Mengenal Basoeki Abdullah melalui museum

Image
Siti nur alizah
Sejarah | Monday, 20 Jun 2022, 20:58 WIB

Setelah kematian pelukis Basoeki Abdullah pada tahun 1993, rumah pribadinya beliau wasiatkan untuk dijadikan museum. Museum Basoeki Abdullah terletak di Jl. Keuangan raya No. 19 Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Diresmikan pada tanggal 25 september 2001. Di resmikan oleh kementrian kebudayaan dan pariwisata. Museum Basoeki Abdullah memiliki dua bangunan, gedung satu yaitu rumah beliau, dan gedung dua di fungsikan sebagai area museum.

Museum Basoeki Abdullah memiliki 123 buah lukisan yang dihibahkan. Ada juga berbagai macam buku yang beliau tulis dengan berbagai macam bahasa. Seorang edukator museum Basoeki Abdullah yaitu ibu tuty sukmawati bercerita kalau Selain suka melukis dan menulis, pak Basoeki juga suka berburu, ada beberapa senjata yang beliau miliki yang di pamerkan di museum ini.

Kamar tidurnya sebagai tempat paling memorial, dimana beliau meninggal terbunuh oleh perampok di belakang pintu kamar tidurnya. perampok tersebut hanya mencuri jam tangan beliau. Pak Basoeki adalah pelukis kerajaan thailand selama 17 tahun. Pada tahun 1994 diminta presiden indonesia pertama yaitu bapak soekarno untu kembali ke jakarta sebagai pelukis di istana negara. Bakat melukis pak Basoeki telihat saat masih sekolah. Beliau ketika belajar selalu tidak memperhatikan gurunya, tetapi beliau selalu melukis gurunya.

Pak Basoeki juga pernah menjadi penari wayang orang dengan raja yogya ke 9. Beliau berperan sebagai rahmana dan hanoman. Adik bungsu pak Basoeki seorang pematung pertama di indonesia. Pak Basoeki pernah melukis dirinya sendiri melalui cermin sebagai lukisan selfie pertama.

Museum Basoeki Abdullah ini digunakan sebagai area pameran masyarakat, mulai dari individu, komunitas seni dan budaya, hingga satuan pendidikan yng ingin melaksanakan pameran di museum Basoeki Abdullah. Selain itu juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan seperti, workshop,seminar, lomba dll.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Hidup Tetap Berjalan Hadapilah

Surga Tersembunyi di Kebumen

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image