Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Waspada! 7 Ciri Ciri HP Disadap yang Akan Merugikan Anda

Teknologi | Monday, 27 Sep 2021, 17:05 WIB

Jika Anda seorang penyadap, Anda mungkin menjalani kehidupan yang lebih menyenangkan daripada orang kebanyakan. Anda mungkin dilengkapi dengan pakaian, mobil, senjata, dan gadget yang tidak dapat dibeli oleh kita semua. Dan Anda mungkin tahu lebih dari seseorang dengan pekerjaan yang lebih khas — berani kami katakan, membosankan — tentang keluar sebagai pemenang dalam pengejaran mobil, merampok museum seni tanpa tertangkap, muncul dari pertarungan tangan kosong dengan tidak lebih dari goresan yang ditempatkan dengan rapi, mendeteksi lorong rahasia, dan melacak target Anda melalui sarana berteknologi rendah dan berteknologi tinggi.

Tetapi tidak peduli seberapa terampil Anda dalam memilih kunci dan memecahkan kode, ada hambatan dalam apa yang bahkan Anda akui sebagai pekerjaan impian Anda sejak kecil. Dan itulah fakta bahwa cara sadap HP yang dilakukan mungkin tidak selalu tahu kapan lawan Anda, saingan Anda, atau penjahat lain yang tidak ditentukan menyadap Anda. Kami tidak berbicara tentang pengawasan pemerintah, tetapi pengawasan oleh orang-orang jahat dengan SUV yang lebih besar, lemari pakaian yang lebih istimewa, lebih banyak antek, dan cerita latar yang lebih tragis daripada penyadap yang baik.

Anda mungkin sudah menyadari pentingnya mematikan Wi-Fi dan Bluetooth saat Anda tidak menggunakannya, menghindari penggunaan aplikasi yang perlu mengetahui lokasi Anda, dan memastikan bahwa ponsel Anda tidak pernah jatuh ke tangan yang salah. Tetapi lawan yang canggih mungkin masih dapat menyadap telepon Anda, dan menutup kasing mungkin bergantung pada kemampuan Anda untuk menentukan apakah sesuatu yang mencurigakan sedang terjadi dengan telepon Anda. Pastikan Anda siap untuk tugas berikutnya dengan membiasakan diri dengan pengarahan berikut tentang tujuh tanda teratas bahwa ponsel Anda disadap. Jika Anda melihat satu atau lebih dari tanda peringatan berikut, pastikan untuk membuang ponsel Anda di selokan drainase, selokan, atau jalan raya yang sibuk secepat mungkin.

1. Perilaku aneh dan tidak terduga

Banyak tanda bahwa ponsel Anda disadap atau dilacak tidak kentara, bahkan sulit dideteksi. Tanda pertama mungkin rasa was-was yang samar-samar ketika Anda memeriksa pesan Anda. Atau Anda mungkin mulai merasa tidak nyaman saat mendengarkan pesan suara terbaru bos Anda — kegelisahan yang tidak terkait dengan tuntutan pekerjaan Anda yang tidak biasa. Atau, Anda mungkin melihat perilaku aneh di telepon Anda. Layar mungkin tiba-tiba menyala ketika Anda belum menyentuhnya, atau mungkin mulai mengeluarkan suara aneh, mati sendiri, atau berperilaku tidak menentu sehingga Anda tidak bisa mentolerir ketika pekerjaan dan gaya hidup Anda tidak dapat diprediksi.

2. Baterai terkuras berlebihan

Aplikasi berteknologi tinggi yang Anda perlukan untuk melacak target Anda atau menghindari sistem keamanan saingan Anda kemungkinan besar akan membebani baterai ponsel cerdas Anda. Namun jika ternyata baterai ponsel Anda tiba-tiba memiliki stamina yang kurang dari biasanya, itu mungkin pertanda bahwa lawan Anda telah memasang beberapa software yang sedang mengakses ponsel Anda. Namun, ingatlah bahwa ini lebih mungkin terjadi dengan spyware murah, daripada solusi mahal yang cenderung dipilih oleh penjahat kelas dunia. Jadi, kecuali jika lawan Anda adalah liga yang lebih kecil daripada liga utama — tidak mungkin mengingat posisi Anda di komunitas intelijen internasional — mungkin juga baterai yang terkuras adalah gejala ponsel yang menua secara alami. Taruhan terbaik Anda adalah menghubungi petugas permintaan Anda tentang penggantian.

