Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Atrasina Kiyasatina

Raih Masa Depan Ceria Usai Pandemi

Lomba | Friday, 24 Sep 2021, 22:52 WIB

Tak terbantahkan dan pasti semua setuju bahwa pandemi Covid-19 adalah bencana bagi dunia. Pandemi Covid-19 telah membunuh banyak orang dan menghantam sistem perekonomian serta sektor lainnya di seluruh penjuru negeri, ironisnya tidak ada negara dan komunitas manapun yang tak terdampak, pandemi merenggut semua kebahagiaan dan ketentraman dalam sekejap mata.

Covid-19 telah banyak mengubah dunia dalam berbagai aspek, kota-kota yang tadinya ramai hening seketika, manusia pun saat ini semakin ekstrim akan ketergantungannya pada perangkat digital, alhasil kita dibingungkan dengan masa depan, akan jadi apa kita nanti setelah pandemi ini berakhir?. Pertanyaan ini seakan menampar kita pada kenyataan bagaimana dan akan jadi apa kita nanti setelah semua ini selesai, karena pada realitasnya masa depan yang diinginkan semua umat manusia terhalang oleh kejamnya wabah ini.

Semua dipusingkan dengan keadaan yang semakin tak terkendali, seluruh aspek kehidupan dibuat mati saat wabah ini muncul dan semakin merajalela, terlebih keadaan ini membuat para generasi bangsa seperti para pelajar yang masih harus banyak menyerap ilmu di sekolah harus pindah haluan dengan sistem baru yaitu sekolah online, para pekerja pun banyak terkena PHK karena sistem ekonomi yang tidak stabil mengharuskan para pelaku usaha ekonomi mencari cara dengan mengurangi personil pekerja mereka.

Sungguh miris kehidupan yang kita jalani saat ini, berbagai kebijakan baru pun diterapkan untuk menghadapi krisis pandemi ini contohnya seperti social distancing, memakai masker, pemberian vaksin dan lainnya. Kebiasaan baru ini telah mengubah tatanan baru dalam kehidupan dunia, kita dibuat seolah tak berdaya dan harus bersanding dengan realitas masa kini. Ironis memang kehidupan saat ini namun, sekarang bukan saatnya untuk berkeluh kesah dan menangisinya, kita harus bangkit berdiri walaupun dengan cara tertatih sekalipun.

Memiliki masa depan yang sukses dan bahagia adalah cita-cita seluruh umat manusia di dunia, namun faktanya sebelum adanya pandemi saja terkadang kita bingung memikirkan masa depan, pertanyaan seputar cari kerja dimana dan sebagainya terlalu memusingkan untuk dipikirkan terlebih melihat situasi saat ini, bagaimana mencari kerja, untuk keluar rumah saja pergerakannya dibatasi, kejam memang tapi itu faktanya dan kita harus berlapang dada untuk menerimanya.

Beragam istilah pembatasan sosial di mulai dari PSBB hingga PPKM sudah menjadi hal yang biasa saat ini, kebijakan ini cukup membantu mengurangi rantai penularan virus Covid-19. Sekarang pun sudah diberlakukan sekolah tatap muka untuk daerah yang sudah berada dalam zona aman, tetapi disamping itu kewaspadaan kita akan virus ini harus tetap terjaga, karena kita tidak bisa menampik virus ini akan datang kapan saja dan dalam waktu yang tak bisa kita tentukan.

Jikalau pandemi ini usai banyak harapan yang harus dilanjutkan, mungkin saat ini banyak cita-cita serta angan yang ingin dicapai tetapi terhalang oleh wabah ini, namun ketika semuanya selesai mari bersuka ria dan kembali berjibaku untuk melanjutkan perjuangan yang tertunda. Tidak mudah memang, kita lagi-lagi kembali dihadapkan dengan tantangan serta tatanan dunia baru setelah pandemi ini usai, benar bukan?, karena pada hakikatnya ketika ini semua selesai ada banyak persiapan yang harus kita siapkan untuk kembali menyambut dunia baru yang sehat dan damai.

Jikalau pandemi ini usai mungkin masa depan yang awalnya terlihat sulit dicapai akan sedikit mudah terealisasi, keramaian kota pun mungkin akan kembali, sedikit demi sedikit canda tawa serta tangis bahagia akan menghiasi, butuh sedikit waktu memang untuk mencapai itu semua namun, satu hal yang harus kita yakini adalah semua itu akan indah pada waktunya, hanya menunggu waktu yang pas sampai semuanya tiba.

Harapan serta doalah yang menjadi penguat saat ini, fokus kita sekarang adalah selalu menjaga kesehatan dan mematuhi seluruh kebijakan yang berlaku seperti prokol kesehatan dan lainnya, karena sesuatu yang besar dimulai dari hal yang kecil dengan kita menaati itu semua mungkin pandemi akan cepat usai dan kita bisa kembali bercengkrama dan bersuka ria menyambut dunia baru tanpa pandemi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image