Omicron Varian Baru, Akankah Terjadi Lonjakan Kasus Baru?

Image
Dhevy Hakim
Info Terkini | Thursday, 16 Jun 2022, 19:04 WIB

Omicron Varian Baru, Akankah Terjadi Lonjakan Kasus Baru?Oleh: Dhevy Hakim

Baru saja status pandemi covid-19 dianggap melandai dengan status diturunkan menjadi endemi. Namun, masyarakat kembali dibuat khawatir dengan kemunculan virus varian baru. Ditemukan varian dari Omicron dengan jenis BA.4 dan BA.5, keduanya merupakan subvarian memiliki mutasi gen L452 seperti yang dimiliki varian Delta. (12/6)

Kedua subvarian tersebut oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) mulai tanggal 12 Mei 2022 resmi dinyatakan sebagai Variant of Concern. Pasalnya varian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan ini meluas dengan cepat dan masif ke berbagai negara dan menyebabkan lonjakan kasus.

Di Indonesia sendiri menurut keterangan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sudah terdeteksi. Ada 8 kasus terkonfirmasi positif terinfeksi virus varian baru BA.4 (2 orang) dan BA.5 (6 orang). Bahkan mampu memicu peningkatan kasus harian. Diprediksi puncak kasus dari varian BA.4 dan BA.5 terjadi pada bulan Juli mendatang.

Melansir dari tribunnews.com (12/6/2022), Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr. Erlina Burhan, SpP(K) memberikan penjelasan bahwasanya virus varian BA.4 dan BA.5 bisa menginfeksi orang dewasa dan anak-anak baik yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap. Namun, masa inkubasi virus relatif singkat antar satu sampai tiga hari.

Lebih lanjut dijelaskan gejala BA.4 dan BA.5 menurut keterangan para ahli dimungkinkan serupa dengan sub varian sebelumnya. Sedangkan gejala terinfeksi Omicron diantaranya batuk (85 persen), kelelahan (65 persen), hidung tersumbat (59 persen), demam (38 persen), mual atau muntah (22 persen), sesak napas (16 persen), diare (11 persen) dan anosmia (8 persen).

Oleh karenanya dibutuhkan sikap antisipasi sehingga tidak terulang lonjakan kasus covid-19 yang menelan banyak jiwa. Kesadaran dari semua pihak dibutuhkan. Masyarakat seyogyanya kembali mematuhi protokol kesehatan 5M terutama memakai masker dan mencuci tangan. Vaksinasi bagi yang belum melakukan. Pemerintah terus melakukan edukasi dan pengawasan serta jaminan fasilitas untuk prokes 5 M.

Semoga badai covid-19 benar-benar segera berlalu. Virus covid-19 tidak bermutasi lagi sehingga dunia benar-benar terbebas dari virus covid-19.

Wallahu a’lam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tes P3K, Jangan PHP-in Guru Honorer

OSS Berbasis Resiko

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Image

Mp3 Juice: Situs Download Lagu Cepat Dengan Minim Iklan 2022

Image

Sambut HDKD ke-77, Kemenkumham Sumsel Adakan Lomba Karaoke

Image

Karutan Majene Apresiasi Jajarannya Mengikuti Virtual Run HDKD Kemenkumham 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image