3. Kebisingan latar belakang yang persisten

Khususnya di tempat-tempat dengan penerimaan seluler yang kurang ideal, kebisingan latar belakang pada panggilan telepon yang harus Anda lakukan dan terima adalah fakta kehidupan penyamaran. Itu berarti bahwa dalam banyak kasus, kebisingan latar belakang sesekali tidak perlu ditakuti. Tetapi kebisingan latar belakang yang terus-menerus dalam bentuk gema, statis, klik, suara, atau bip mungkin merupakan tanda bahwa seseorang mendengarkan panggilan Anda. Seperti penyamaran yang tidak lagi berguna dan menjadi kewajiban, atau mayat yang harus dibuang, ini adalah ponsel yang ingin Anda tinggalkan, dan secepat mungkin.

4. Teks aneh

Anda seorang penyadap dan operator kelas dunia, jadi SMS aneh dan panggilan tidak biasa adalah bagian dari pekerjaan. Tetapi jika Anda mulai melihat pesan teks yang sangat aneh — pesan dengan karakter acak dan simbol aneh — itu bisa menjadi petunjuk bahwa lawan atau saingan Anda sedang mengetuk telepon Anda. Aplikasi sadap HP yang dapat mengontrol ponsel Anda dari jarak jauh sering kali mengirimkan pesan teks berkode ke ponsel Anda, dan jika aplikasi tersebut tidak berfungsi, Anda mungkin dapat melihat beberapa pesan. Jika teks aneh menjadi kejadian biasa, itu mungkin petunjuk bahwa ponsel Anda disadap. Kecuali jika rencana besar Anda melibatkan membiarkan lawan berpikir bahwa dia diam-diam menyadap lokasi atau komunikasi Anda, ini mungkin adalah akhir dari perjalanan Anda dan ponsel cerdas Anda.

5. Penggunaan data yang tidak terduga tinggi

Tagihan data yang lebih curam dari perkiraan kemungkinan merupakan kekhawatiran Anda yang paling kecil ketika Anda memiliki penjahat yang dekat di jalur Anda atau Anda harus menyelamatkan dunia dari bom waktu yang terus berdetak. Tetapi jika ponsel Anda tiba-tiba menggunakan lebih banyak data daripada biasanya, itu mungkin tanda bahaya (kecuali gim Minecraft , Pokémon GO , atau gim apa pun yang populer di kalangan pria dan wanita internasional selama berjam-jam ). Beberapa spyware akan menggunakan data ekstra untuk mengirim data yang dikumpulkannya kepada siapa pun yang melacak pergerakan Anda — meskipun sekali lagi, ini lebih sering terjadi pada program murah daripada aplikasi canggih. Peningkatan penggunaan data yang tiba-tiba dan signifikan mungkin merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah, dan jika Anda ingin tetap selangkah lebih maju dari lawan Anda, Anda harus segera mengganti ponsel Anda.

6. Suhu ponsel tinggi

Saat Anda menjalankan bisnis berisiko tinggi di kota asing atau mencoba untuk tidak terdeteksi di fasilitas lawan, mungkin bukan prioritas tertinggi Anda untuk mengawasi apa yang dilakukan ponsel Anda. Tetapi jika Anda menduga ponsel Anda disadap, pastikan untuk memeriksa suhunya secara berkala, saat Anda melakukan hal lain. Jika ponsel terasa panas saat disentuh, mungkin ponsel Anda terus menjalankan aplikasi yang belum Anda otorisasi — sesuatu yang tidak ingin Anda tangani saat Anda mencoba menempatkan orang jahat di balik jeruji besi.

7. Rahasia yang bocor

Meskipun lebih baik bagi penyadap atau agen rahasia untuk mendeteksi telepon yang disadap sebelum situasinya terjadi, Anda mungkin menyadari bahwa seseorang menyadap telepon Anda hanya ketika rahasia dan informasi pribadi Anda bocor. Jika keberuntungan ada di pihak Anda, ini tidak akan berubah menjadi skandal publik atau mengakhiri karir Anda dengan memalukan. Jika Anda curiga seseorang sedang menyadap ponsel Anda, Anda dapat menguji teori Anda dengan membagikan informasi palsu melalui pesan atau panggilan — meskipun bos Anda mungkin lebih suka Anda mendapatkan ponsel baru daripada bermain-main dengan lawan yang berbahaya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image