5 Cara Terbaik Melakukan Aktivitas Tanpa Batas, Lingkungan Bersih Bebas Sampah

Image
Silvia Putri
Eduaksi | Saturday, 28 May 2022, 07:37 WIB

Bicara tentang masalah sampah, mulai dari pemilahan sampah rumahan, membuang sampah pada tempatnya sampai pada bank sampah atau pun pembuangan akhirnya bukan lagi hal yang tabu. Bukan lagi persoalan harus seperti apa dan bagaimana. Karena sebenarnya, permasalahan ini bukan permasalahan baru. Tapi, permasalahan lama yang belum selesai sampai sekarang.

Saya melihat bahwa kita, sebagai individu ataupun sosial seharusnya dapat bertindak lebih untuk membuat lingkungan hidup yang lebih baik. Melakukan aktivitas tanpa batas untuk menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan sekitar dimana kita hidup, tinggal dan bersosialisasi bahkan berkontribusi untuk lingkungan.

Tidak seharusnya kita menyalahkan pemerintah maupun lembaga jika masih membuang sampah ke kali, tidak memisahkan sampah rumah yang produksi baik secara langsung maupun tidak langsung dan sebagainya. Seharusnya, jika bisa mulailah dengan diri sendiri seperti melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat, yaitu

List komunitas lingkungan yang wajib diikuti

Melakukan list komunitas bertujuan untuk melihat satu persatu komunitas mana yang cocok untuk kamu ikuti. Dalam arti, bahwa kamu bisa menemukan teman-teman yang memiliki visi dan misi yang sama untuk peduli lingkungan. Jika di lihat di media sosial, ada banyak komunitas lingkungan yang semua berkontribusi secara nyata untuk membuat lingkungan menjadi lebih baik. Kamu dapat memilih satu dari sekian banyak dan mulai berkontribusi nyata dengan mereka. Baik secara online maupun offline.

Ikut kegiatan Lingkungan

Jika kamu sudah menemukan komunitas mana yang sesuai dengan diri kamu. Maka waktunya melihat kegiatan apa yang mereka lakukan dan dapat kamu ikuti. Kegiatan tersebut dapat dilakukan secara online maupun offline. Contohnya kegiatan offline seperti bakti sosial, camping bersama atau kegiatan online seperti memvideokan dan mempublikasikannya di media sosial tentang kegiatan memilih sampah di rumah. Untuk kegiatan onlinenyanya, pastikan internet keluarga kamu dalam keadaan stabil. Sehingga tidak membuat kamu keki dalam upload video tersebut. Simple bukan?

Pisahkan Sampah

Kegiatan yang paling mudah kamu lakukan adalah memisahkan sampah. Baik itu di rumah ataupun di lingkungan sekitar. Jika di rumah, kamu dapat memisahkan sampah medis, sampah organik (ini bisa jadi kompos), sampah daur ulang (ini bisa dikelola bank sampah) dan sampah yang tidak dapat diolah kembali. Kamu juga bisa mencari Bank sampah online yang sesuai sesuai kebutuhan. Bank sampah akan mengangkut sampah kamu sesuai dengan yang sudah kamu pisahkan. Kamu dapat mencari tahu lebih lanjut via online.

Bawa minum dari rumah

Hal lain yang paling mudah adalah pastikan untuk membawa air minum dari rumah. Kamu dapat mengurangi sampah plastik dari sini. Jika air isi ulang kamu habis, kamu dapat mengisi ulang di beberapa tempat. Di pusat perbelanjaan ada store Body Shop.

Aktivitas Tanpa Batas Bersama Keluarga

Lakukan aktivitas tanpa batas di rumah saja bersama keluarga. Bermain dengan keluarga tidak harus ke pusat perbelanjaan setiap minggu ataupun jalan-jalan ke tempat lainnya untuk bermain. Lakukan kegiatan menyenangkan dengan anak seperti berkebun, memasak, mengajak anak membersihkan rumah dan dapat diakhiri dengan bersantai bersama keluarga sambil nonton tv. Serial korea, barat ataupun kartun via Netflix, Hostar, HBO ataupun Apple Tv. Kamu bisa mendapatkan paket-paket dari aplikasi nonton tersebut di IndiHome dari TelkomGroup. Tanpa harus ribet bayar satu persatu.

Dengan melakukan kegiatan yang dapat membuat lingkungan bersih dan bebas sampah memang tidak mudah. Perlu usaha dan kerja keras untuk saling mengingatkan dan membantu menciptakannya. Tapi hal ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin ataupun mustahil. Hanya saja butuh waktu dan masa yang lebih banyak. Karena itu, sebagai makhluk sosial ada baiknya kita yang lebih dulu sadar yang memulai. Tidak perlu menunggu orang lain untuk memulai.

Mulailah dari diri sendiri, lalu rumah sehingga dapat dengan lebih bebas dan berbaur dengan lingkungan sekitar. Dengan begitu kita dapat lebih mudah menciptakan lingkungan yang ramah bagi semua orang. Mengurangi sampah rumahkan, polusi udara bahkan membuat iklim kembali menjadi lebih baik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Observer, Reader, Listener, Storyteller, Traveler Food Lover

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Netflix MOD APK Download Versi Terbaru 2022, Premium Unlocked!

Image

Tips Cara Menggunakan Website Savefrom.Net

Image

X2Download: Situs Baru Download Video MP4 YouTube 4K Quality

Image

KKN-T 21 GELAR WORKSHOP PENTINGNYA PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN BAGI PELAKU UMKM

Image

Seberapa Pentingkah Bahasa Inggris di Masa Depan?

Image

Guru Sekumpul, Ulama Terkenal Asal Martapura

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image