5 Keuntungan Menjalankan Shaum Sunnah 6 Hari di Bulan Syawal

Image
Deffy Ruspiyandy
Gaya Hidup | Tuesday, 10 May 2022, 14:31 WIB

Setelah Ramadhan usai, ada sebuah ibadah sunnah yangs ayang kalau dilewatkan bagi kaum muslimin. Ibadah itu adalah ibadah Shaum Sunnah 6 hari di bulan Syawal. Boleh dilakukan secara berurutan boleh pula dilakukan secara acak asalkan tidak lewat dari bulan Syawal.

Ibadah shaum sunnah 6 hari di bulan Syawal sungguh banyak sekali manfaatnya. (FOTO :Republika.co.id/Mardiah)

Menariknya ibadah shaum sunnah ini justeru ada di bulan Syawal dan berurutan setelah melaksanakan ibadah shaum wajib Ramadhan kurang lebih satu bulan. Sehingga terjadi kesinambungan ibadah yang satu ini dan jelas sangat besars ekali manfaat atau keuntungan bagi mereka yang melaksanakannya.

Pada kesempatan ini tak salah jika kita paparkan 5 Keuntungan menjalankan Shaum Sunnah 6 Hari di Bulan Syawal ini.

1. Mendapatkan Pahala sama dengan shaum satu tahun

“Barang siapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun.” (HR Muslim).

Hal ini menjadi bukti jika kedudukan shaum sunnah 6 hari di bulan Syawal in i bukanlah ibadah biasa melainkan satu ibadah yang istimewa karena menyertai ibadah Shaum Ramadhan yang dilaksanakan satu bulan. Berarti dengan shaum 6 hari itu sama artinya kita melaksanakan ibadah shaum 11 bulan mengenapkan satu bulan yang wajib dilaksanakan pada bulan Ramadhan itu.

Artinya sangat rugi kalau dilewatkan.Untuk itu persiapkan mental kita agar bisa melaksanakan ibadah shaum sunnah 6 hari di bulan Syawal ini.

2. Menjadi latihan untuk selalu melakukan ibadah Shaum menuju Ramadhan di tahun yang akan datang

Memang kita tak bisa menjamin apakah umur kita akans ampai pada bulan ramadhan tahun depan ? Wallahu alam. Karenanya dengan diawali oleh ibadah shaum 6 hari di bulan Syawal inis emoga saja memacu kita untuk bisa melaksanakan ibadah shaum selama satu tahu penuh. Ada Shaum Daud, Shaum Ayyumil Bidh, Shaum Senin Kamis dan Shaum Sunnah lainnya.

Dengan mampu melaksanakan ibadah-ibadah shaum ini tentunya kita akans emakin dekat dengan Allah apalagi doa orang shaum itu diijabah oleh Allah SWT dan banyak lagi keuntungan apabila kita melaksanakan ibadah-ibadah shaum sunnah ini.

3. Mampu mempertahankan spirit Ramadhan

Ramadhan tahun yang akan datang harus menunggu 11 bulan lagi. Tetapi dengan melaksanakan ibadah shaum 6 hari dibulan Syawal ini dapat diartikan kita yang melakukannya mampu mempertahankan spirit Ramadhan, di mana kita akan mednapatkan banyak pahala dan tentu saja akan mengokohkan keimanand an ketakwaan kita.

Dengan mampu melakukannya kita berharapibadah shaum Ramadhan dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan diterima Allah sehingga kita semua bisa menjadi muslim yang selalu ada dalam lindungan dan keridhoan-Nya.

4. Memotivasi kaum wanita yang mesti mengqodho Shaum

Tentu saja dalam suasana seperti ini bagi mereka yang memiliki utang shaum dan harus mengqodhonya sangat memungkinkan terdorong karena suasananya sangat medukung terlebih a[alagi ibu, ayah, kakak dan saudara lain ikut melaksanakan ibadah shaum ini. Sehingga menqodhoa shaum wajib dapat dilakukan di awal waktu.

5. Terbiasa menjadi orang yang selalu shaum dan menyehatkan

Ibadah shaum Sunnah 6 hari dibulan Syawal tentu akan membiasakan diri kita untuk menjadi orang yang terbiasa shaum. Bukan saja shaums ecara fisik tetapi shaums ecara jiwa sehingga kita terjauhkan dari perbuatan yang tercela dan jiwa kita selalu ada dalam naungan agama yang banyak memberikan keun tungan bagi yang melakukannya.

Bukan itu saja, orang yang terbiasa melakukan shaum maka akan meyehatkan dirinya, dalam hal ini akans ehats ecara jasamnai dan juga sehats ecara ruhani. Dengan melakukan ibadah shaum sunnah ini semoga saja Allah menjadi tambah sayang kepada kita semuanya selaku umat-Nya.

Memang bukan persaolan mudah dalam hal ini akantetapi tak ada salahnya untuks elalu dicoba karena kebaikan yang dilakukans ecara kontinyu akans elalu memberikan kebaikan bagi diri kita sendiri.

Tentu saja keuntungan yang ada seharusnya memotivasi kita untuk semakin meningkatkan ibadah di bulan Syawal ini. Karena dengan kita melakukan ibadah itu secara kontinyu dapat diartikan insha Allah amalibadah kita diterima oleh Allah. Bukankah hal itu yangs elama ini kita harapkan ?**8

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Game Online PC Gratis Yang Wajib Kamu Mainkan Sekarang!!

Image

Kemenkumham Jateng Siap Diaudit BPK RI

Image

Masa Berlaku Paspor Kini 10 Tahun, Imigrasi Siapkan Juknisnya

Image

Rutan Boyolali Buka Layanan Konsultasi Bagi WBP

Image

Tingkatkan Keimanan, Lapas Klaten Adakan Kegiatan TPQ dan Pengajian untuk Warga Binaan

Image

Kadivpas Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev ke Lapas Sekayu

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image