Tips Untuk Menhindari Gagal Panen dan Memaksimalkan Profit Agar Tidak Bangkrut

Image
muhamad ahwas
Info Terkini | Tuesday, 24 May 2022, 14:56 WIB
Source : freepik
Source : freepik

Sistem pertanian di Indonesia yang masih sangat bergantung dengan alam, membuat fenomena gagal panen masih sering terjadi. Penyebabnya bisa karena hama yang dominan menyerang saat musim penghujan berkepanjangan. Belum lagi ada lahan yang terendam banjir. Tapi bila musim kemaraunya terlalu panjang juga akan membuat lahan petani kering dan berpotensi gagal panen. Seperti yang terjadi pada periode Januari – Juli 2019, setidaknya lahan seluas 31 ha mengalami gagal panen akibat kekeringan (puso). Luasan tersebut setara dengan 0,32% dari total luas lahan tanam padi di Indonesia yang tercatat sebesar 9,46 juta ha. Daerah yang mengalami gagal panen terparah berada di Provinsi Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Ikut program asuransi usaha tani

Masih tingginya potensi gagal panen di Indonesia bisa diantisipasi dengan Anda mengikuti program asuransi usaha tani. Memang apa keuntungannya? Ya, asuransi ini akan memberi ganti rugi bila lahan Anda mengalami gagal panen sehingga dapat meminimalisir kerugian. Asuransi akan mengcover biaya ganti rugi bila faktor penyebab gagal panennya adalah karena perubahan iklim/faktor cuaca ekstrim, bencana alam, dan juga akibat serangan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Penggunaan teknologi pertanian saat berbudidaya

Penggunaan teknologi pertanian dapat memacu produktivitas petani dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Meski penggunaannya masih minim, teknologi pertanian seperti alat pendeteksi cuaca, pengukur pH, dan alat pengukur kelembapan tanah berguna untuk mendorong kesuksesan usaha petani, lho! Kenapa? Ya, dengan petani lebih dulu tau soal kondisi cuaca di daerahnya, mereka dapat menyesuaikan kebutuhan tanam sesuai kondisi tersebut agar tidak banyak tanaman yang terserang OPT dan mengurangi potensi kegagalan.

Memiliki kalender (jadwal) tanam

Sebagai bentuk antisipasi dari terjadinya perubahan iklim yang semakin tidak menentu dan sulit diprediksi, pemerintah meluncurkan Kalender Tanam (KATAM) yang bisa diakses secara gratis oleh para petani melalui aplikasi Katam Terpadu.

Sumber Artikel Lengkap Telah Tayang di : https://blog.crowde.co/tips-hindari-gagal-panen/

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Image

Apa sih itu Kebidanan? Apakah Bidan Berperan dalam Komsel kepada Pasien

Image

Bersama AFKSI, FK UMP Gelar Webinar Penanganan Stunting

Image

Sisfo Salurkan Bansos Korban Longsor Parangloe

Image

Tips Belajar Menjadi Sukses di Bisnis Event Organizer

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image