Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ridho Islami

Mengenal Lebih Dekat Pesantren Sahabatqu Yogyakarta

Eduaksi | Monday, 18 Oct 2021, 13:41 WIB
Source: Pesantren sahabatqu

Pesantren Sahabatqu telah melakukan vaksinasi yang kedua pada tanggal 16 oktober 2021. Vaksinasi dilakukan sebagai upaya ikhtiar pihak pesantren sahabatqu agar semua aktivitas di pesantren dapat berjalan dengan tenang dan nyaman. Selama masa pandemi, pesantren sahabatqu tetap berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk para santri dan wali santri. Program vaksinasi merupakan salah satu program yang dilakukan agar semua para ustadz, tenaga pendidik dan santri dapat melanjutkan aktivitas proses belajar dengan nyaman.

Pesantren sahabatqu yang berlokasi di Yogyakarta, kini mulai berkembang dengan pesat. Perkembangan ini ditunjukkan dengan banyaknya minat para orang tua wali santri yang sudah menunggu informasi pendaftaran penerimaan santri baru tahun ajaran 2022/2023. Hal yang menarik dari pesantren sahabatqu adalah, lokasi pesantren yang sangat mendukung anak-anak untuk hafalan al qur’an dan belajar. Pesantren memiliki gazebo dengan dikelilingi pohon-pohon hijau yang dibawahnya terdapat kolam ikan, ditempat ini, biasanya kegiatan khalaqooh atau menghafal ayat-ayat al qur;an. Di lingkungan pesantren juga terdapat sarana berkuda, kolam renang, tempat olah raga yang menyatu dengan alam. Adapun untuk saran kelas di konsep dengan ruangan kelas yang elegan dengan difasilitasi Ac. Hal ini membuat pesantren sahabatqu hadir sebagai pesantren modern dengan pelayanan yang maksimal. Agar para santri dan orang tua wali merasa nyaman belajar di pesantren sahabatqu Jogja.

Pesantren ini memiliki jenjang pendidikan SMP dan SMA boarding school. Banyaknya peminat dari para calon wali santri yang ingin menitipkan anaknya di pesantren sahabatqu, pada akhirnya pesantren membuat program pendidikan baru dengan konsep full day school. Program pendidikan full day school ini terdiri dari SMP dan SMA yang tidak menginap di pesantren, namun memiliki program kegiatan yang hampir sama dengan pesantren terutama dalam pendekatan al qur’an.

Pesantren sahabatqu berusaha untuk mengintegrasikan nilai-nilai al qur’an dalam setiap mata pelajaran. Sehingga ilmu yang didapatkan oleh para santri adalah ilmu yang tidak sekedar ilmu umum saja, melainkan ilmu yang memiliki muatan nilai al-qur’an. Kurikulum yang digunakan di pesantren sahabaqu adalah kurikulum dinas dan kurikulum lokal pesantren yang berupa kurikulum agama dan pengembangan diri santri.

Pesantren sahabatqu menekankan adab kepada semua santri-santri. Adab menjadi sangat penting karena dengan kesadaran dalam beradab, maka santri akan memiliki pola perilaku yang teratur sehingga memunculkan kebiasaan baru dalam kepribadiannya. Kesadaaran dalam beradab inilah yang membuat ilmu-ilmu yang diajarkan oleh para pengajar dapat mudah diterima. Pada sisi lain, santri dapat menghargai betapa pentingnya ilmu pengetahuan di masa depan jika diiringi dengan masyarakat yang memiliki adab yang baik. Masyarakat yang memiliki ilmu yang tinggi tanpa diiringi dengan adab yang baik, hanya akan melahirkan masyarakat yang saling egois terhadap apa yang dilakukannya.

Selain pengajaran tentang adab, pesantren sahabatqu juga memulai semua santri barunya dengan memperbaiki kualitas bacaan al qur’an sebelum melanjutkan hafalan. Proses memperbaiki bacaan al qur’an ini menjadi ciri khas pesantren sahabatqu. Karena tidak banyak pesantren yang menekankan perbaikan bacaan sebelum menghafalkan ayat al qur’an. Program perbaikan bacaan ini dibimbing oleh seorang ustadz yang dilakukan secara berkelompok. Setelah santri melewati program perbaikan bacaan, baru santri akan diijinkan untuk menghafalkan ayat-ayat al qur’an.

Pesantren sahabatqu akan mulai membuka pendaftaran santri baru mulai tanggal 20 oktober 2021. Adapun proses pendaftaran dapat dilakukan dengan sistem online. Adapun untuk contact person dapat mengubungi 0857 4000 2013. Untuk persiapan menjadi santri di pesantren sahabatqu, calon wali dan calon siswa diharapkan untuk dengan ikhlas selama belajar di lingkungan pesantren. Keikhlasan para calon wali santri dan calon santri dapat membantu dan mendukung kelancaran proses belajar santri selama di pesantren

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image