karena virus covid 19 yang terus meningkat dan setiap orang harus terus bertahan hidup maka, tak sedikit dari mereka yang menjalankan bisnis rumahan ini. Selain memikirkan keuntungan, Anda juga tetap harus tahu bagaimana menjalankan bisnis tersebut, mengembangkannya, dan memiliki arus persediaan kas yang lancar.

Bagi usaha kecil mungkin tidak begitu sulit bagi Anda untuk melakukan pencatatan, tetapi, jika seiring berjalannya waktu bisnis Anda terus berkembang maka Anda membutuhkan sistem yang dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda. Anda bisa mengurangi pengeluaran karyawan dan mengganti nya dengan software. Dilansir dari HashMicro, salah satu software lokal yang memiliki banyak jenis software, terdapat beberapa pilihan yang dapat mendukung bisnis Anda, seperti:

Software Manajemen Inventaris

Dalam membuka bisnis rumahan, Anda harus memperhatikan barang apa saja yang masuk ke dalam inventaris, peralatan, dan perlengkapan. Hal ini harus dicatat untuk mengatur persediaan barang yang ada pada bisnis. Manajemen persediaan merupakan hal penting bagi perusahaan agar tidak terjadi kekurangan.

Software Manajemen Akuntansi

Selain penyimpanan barang, sebagai seorang pebisnis, Anda juga harus memperhatikan arus keuangan. Pemasukan dan pengeluaran harus sesuai ketika dijumlah. Selain itu, sistem keuangan juga membuat perusahaan menjadi baik, dan lancar sehingga laporan keuangan dapat dilihat lebih teratur.

Software Customer Relationship Management

Berbisnis bukan hanya seseorang membeli barang Anda, tetapi bagaimana cara membangun kesetiaan antara penjual dengan pelanggan. Selain itu, Anda dapat memulainya dengan menyimpan data singkat dari pelanggan Anda. Menurut HashMicro, sistem ini bertujuan untuk mengingat kembali pelanggan mana saja yang sering berbelanja di tempat Anda dan Anda dapat memberikan potongan kepada pelanggan setia Anda. Penyimpanan yang disimpan secara manual akan membutuhkan waktu yang lama, tetapi, jika menggunakan software maka terdapat penyimpanan otomatis.

Software e-Invoicing

Pelanggan yang melakukan transaksi pembelanjaan dengan datang ke rumah, atau mungkin menggunakan aplikasi yang mendukung harus Anda berikan nota pembelian. Ternyata, software ini salah satu sistem unggul dari HashMicro yang berguna untuk menunjukkan sisi modernisasi, maka Anda dapat menggunakan sistem e-invoicing dimana, nota pembelian dapat dikirimkan melalui whatsapp, atau email. Selain itu, software ini juga berguna untuk melihat riwayat pembelian yang dilakukan.

Penggunaan software membuat waktu menjadi lebih efisien sehingga Anda dapat melakukan kegiatan lainnya dan lebih produktif. Pemilihan sistem yang tepat juga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta gunakan software yang user friendly sehingga Anda tidak kesulitan dalam mengelolanya.

Kesimpulan

Penggunaan software dalam bisnis tentunya memudahkan Anda dalam mengatur berbagai jenis kegiatan. Tentunya, hal ini akan menghemat waktu dan Anda dapat lebih produktif lagi dalam menjalani tugas Anda. Era modernisasi harus membuat Anda lebih mengembangkan bisnis tersebut agar lebih maju dan tidak tertinggal oleh teknologi. Sesuaikan bisnis mu dengan berbagai pilihan software yang menarik.

Sumber: Hashmicro.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Dredown FB : Converter Video Facebook Tanpa Aplikasi (Private)

Image

Savefrom IG: Download Story dan Feed Instagram 4K Tanpa Aplikasi

Image

Komitmen Pimpinan Dalam Meningkatkan Etika Aparatur Negara Pelayan Publik

Image

Secure Societies, Kenyamanan Hidup dan Sikap Religius

Image

Jangan Lakukan Hal ini! 10 Penyebab Gagal Interview Kerja

Image

Link Y2Mate Asli Platform Download Video YouTube Jadi Musik Dari HP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image