6 Tips Tenang dan Fokus Ujian untuk Mengerjakan Soal

Image
Loker Pintar
Eduaksi | Friday, 10 Jun 2022, 16:19 WIB

Belajar dengan Efisien Jauh Sebelum Waktu Ujian

Agar Anda tenang dan konsentrasi saat menghadapi ujian, sebaiknya persiapkan diri Anda jauh-jauh hari dengan sistem belajar yang efisien.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, kok. Misalnya, Anda dapat belajar dengan teman seperjuangan Anda atau Anda dapat meminta tambahan waktu untuk belajar dengan guru Anda di sekolah

Atau, Anda bisa belajar dengan Video atau situs belajar psikotes. Pasalnya, di Video terdapat banyak sekali materi evaluasi yang akan membantu Anda memahami beberapa materi ujian secara maksimal. Selain itu, Video memiliki latihan soal yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk berbagai masalah yang akan Anda hadapi selama ujian.

Tentu saja, Anda harus melakukan studi yang efisien ini secara teratur dan terencana. Sehingga ada cukup waktu luang bagi otak Anda untuk memproses semua materi evaluasi dengan cermat.

Tidak Bisa Belajar dengan Mekanisme Kecepatan semalam

Saat akan mengikuti ujian, usahakan untuk tidak belajar dengan "mekanisme ngebut tadi malam" alias SKS. Sebab, itu hanya akan membuat Anda kekurangan waktu istirahat. Kurangnya waktu istirahat tentu akan mempengaruhi keesokan harinya Anda mengerjakan beberapa soal.

Anda akan mulai merasa mengantuk sampai kehilangan konsentrasi selama ujian. Padahal, tubuh yang kurang istirahat akan membuat Anda cepat cemas sehingga saat menghadapi soal-soal yang mudah akan terasa sulit.

Hal ini terjadi karena otak Anda tidak bekerja secara maksimal. Kurang istirahat menyebabkan konsumsi oksigen ke otak menyusut dan kinerja otak juga melambat. Kurangnya kinerja otak akan membuat Anda sering blank dan bingung dalam membaca soal. Anda bekerja 2x untuk membaca ulang dan memahami soal-soal pada soal ujian matematika.

Istirahat yang cukup

Panduan untuk tenang dan konsentrasi saat ujian nanti adalah Anda harus memiliki tubuh yang bugar. Oleh karena itu, Anda sangat membutuhkan istirahat yang cukup. Anda tidak boleh begadang dan Anda tidak boleh melakukan aktivitas yang akan menguras energi Anda terlalu banyak.

Usahakan, satu minggu sebelum ujian, Anda memiliki jadwal tidur yang tepat. Usahakan untuk tidur dan bangun tepat waktu. Situs Video Quipper menyarankan Anda untuk tidur lebih awal, yaitu jam 9 malam sehingga Anda bisa bangun jam 6 pagi dengan perasaan segar.

Kemudian, ketika Anda bangun nanti, cobalah untuk melakukan sedikit pemanasan sebelum mandi. Hal ini perlu Anda lakukan agar tubuh Anda bisa lebih rileks. Dapatkan waktu tidur yang teratur dua minggu sebelum ujian. Dengan demikian, ketika hari ujian tiba, tubuh Anda telah menyesuaikan diri dengan jadwal tidur yang baru.

Persiapkan Semua Kepentingan Ujian Terlebih Dahulu

Kamu benar-benar harus belajar agar bisa menghadapi ujian dengan mudah. Namun, ada persiapan lain yang tak kalah penting, yakni seluruh perlengkapan ujian, mulai dari buku catatan hingga kartu ujian.

Anda harus sudah mempersiapkan segala keperluan untuk ujian agar tidak ada yang ketinggalan saat menuju tempat ujian. Pastikan semua minat Anda lengkap dan ada di tas Anda.

Alangkah baiknya, semua perlengkapan ini sudah Anda siapkan di tas Anda satu minggu sebelum ujian. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencari hal-hal penting tersebut. Saat pagi menjelang ujian, kamu hanya perlu mengambil tas dan langsung berangkat ke sekolah dengan tenang.

Pelajari Teknik Relaksasi Diri

Bimbing ketenangan dan konsentrasi selama ujian setelah itu dengan belajar relaksasi diri. Pelajari teknik relaksasi jika itu cukup berguna untuk menenangkan pikiran Anda saat mendekati ujian. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih tenang dan rileks sehingga semua ketakutanmu saat menghadapi ujian bisa hilang.

Jika ada banyak variasi teknik relaksasi diri yang bisa Anda terapkan. Namun, rekomendasi Situs Video Quipper adalah mencoba teknik yang sesuai dengan karakter Anda. Sebab, setiap orang memiliki titik relaksasi yang berbeda-beda. Jika Anda menerapkan teknik relaksasi yang salah, itu tidak akan berguna bagi Anda.

Ketahui dulu hal-hal apa yang bisa membuat Anda rileks. Untuk mengenalnya, Anda hanya perlu mengingat rutinitas Anda saat sedang cemas. Ada banyak teknik umum yang bisa Anda terapkan saat Anda merasa cemas. Tekniknya seperti menarik napas dalam-dalam, memejamkan mata, dan berhenti berpikir sejenak.

Makan dan Minum Yang Cukup Sebelum Ujian

Sebelum ujian, jangan lupa sarapan. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup, Anda akan memiliki energi yang cukup untuk mengerjakan soal-soal ujian. Saat perut terasa penuh dan rasa haus hilang, fokus jadi lebih baik, lho.

Tapi ingat jangan berlebihan. Jika kondisi Anda terlalu penuh, tidak menyelesaikan masalah secara maksimal, akan membuat Anda mengantuk. Jangan minum terlalu banyak jika tidak ingin bolak-balik ke kamar kecil.

Cukup dengan sarapan Anda dengan menu yang baik dan minum secukupnya, misalnya dengan 2 cangkir roti dan satu gelas susu. Dengan jatah seperti ini, perut juga minim 'kekenyangan' tapi tidak begitu kenyang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

7 Cara Menghadapi Interview Kerja

4 Cara Negosiasi Gaji Untuk Fresh Graduate

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image