Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Samin M. IP

Ayam Pop Citarasa Sesungguhnya Ada di Bukit Tinggi

Kuliner | Saturday, 25 Sep 2021, 10:23 WIB
Ayam POP yang tersedia di Rumah Makan Sederhana. foto-foto pribadi

Padang Sumatera Barat yang terkenal kulinernya dengan masakan Rendang, membuat dunia menjadikan Rendang salah satu makanan terlezat di Dunia. Sehingga, Sumatera Barat terkenal di mata dunia dengan masakan Padangnya.

Sumbar tidak hanya terkenal dengan masakan rendangnya saja, akan tetapi banyak makanan khas lainnya yang dimiliki oleh Sumbar. Bahkan diberbagai daerah baik itu Kabupaten atau Kota, memiliki makanan khas tersendiri yang tak kalah lezatnya dibandingkan Rendang.

Salah satu makanan lezat lainnya yang dimiliki Sumbar yakni Ayam Populer, yang lebih terkenal disebut dengan masakan Ayam POP. Dimana Ayam POP ini, sudah populer dan sudah dinikmati oleh masyarakat di Indonesia bahkan Mancanegara. Sebab Ayam POP sudah gampang ditemui di warung-warung Padang yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan salah satu rumah makan Padang Sederhana menyediakan makanan khas dari Bukit Tinggi ini yakni Ayam POP.

Asal muasal dari Ayam POP ini berawal dari salah satu rumah makan yang ada di Bukit Tinggi yang berlokasi di Benteng Indah, yakni rumah makan family Benteng Indah. Dimana citarasa khas sesungguhnya ada di Rumah Makan ini, Ayam POP merupakan masakan Ayam kampong yang telah direbus kemudian digoreng sebentar ditambah ada olahan sambal menambah nikmatnya Ayam POP.

Ayam POP sebenarnya merupakan ayam goreng namun jelas berbeda dengan masakan ayam goreng biasanya, dari sekilah ayam ini seperti masih mentah dan pucat dengan tampilan sederhana. Namun setelah dirasakan, rasanya sangat lezat, empuk dan rasa ayamnya sangat berbeda dengan rasa ayam kampong yang ada. Lidah kita serta kunyahan ayam serasa enggan untuk kita telan, karena ingin berlama-lama dalam kunyahan sebab sangking lezatnya masakan Ayam Pop tersebut.

Menariknya, Ayam Pop yang ada di Rumah Makan Family ini dari dulu hingga sekarang citarasanya sama dan tidak pernah berubah. Namun sayangnya, resep turun temurun pembuatan Ayam Pop ini masih sangat rahasia. Kita hanya bisa untuk melihat dapur rumah makan dalam memasak dan pengolahan Ayam Pop ini. Namun kalau kita mau belajar resep olahan dalam membuat Ayam Pop ini, rumah makan tersebut tidak akan berbagi rahasia dalam membuat resep pembuatan Ayam Pop.

Ayam POP juga dilengkapi dengan jajakan kuah. foto-foto pribadi

Dari versi lain, ada yang mengatakan bahwa resep pembuatan Ayam Pop ini sangat sederhana, dimana Ayam Kampung yang telah dipisah-pisahkan kemudian direbus dengan bumbu seperti Bawang Putih, Bawang Merah, Jeruk Nipis, Daun Salam, Lengkuas dan Garam. Setelah itu Ayam direbus dengan menggunakan air kelapa yang diyakini untuk menambah rasa gurih pada ayam tersebut.

Setelah direbus kemudian diangkat dan air dibiarkan mengering, kemudian ayam ditiris dan digoreng sebentar dengan menggunakan minyak goreng. Cara penyedian Ayam Pop disajikan dengan Daun Singkong, Kacang Panjang rebus dan sambal sebagai pelengkap.

Sambal yang disajikan bersama Ayam Pop ini bukan sambal seperti sambal masakan Padang biasanya, dimana sambal berwarna oranye yang cukup menyala. Sambal terbuat dari bahan Cabai, Tomat dan Bawang Merah yang digiling halus kemudian dimasak dengan rasa yang tidak terlalu pedas namun sedikit asam. Maka jangan heran ketika anda sedang menikmati Ayam Pop ini 3 sampai 5 potong tidak terasa habis sekali makan.

Bagi anda yang ingin mencicipim dan mencari Ayam Pop tidaklah sesulit dan tidak harus mengunjungi Bukit Tinggi Sumatera Barat, saat ini Ayam Pop bisa kita temui dirumah makan yang ada di seluruh Tanah Air Indonesia. Mencari makananAyam Pop sama mencari makanan Rendang, dimana rumah makan Padang selalu menyediakan Ayam Pop ini.

Namun tak ada salahnya, jika anda mengagendakan untuk berlibur di Sumatera Barat jangan lupa memasukan perjalanan ke Kota Bukit Tinggi. Disamping anda bisa melihat wisata Jam Gadang dan beberapa wisata yang ada di Kota Bukit Tinggi, anda juga dapat mencicipi kulinerkhas dengan citarasa sesungguhnya Ayam Pop yang berawal dari rumah makan family di Kota Bukit Tinggi. Anda tidak akan susah untuk mencari lokasi penjualan kuliner Ayam Pop pertama di Bukit Tinggi ini, sebab rumah makan ini sudah sangat terkenal dan banyak dikunjungi para pecinta kuliner dan makanan.

Penasaran seperti apa nikmatnya Ayam Pop? Anda bisa langsung mencari rumah makan Padang yang menjual khas masakan Ayam Pop, dan jika anda ingin merasakan citarasa sesungguhnya asal muasal masakan Ayam Pop. Ayo berkunjung ke Sumatera Barat, tepatnya ke Kota Bukit Tinggi. Dijamin anda akan ketagihan setelah menikmati rasa Ayam Pop. Salam (****)

Ketika anda sudah mencoba, tak akan satu atau dua potong yang akan anda coba. Bisa sampai lima potong. foto-foto pribadi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image