Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anggelina Salma

New Style Public Relations dI Era Masa Kini

Bisnis | Monday, 13 Jun 2022, 19:34 WIB
SUMBER : Foto Pribadi

Seiring perkembangan teknologi, maka perkembangan Public Relations juga ikut meningkat. Mengapa hal ini dikatakan demikian? Karena teknologi yang berkembang setiap waktu telah mendukung meningkatnya perkembangan PR saat melakukan aktivitasnya.

PR berbasis pada tulisan tangan dan mengandalkan media cetak sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang. Perkembangan teknologi memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi PR dalam melaksanakan kegiatannya. Komunikasi adalah kunci dari tugas PR, dengan adanya teknologi membuat PR dapat melakukan komunikasi yang dapat menyatukan audiens dalam satu waktu sehingga komunikasi yang dilakukan lebih mudah dan jangkauannya lebih luas. Oleh karena itu, teknologi merupakan aspek penting dalam perkembangan PR.

Perspektif baru tentang PR di era masa kini muncul karena penggunaan internet yang semakin intens dilakukan oleh masyarakat. Praktisi yang dibawa internet membuat PR mampu mencapai audiens secara langsung tanpa melalui pihak ketiga sebagai perantara yang biasanya digunakan sebagai alat untuk menyampaikan pesan.

Perkembangan teknologi menyebabkan masyarakat mengalami perubahan sehingga tulisan ini mengarah pada "New Style" PR dalam beradaptasi pada era masa kini.

“New Style” ini memberikan berbagai macam gebrakan baru pada Public Relations untuk menjalankan fungsinya demi kepentingan perusahaan. Kemajuan teknologi dan media digital yang ada mewajibkan seorang PR harus bisa mengadopsi dan mengoptimalkan teknologi pada era masa kini sehingga dapat secara efektif dan efisien ketika menyampaikan informasi.

Era masa kini yang serba modern membuat masyarakat lebih mudah mengakses berbagai macam informasi melalui konten yang dibuat oleh PR. Informasi menyebar dengan cepat membuat PR pada era masa kini juga harus bersiap akan pengaruh media massa yang memiliki kemampuan untuk merubah persepsi audiens dengan cepat. Maka dari itu tugas PR adalah sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya oleh masyarakat dan terbukti kebenarannya. Selain itu, sebagai PR juga harus menyesuaikan penggunaan tata bahasa yang sesuai dalam memberikan informasi agar mudah dipahami oleh audiens.

Adaptasi yang dilakukan PR dalam memanfaatkan teknologi menjadikan PR mampu membuat berbagai macam konten informasi yang kreatif, inovatif, dan efektif dengan memanfaatkan media digital. Penyampaian pesan melalui konten - konten yang menarik dapat memberikan citra baik bagi perusahaan dan berbagai macam manfaat lainnya. Melalui konten yang dibuat dapat hal memudahkan seorang Public Relations mengetahui keinginan konsumen sehingga perusahaan bisa mengikuti keinginan publik.

Media massa yang semakin berkembang sangat mempengaruhi efektivitas dari aktivitas PR. PR digambarkan sebagai pengontrol opini publik sekaligus mengarahkan apa yang dilakukan oleh publik untuk mencapai tujuan perusahaan. Seluruh aktivitas PR yang dilakukan melalui internet memungkinkan PR menjalin hubungan baik dengan publik internal atau eksternal. Terjalinnya hubungan baik tersebut bertujuan untuk mempertahankan kepercayaan dan mendapatkan dukungan publik sehingga tujuan perusahaan dapat terpenuhi.

PR tetap mengalami kendala meskipun kenyamanan dan kemudahan diberikan oleh teknologi pada era masa kini. Pada kenyataannya, internet belum mampu menjangkau semua lapisan masyarakat. Namun hal tersebut tidak menutupi peran PR dalam kehidupan masyarakat, semuanya justru akan menjadi tantangan bagi seorang PR untuk mampu memberikan sebuah kontribusi besar terhadap kehidupan manusia dan mampu mampu menjadi sebuah sumber informasi yang dapat dipercaya oleh seluruh kalangan, dengan mengatasi kendala - kendala tersebut, sehingga informasi yang disampaikan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Menjalani profesi PR berarti harus mampu dan siap untuk menghadapi segala tantangan agar dapat mengatasi segala permasalahan yang dialami oleh perusahaan. Seperti kata Charles Darwin “It is not the strongest of the species that survive, nor the most intelligent, but the one most responsive to change.”

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image