Tips Belanja Harian via Online Bebas Hambatan

Image
Achmad Humaidy
Teknologi | Tuesday, 17 May 2022, 23:40 WIB
Tips Belanja Online (photo by Mart Production - pexels.com)

Sebagai konsumen cerdas yang melek digital, kita dituntut untuk memenuhi kebutuhan harian dengan belanja online. Tanpa harus ke pasar tradisional, belanja online kian praktis dan makin diminati. Ragam aplikasi dan situs belanja online hadir memanjakan konsumen untuk semua kalangan.

Tren belanja online yang terus marak menjadi bentuk transformasi digital. Proyeksi internet menyatukan Indonesia nyatanya bisa diwujudkan dari hype belanja online yang sudah dijamah, baik masyarakat perkotaan sampai pedesaan yang sudah mendapat sokongan teknologi digital. Setiap platform e-commerce terus mengadopsi dan membuka peluang bagi siapa saja untuk bertransaksi online. Maka, masing-masing individu sudah bisa membuka toko online secara mudah atau membeli suatu produk hanya dengan sentuhan tangan.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan harian, penulis seringkali menerapkan bijak saat belanja online. Hal ini dilakukan supaya penulis bisa menjadi bagian dari konsumen cerdas. Lebih dari itu, belanja online secara bijak juga menerapkan prinsip keamanan sehingga tak ada lagi konsumen yang menjadi korban dari tindak penipuan. Berikut tips belanja harian via online yang bebas hambatan:

1. Belanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan

Skala prioritas dalam belanja online menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Jangan mudah tergiur dengan jebakan-jebakan promo yang kadang menyesatkan. Seleksi terlebih dahulu produk atau barang yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Bila punya keinginan, kita bisa tambahkan produk ke dalam wishlist akun profil e-commerce yang kita buat.

Cek kebutuhan harian yang bersifat penting untuk dipenuhi. Beberapa barang atau produk yang diinginkan masih bisa dibeli untuk waktu lain. Jangan biasakan untuk stok barang terlalu banyak dalam satu waktu. Efeknya, barang tersebut hanya akan menjadi tumpukan di gudang saja.

Camkan sebelum checkout atau klik bayar pada aplikasi “Ini barang/produk, bakal terpakai atau tidak ya?”. Antara keinginan dan kebutuhan tentu mudah dibedakan. Suatu barang atau produk dianggap butuh saat diperlukan dan bisa digunakan saat itu juga. Sementara keinginan terhadap produk masih bisa ditunda.

2. Cari informasi promo menarik

Bila harga barang yang tertera di market place terlihat mahal, maka bersabarlah. Tunggu saat barang atau produk tersebut punya harga diskon atau promo menarik lain. Kita juga bisa mencari alternatif promo seperti potongan harga saat menggunakan metode pembayaran tertentu atau gratis ongkos kirim (ongkir). Bisa juga menunggu flash sale atau membeli produk pada jam-jam tertentu supaya lebih worth it to buy.

3. Tentukan anggaran belanja online secara cermat

Nafsu belanja online yang meningkat tentu membuat kalap saldo rekening atau menguras saldo dompet digital. Transaksi super cepat setelah cek katalog produk, otomatis membawa kita lupa bahwa keranjang belanjaan sudah penuh. Kenikmatan format digital ini harus disiasati supaya anggaran belanja online tidak berlebihan.

Buat anggaran belanja yang hemat. Komparasi harga untuk produk sejenis dengan toko yang berbeda. Sebisa mungkin, hindari juga pinjaman online (pinjol) supaya tak terjerat utang saat harus membayar barang belanjaan harian.

Biar belanja online bisa sat set sat set, penulis memanfaatkan koneksi wifi cepat dari layanan IndiHome. Biasanya trik ini penulis lakukan dengan log in melalui dua perangkat sekaligus, baik melalui aplikasi pada ponsel dan situs belanja online pada laptop. Bersyukurlah saat wifi tidak ngadat, terutama saat berburu promo belanja online seperti flash sale.

Ide cemerlang lain dari penulis yaitu tentukan waktu yang tepat untuk belanja online. Misal saat jatah invoice cair, saat gajian, atau saat insentif sudah ada tanggal masuk ke rekening. Dengan begitu notifikasi m-banking dan notifikasi dari e-commerce bisa berbunyi seiringan.

4. Jangan jadikan belanja online suatu kebiasaan

Beberapa orang sering menganggap bahwa belanja online bisa jadi pelarian saat stres. Mereka yang sedang galau terpaksa borong makanan atau cemilan untuk menghindari permasalahan hidupnya. Tahan! Bila hal ini terus dibiarkan bisa jadi kebiasaan dan tanpa disadari gaya hidup boros yang justru akan menghantui diri.

Koneksi wifi cepat jadi modal untuk belanja harian via online (pexels.com)

Demikian 4 tips belanja harian via online untuk penuhi kebutuhan supaya bebas hambatan. Semoga bisa jadi solusi untuk kondisi seperti krisis saat ini. Penggunaan wifi cepat dari jaringan internet menyatukan Indonesia juga bisa menjadi modal untuk belanja online. Layaknya seperti platform e-commerce yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam ruang virtual dunia maya tanpa batas. Supaya ekonomi tetap berputar di tengah krisis pandemi, jangan lupa beli atau konsumsi produk lokal juga ya.

Tekanan hidup yang menghimpit harus buat kita tetap bijak saat belanja online. Bila duit tak memadai untuk belanja, tahan saja dulu untuk akses aplikasi atau buka situs belanja online supaya tidak gampang tergoda. Ingat, belanja online juga bisa menguras saldo tabungan bila kita tak bisa menerapkan tips berbelanja online di atas.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang narablog yang menyeimbangkan dunia maya dan dunia nyata.

Bangkit Bareng, Indonesia Pasti Bisa

Bentang Kebaikan sebagai Penulis

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Savefrom.Net Unduh Gratis Video Mp4 Youtube Tanpa Aplikasi Dan Pasti Cepat Disini

Image

Download Lagu aespa - Girls MP3 Gratis

Image

Cara Cepat Memasang Spion Motor, Gampang!

Image

Yuk Kenali Fungsi Rem dan Jenisnya untuk Motor

Image

Doa Orang Tua Agar Anak Betah di Pondok Pesantren

Image

Joji Glimpse Of Us X Pluto Project MP3 Download Free!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image