Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image muhamad ahwas

Tips Untuk Menhindari Gagal Panen dan Memaksimalkan Profit Agar Tidak Bangkrut

Info Terkini | Tuesday, 24 May 2022, 14:56 WIB
Source : freepik
Source : freepik

Sistem pertanian di Indonesia yang masih sangat bergantung dengan alam, membuat fenomena gagal panen masih sering terjadi. Penyebabnya bisa karena hama yang dominan menyerang saat musim penghujan berkepanjangan. Belum lagi ada lahan yang terendam banjir. Tapi bila musim kemaraunya terlalu panjang juga akan membuat lahan petani kering dan berpotensi gagal panen. Seperti yang terjadi pada periode Januari – Juli 2019, setidaknya lahan seluas 31 ha mengalami gagal panen akibat kekeringan (puso). Luasan tersebut setara dengan 0,32% dari total luas lahan tanam padi di Indonesia yang tercatat sebesar 9,46 juta ha. Daerah yang mengalami gagal panen terparah berada di Provinsi Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Ikut program asuransi usaha tani

Masih tingginya potensi gagal panen di Indonesia bisa diantisipasi dengan Anda mengikuti program asuransi usaha tani. Memang apa keuntungannya? Ya, asuransi ini akan memberi ganti rugi bila lahan Anda mengalami gagal panen sehingga dapat meminimalisir kerugian. Asuransi akan mengcover biaya ganti rugi bila faktor penyebab gagal panennya adalah karena perubahan iklim/faktor cuaca ekstrim, bencana alam, dan juga akibat serangan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Penggunaan teknologi pertanian saat berbudidaya

Penggunaan teknologi pertanian dapat memacu produktivitas petani dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Meski penggunaannya masih minim, teknologi pertanian seperti alat pendeteksi cuaca, pengukur pH, dan alat pengukur kelembapan tanah berguna untuk mendorong kesuksesan usaha petani, lho! Kenapa? Ya, dengan petani lebih dulu tau soal kondisi cuaca di daerahnya, mereka dapat menyesuaikan kebutuhan tanam sesuai kondisi tersebut agar tidak banyak tanaman yang terserang OPT dan mengurangi potensi kegagalan.

Memiliki kalender (jadwal) tanam

Sebagai bentuk antisipasi dari terjadinya perubahan iklim yang semakin tidak menentu dan sulit diprediksi, pemerintah meluncurkan Kalender Tanam (KATAM) yang bisa diakses secara gratis oleh para petani melalui aplikasi Katam Terpadu.

Sumber Artikel Lengkap Telah Tayang di : https://blog.crowde.co/tips-hindari-gagal-panen/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image