Komitmen Guru Memberikan Pendidikan Maksimal Menjadi Kunci Membuat Bangsa Indonesia Kuat

Image
Alto Refa Chandra
Guru Menulis | Friday, 24 Sep 2021, 20:50 WIB
Sumber Gambar : pintek.id

Berbicara tentang dunia pendidikan, tentunya semua orang akan berpendapat bahwa pendidikan sangat penting bagi Negara Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan adalah kunci untuk meningkatkan kualitas para generasi muda agar dapat bersaing dengan sumber daya manusia Negara lain. Pendidikan berkualitas harus mereka dapatkan agar kompetensi dan pengetahuan yang dimiliki generasi muda dapat meningkat dengan tajam.

Namun untuk bisa meningkatkan kualitas generasi muda tidak dapat dilakukan dengan mudah, butuh metode pendidikan yang baik dan unggul untuk bisa mewujudkan mimpi tersebut. Apalagi dalam keadaan pandemi, kita tahu bahwa pendidikan di Negara Indonesia menjadi menurun kualitasnya karena masih belum bisa beradaptasi dengan metode pembelajaran baru.

Menyikapi hal ini, setiap guru dituntut untuk berkomitmen memberikan pendidikan maksimal dalam keadaan pandemi. Percayalah bahwa “Guru Hebat Bangsa Kuat”, komitmen guru memberikan pendidikan maksimal menjadi kunci untuk membuat bangsa Indonesia menjadi kuat. Setiap guru diminta untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensinya dalam memberikan pendidikan meskipun dalam keadaan pandemi sekalipun.

Aku benar-benar merasa kecewa jika mengetahui kenyataan pendidikan di Negara Indonesia menjadi menurun akibat pandemi. Bahkan jika diperbolehkan untuk berpendapat, aku akan menyatakan bahwa sudah seharusnya para generasi muda mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Tidak ada alasan bagi para guru untuk menurunkan kualitasnya, mereka memiliki kewajiban untuk bisa beradaptasi dalam memberikan pendidikan berkualitas meskipun dalam keadaan pandemi.

Sumber Gambar : tanotofoundation.org

Guru Indonesia harus berkomitmen tanpa batas dalam memberikan pendidikan, kualitas tinggi para generasi muda menjadi harga mati untuk diwujudkan. Aku sangat menyarankan kepada para guru Indonesia untuk bisa meningkatkan pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki. Percayalah bahwa guru menjadi contoh bagi setiap siswanya, kualitas tinggi yang dimiliki para guru akan dapat menginspirasi para siswa untuk meningkatkan kualitasnya juga.

Banyak pihak yang bertanya-tanya, apakah para guru bisa beradaptasi dalam keadaan pandemi? apalagi setiap guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi secara maksimal. Keadaan pandemi telah membuat banyak pihak meragukan kualitas para guru untuk bisa beradaptasi dalam memanfaatkan teknologi. Sungguh kualitas guru benar-benar di uji saat ini, mereka memiliki kewajiban untuk menunjukkan bahwa persepsi kebanyakan pihak adalah salah.

Memang tidak mudah dan membutuhkan perjuangan yang ekstra keras bagi para guru untuk memahami dan mengimplementasikan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Namun jika para guru memiliki niat dan tekad yang kuat, aku yakin hal ini akan menjadi lebih mudah untuk bisa diwujudkan. Sejujurnya aku merasa bahwa inilah waktu terbaik bagi para guru untuk memperjuangkan pendidikan di Negara Indonesia.

Pandemi tidak boleh lagi menjadi alasan, para guru harus berjuang dalam perkembangan zaman, segala tantangan harus bisa dihadapi dengan baik. Meskipun terdapat pandemi dan metode pembelajaran banyak yang berubah, para guru tetap memberikan pendidikan yang berkualitas kepada para generasi muda. Setiap guru harus percaya bahwa kecerdasan generasi muda adalah hal mutlak yang perlu diwujudkan agar bangsa Indonesia menjadi kuat.

Ketika melihat permasalahan yang terjadi secara lebih mendalam, tentunya kita semua akan sepakat bahwa tidak hanya guru yang perlu menyelesaikan permasalahan pendidikan di Negara Indonesia. Pemerintah Indonesia juga perlu turun tangan membantu para guru untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan, dengan adanya kolaborasi antara Pemerintah dan guru akan membuat permasalahan menjadi lebih mudah untuk bisa diselesaikan.

Sumber Gambar : kompas.com

Pendidikan secara tatap muka sudah tidak ada, pendidikan dilakukan secara daring di rumah masing-masing. Permasalahan yang dihadapi para guru dalam keadaan pandemi menurutku adalah kurangnya dalam segi fasilitas pendidikan, kurangnya pemahaman para guru dalam memanfaatkan teknologi dan sulitnya menyampaikan materi secara detail dan pendidikan virtual merupakan pengalaman baru bagi para guru.

Tetapi tenang saja, tidak hanya memberikan kritikan kepada pendidikan dan para guru di Negara Indonesia. Disini aku juga ingin memberikan solusi kepada para guru untuk bisa meningkatkan kualitasnya meskipun dalam keadaan pandemi. Aku berharap solusi yang aku berikan dapat membantu menyelesaikan permasalahan pendidikan di Negara Indonesia.

Solusi terbaik yang dapat dilakukan para guru adalah meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam bidang teknologi, merubah metode pembelajaran yang sesuai dengan sistem baru, memberikan materi yang mudah untuk dimengerti para siswa dan yang paling penting adalah tetap menjaga komunikasi dengan para siswa dan orang tua dalam rangka mengetahui apakah pendidikan yang diberikan sudah dapat dijangkau oleh para siswa atau belum.

Aku yakin bahwa pendidikan di Negara Indonesia akan menjadi lebih baik dibandingkan sekarang, namun dengan syarat para guru memiliki komitmen untuk melakukan perubahan dan perbaikan dalam memberikan pendidikan. Para guru dapat belajar dari berbagai buku, mereka juga dapat mengikuti pelatihan dengan harapan dapat membantu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu para guru harus mendiskusikan terkait metode pembelajaran yang diberikan agar dapat menentukan metode pembelajaran terbaik.

Percayalah bahwa aku memiliki harapan tinggi pada pendidikan Negara Indonesia, aku berharap para guru dapat membantu Negara Indonesia menjadi bangsa kuat. Disini aku ingin mengajak para guru untuk ikut berkontribusi dalam membuat bangsa Indonesia menjadi kuat dengan cara memberikan pendidikan maksimal. Setiap guru wajib memiliki komitmen untuk mengeluarkan kemampuan, pengetahuan dan kompetensinya dalam memberikan pendidikan kepada para generasi muda.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya merupakan seorang yang memiliki hobi dalam dunia menulis

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Tembus Pasar Muba Expo 2022, LPP Palembang Digandeng Ikatan Istri Anggota DPRD Kab.Muba

Image

Yusuf Qardhawi dan Sumbangan Pemikirannya Bagi Masa Depan Islam

Image

Reformasi AR Learning Center dan Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara Diperkuat Kader yang Komitmen

Image

Lapas Kayuagung Ikuti Secara Virtual Sosialisasi Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP)

Image

Pastikan Kelayakan Penjamin, PK Bapas Nusakambangan Kunjungi Perangkat Desa di Kabupaten Cilacap

Image

Yusuf Qardhawi dan Islam Jalan Tengah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image