Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Berwisata dengan buah tangan Jeruk Pamelo di Magetan

Wisata | Wednesday, 11 May 2022, 08:02 WIB
Jeruk Pamelo (sumber foto: dokpri)

Pernah mendengar Jeruk Pamelo? Salah satu produk unggulan dari Magetan Jawa Tegah ini dipamerkan pada “Festival Pamelo Magetan 2022.” Mengambil tempat di halaman parkir Kebun Refugia, festival ini berlangsung selama 2 hari yaitu 7 s.d 8 Mei 2022. Sebanyak 3000 buah dari jenis Pamelo Magetan, Adas Nambangan, Sri Nyonya, Adas Duku dan Pamelo Jawa dipajangpada helat tersebut.

Bentuk jeruk Pamelo sangat mirip dengan jeruk Bali. Jika jeruk Bali warna dalamnya itu putih, Pamelo warna dagingnya merah dan tanpa biji. Soal rasa juga beda. Bila jeruk Bali ada yang asam, dan ada yang tawar sedikit yang manis, tapi jeruk Pamelo rasanya manis.

sumber foto: dokpri

Jeruk Pamelo khas Magetan

“Mari kita kenalkan jeruk Pamelo ke masyarakat luas, baik melalui penjualan online, offline maupun sebagai buah tangan untuk sanak saudara kita di luar Magetan,” ajak Bupati Magetan, Suprawoto, ketika membuka “Festival Pamelo Magetan 2022” Sabtu (7/5).

Bupati Magetan,Suprawoto,sedang memamerkan Pamelo (sumber foto: dokpri)

Lebih lanjut Suprawoto menjelaskan, bahwa Jeruk Pamelo merupakan potensi yang luar biasa. Sama dengan Kota Batu yang identik dengan apel, Suprawoto berharap Jeruk Pamelo ini akan menjadi salah satu identitas Magetan di masyarakat luas.

Festival ini sebagaimana dijelaskan oleh Ir. Uswatul Chasannah, MMA Kepala Dinas TPHPKP, merupakan rangkaian acara Calender of Event yang diinisiasi Bupati Magetan. Festival ini akan menjadi acara tahunan sebagai daya tarik wisatawan di luar Magetan. Dengan bermitra kepada Asosiasi Pamelo Magetan, Pemuda Pelopor Magetan dan Bumdes Sari Maju–Dinas TPHPKP, diharapkan helat ini dapat membantu membangkitkan perekonomian masyarakat melalui meningkatkan penjualan produk unggulan Jeruk Pamelo.

Petugas BPP Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan, Eni Sri R mamaparkan, panen raya jeruk Pamelo terjadi pada bulan Mei dan Juni.

Eni Sri R,sedang berada di salahs atu kebun saat Panen raya Jeruk Pamelo (sumber foto: dokpri)

“Jenis jeruknya meliputi variertas Nambangan, Bali Merah, dan Sri Nyonya,AdaDuku, Bali Madu, Adas Gulung, dan Adas Jawa. Salah satu produk yang dihasilkan sebagai olahan adalah manisan kulit jeruk yang dinamakan kurmelo ” katanya.

Penasaran? Yuk kita ke Magetan, berwisata ke kebon jeruk Pamelo sekaligus meminang oleh-oleh khas Magetan.

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image