3 Waktu yang di Larang Islam dan Medis untuk Mandi, berhati-hatilah

Image
Livia 04
Agama | Tuesday, 24 May 2022, 13:24 WIB

Mandi itu kebutuhan kita semua. Mandi adalah salah satu cara kita untuk membersihkan diri dari kuman. Selain itu, mandi juga dapat membersihkan najis yang menempel di badan. Tidak hanya itu, mandi membuat badan menjadi segar. Sehingga, beberapa ibadah dalam islam dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Tapi Sebagian orang tidak terlalu memahami betapa pentinganya mandi sehingga mereka tidak suka melakukannya dengan rutindil

Dilarang mandi 3 waktu ( sumber: pexels. Com)

Dalam hadist juga menyebutkan bahwa “ KEBERSIHAN SEBAGIAN DARI IMAN “ yang artinya dengan kita menjaga kebersihan sama saja dengan kita menjaga Kesehatan dan keimanan. Berikut hukum mandi yang ada didalam agama islam:

1. Mandi wajib sama saja dengan mandi besar yang merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak lain bertujuan untuk membersihkan diri sebelum melaksanakan suatu ibadah. Dengan begitu, ibadah dapat dilakukan dengan sah dan baik di hadapan Allah.

2. Mandi sunah adalah menyucikan seluruh tubuh yang tidak bersifat wajib. Seperti namanya, hukum mandi sunah adalah sunah yang artinya mendapat pahala saat dikerjakan, tapi tidak apa-apa atau tidak mendapat dosa saat tidak dikerjakan.

Mandi adalah cara untuk membersihkan badan sekaligus dapat membuat badan kembali segar. Namun terdapat tiga waktu menurut Islam dan medis yang kita dilarang untuk mandi. Selain memahami pentingnya mandi, ada satu hal lagi yang harus kita perhatikan, yakni waktu mandi.

Namun tahukah kalian bahwa ada tiga waktu yang dimana di dalam islam dan medis kita dilarang mandi karena dapat mengganggu Kesehatan dalam jangka waktu yang panjang. Menurut pakar Kesehatan mandi pada tiga waku ini tidak di anjurkan karna pada waktu-waktu tersebut kondisi jantung sedang melemah dan bisa mengakibatkan kematian mendadak. Lantas waktu inilah yang dilarang di dalam islam dan medis:

1. 30 menit setelah salat asar

Pada waktu ini, kondisi darah dalam tubuh sedang panas. Sehingga jika kita mandi, maka dapat mengakibatkan rasa lelah dan letih.

2. Setelah Magrib

Mandi setelah Magrib juga termasuk dilarang, karena kondisi jantung pada saat itu mulai lemah. Selain itu, mandi pada saat itu juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru basah.

3. Sesudah Isya’ hingga Jam 12 Malam

Sesudah Isya merupakan waktu di mana jantung kita beristirahat. Mandi pada saat itu akan menyebabkan kerusakan jantung.

Jika ada waktu yang dilarang pasti ada waktu yang dianjurkan untuk mandi karena terdapat manfaat tersendiri untuk tubuh. Inilah waktu mandi yang dianjurkan:

1. Mandi pada waktu subuh maupun sebelum subuh

Mandi pada waktu itu sangat direkomendasikan, karena kandungan ozon dalam air lebih tinggi sehingga membuat badan lebih segar dan lebih awet muda.

2. Mandi pada waktu Ashar

Mandi setelah bangun tidur siang akan membuat tubuh lebih segar. Selain itu, mandi pada waktu ashar juga membuat kekebalan tubuh lebih meningkat sehingga kita tidak mudah terkena penyakit.

Semoga pembahasan ini dapat membantu kita lebih menjaga kebersihan dan Kesehatan tubuh. SEMOGA BERMANFAAT.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mengenal Iman dalam Trilogi Ajaran Islam

Image

Pemuda Katolik Dorong Pemerintah Mahakam Ulu Lebih Peduli Terhadap Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

Image

Forum Pencak Silat Desa Sidoharjo Klaten, Bantu Korban Gempa Cianjur Gerobak Dorong

Image

Strategi Perbankan Syariah dalam Menghadapi Resesi 2023

Image

Prihatin Nasib Korban Gempa Cianjur, Mapala Kompas Pagar Alam Kirim Bantuan

Image

Aliansi Mahasiswa UMSB Kirim Bantuan ke Korban Gempa Cianjur

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image