Masih Banyak tempat Wisata Sekitar Borobudur

Image
Slamet Samsoerizal
Wisata | Wednesday, 15 Jun 2022, 11:39 WIB
sumber foto: wallpapercave.com

Presiden Joko Widodo membatalkan rencana kenaikan tiket Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Sebagai gantinya, pemerintah akan memberlakukan kuota pengunjung secara daring dan pemanfaatann pemandu wisata.

"Kuota untuk naik candi itu dibatasi, mungkin 1.200 (per hari)," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono usai ikut rapat terbatas bersama Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 14 Juni 2022.

Pengunjung bisa mendaftar secara daring untuk mendapatkan kuota harian ini. Basuki menyebut kebijakan ini berlaku untuk kelestarian Candi Borobudur.

Selain kuota, pemerintah juga menerapkan penggunaan pemandu dan pengunjung dilarang menggunakan sepatu. Pengunjung akan diberikan alas kaki khusus. "Ga boleh pakai sepatu, karena itu mengikis batuan," kata dia.

Nantinya, ketentuan soal kuota dan yang lain akan disampaikan oleh Kementerian Pariwisata dan BUMN yang terlibat. Dalam rapat ini, Basuki menyebut pemerintah juga sepakat menyatukan semua urusan di lokasi ini ke PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero).

"Diputuskan menjadi satu," kata Basuki. Ini menyangkut penyatuan urusan kelembagaan, dari arkeologi hingga balai konservasi.

Bukan Hanya Borobudur

Promosi yang gencar tentang Borobudur, membuat wisata di sekitarnya kurang dikenal wisnu (wisatawan nusantara) dan wisman (wisatawan mancanegara). Padahal sebagai destinasi wisata, wisata selain Borobudur juga memiliki kenyamanan dan tujuan akhir wsnu dan wisman: relaks sambil rehat menikmati panorama nan permai.

Sedikitnya ada 7 tempat wisata di sekitar Borobudur. Ketujuh tempat wisata tersebut sebagaimana dilansir dari laman https://joss.co.id/2022/02/objek-wisata-di-sekitar-candi-borobudur-yang-sayang-dilewatkan/ berikut.

1. Punthuk Setumbu

Terletak di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Udara sejuk sepoi-sepoi dengan pemandangan Pegunungan Menoreh, buat kamu betah berlama-lama di sini. Pada pagi hari kamu akan disuguhkan panorama indah matahari terbit.

2. Mangli Sky View

Buat kamu yang menyukai ketinggian dan melihat pemandangan indah dari atas sana, Mangli Sky View ini wajib kamu kunjungi. Terletak di ketinggian 1.570 mdpl, destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Kami bisa menikmati pemandangan sambil duduk santai di gardu pandang yang telah disediakan. Mangli Sky View berlokasi di Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

sumber foto: menatapnegeri.com

3. Svarga Bumi

Destinasi wisata ini merupakan tempat dengan banyak tempat selfie yang unik yang berada di tengah persawahan, dengan 22 titik yang bisa kamu pilih. Dengan dekorasi tempat yang estetik dan menarik, tempat ini bahkan disebut-sebut memiliki view seperti sedang berada di Ubud, Bali. Svarga Bumi berlokasi di Dusun Ngaran dan Gopalan, Kecamatan Borobudur.

4. Pinusan Kragilan

Tempat ini cukup dekat dengan lokasi Candi Borobudur. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 1 jam untuk sampai di tempat ini. Pinusan Kragilan merupakan hutan Pinus yang panorama alam yang indah. Terdapat sebuah jalan lurus di tengah hutan saat kita memasuki gerbang destinasi ini.

Di sepanjang jalannya berderet pohon-pohon pinus yang tinggi sehingga membuat tempat ini tampak Instagrammable. Ada juga banyak spot foto lainnya yang disediakan pengelola objek wisata. Lokasinya berada di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Magelang.

5. Nepal Van Java

Memiliki pemandangan pegunungan yang indah layaknya di Pegunungan Himalaya di Nepal, tempat wisata ini dikenal sebagai Nepal Van Java. Jika dilihat dari ketinggian atau dengan menggunakan drone, kamu dapat melihat rumah-rumah penduduk tampak bertumpuk mirip rumah penduduk di Nepal. Bahkan jika kamu datang pada pagi hari, sinar matahari yang cerah dan indah nampak cantik menyinari daerah ini.

Terletak di bawah kaki Gunung Sumbing setinggi 1.620 mdpl, pastikan kendaraan yang kamu naiki kuat menanjak dan dalam kondisi baik karena kondisi jalan yang cukup curam. Tempat ini berlokasi di Dusun Butuh, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

6. Bukit Rhema

Destinasi wisata ini cukup unik dengan daya tarik dari Gereja Ayam yang terletak di atas bukit. Gereja yang sebenarnya berbentuk burung merpati dengan mahkota di kepalanya itu justru dikenal sebagai Gereja Ayam. Arsitektur bangunan yang unik serta pemandangan dan suasana bukit yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Tempat ini berlokasi di Perbukitan Menoreh, Desa Gombong Kembanglimus, Kabupaten Magelang. Hanya butuh waktu 15 menit dari lokasi Candi Borobudur kamu sudah bisa sampai ke tempat ini.

7. Pemandian Candi Umbul

Pemandian Candi Umbul merupakan tempat pemandian yang mengandung belerang alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Situs bersejarah bekas pemandian putri raja pada masa Kerajaan Mataram ini memiliki sumber air panas yang tidak pernah surut bahkan saat musim kemarau. Berlokasi di Dusun Candi Umbul, Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Negeri Plastik

Minyak Goreng Masuk ke Kelas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Semarakkan HDKD ke-77, Pegawai Rutan Jepara Berpartisipasi dalam Lomba Futsal

Image

Chelsea Belum Menyerah Rekrut Wesley Fofana dari Leicester

Image

UNIMUDA Sorong Pertahankan Posisi Sebagai Kampus Terbaik di Papua Barat Versi Webometrics

Image

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris, Siswa SKB Rutan Kebumen Diajarkan 5W1H

Image

Jangan Letakkan Kebahagiaanmu di Mulut Orang Lain

Image

Prodi PGMI Umsida Adakan Lokakarya Penyelarasan Kurikulum dengan UNISMA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image