Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Asma Sya'bania

Angka Penularan COVID Turun, Presiden Perbolehkan Masyarakat Buka Masker di Ruang Terbuka

Info Terkini | Friday, 03 Jun 2022, 20:56 WIB
Angka Penularan COVID Turun, Presiden Perbolehkan Masyarakat Buka Masker di Ruang Terbuka.

Diketahui sejak tahun 2020, dunia dilanda wabah penyakit yang menyerang hampir semua negara. Penyakit ini hampir menyerang seluruh penduduk dunia dengan pularang yang begitu cepat, bahkan dalam satu minggu saja bisa memakan lebih dari ratusan hingga ribuan nyawa. Disaat situasi yang genting banyak negara melakukan lockdown, dengan memberhentikan semua aktivitas yang ada di luar baik dunia perindustrian,ekonomi, dan lain sebagainya untuk mencegah penyebaran yang meluas.

Kemudian seiring berjalanya waktu,mulai banyak penanganan tentang wabah penyakit ini, bahkan terdapat tes untuk mendeteksi apakah seseorang terkena COVID-19 ini dengan waktu yang cepat padat diketahui, rumah sakit dan tenaga medis mulai digerakan dan diperluas, agar dapat menangani banyak orang yang terinfeksi penyakit ini, dan titik terang nya ditemukan vaksin COVID-19 dan diadakan gerakan vaksinasi gratis tiap kota dengan distribusi vaksin yang cepat, sehingga dapat menekan angka penyebaran virus ini dengan cepat.

Pada tahun 2021 akhir-2022, virus ini mulai turun, dengan adanya vaksinasi dan aturan taat protokol kesehatan, dan aktivitas masyarakat mulai pulih, ekonomi mulai berjalan kembali, pendidikan mulai diberlakukan tatap muka, bahkan warga indonesia diperbolehkan untuk keluar negeri, di beberapa negara sudah memperbolehkan untuk turis masuk ke negaranya. Dengan menurunnya angka Covid di indonesia dan beberapa negara yang lainnya, merupakan awal mula aktivitas diluar rumah dibebaskan, dan diberhentikannya pembatasan kehidupan sosial.

Penurunan angka wabah Covid di indonesia ini membuat presiden indonesia membuat aturan, diperbolehkannya melepas masker pada area terbuka, dilansir dari video liputan6, “jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun untuk kegiatan di ruang tertutup dan transportasi publik tetap hari menggunakan masker”, perkataan Jokowi dikutip dari video liputan6, Selasa (17/5/2022). Dalam perkataannya ini Jokowi hanya memperbolehkan membuka masker pada ruang terbuka saja, tetapi pada ruang tertutup dan fasilitas publik lainnya tetap memakai masker.

Aturan ini digagaskan oleh presiden Jokowi karena, tidak mau mengambil tindakan secara langsung untuk melepas masker secara langsung,karena saat ini masih masa transisi yang memiliki kemungkinan untuk melonjaknya angka Covid kembali dan juga dalam kebijakan ini dijadikan sebagai acuan dalam evaluasi kedepannya.

Dengan adanya aturan membuka masker pada ruang terbuka ini menjadikan sebuah kabar gembira bagi masyarakat indonesia, dengan ini juga negara Indonesia mulai pulih dan bangkit kembali dan dengan cepat ataupun lambat akan menjadi normal kembali. Tetapi dengan adanya aturan ini buka serta-merta kita harus menyepelekan dengan membuka masker dimanapun kita harus tetap taat dan menjaga protokol kesehatan agar tidak terjadi gelombang susulan wabah ini.

Sumber :

Harahap Andini, 2020. UPAYA MEMUTUSKAN RANTAI PENULARAN COVID-19.

https://youtu.be/zU57Oez3hbY

(Breaking! Masih Pandemi, Jokowi Bolehkan Buka Masker di Area Terbuka | Liputan6/vidio bersumber dari luputan6)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image