Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Danisa Nanda Pratiwi

Mural di Kawasan Tempurejo Menjadi Media Edukasi Bahaya Riba

Eduaksi | Friday, 27 Aug 2021, 15:00 WIB

Tim PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) Himpunan Mahasiswa Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Surabaya menggerakkan semua timnya untuk mempercantik tampilan Kawasan Tempurejo.

Tim PHP2D HIMA PBS UMSurabaya menjadikan tembok di sebagian jalan gang Tempurejo sebagai objek kampanye kreatif. Tim PHP2D HIMA PBS menggambar mural di tembok bertemakan merdeka dari jeratan riba. Mural tersebut bertujuan untuk mengingatkan kepada orang yang melihat khususnya Kawasan Tempurejo yang menjadi Desa Binaan Tim PHP2D HIMA PBS UMSurabaya, betapa kejamnya riba dan balasan bagi pelaku riba.

Kegiatan me-mural tembok tersebut di bertempat di Rt 01 Gang 2 Tempurejo, Senin (23/08/2021). Tim PHP2D HIMA PBS mengeluarkan segala effort dan kreatifitasnya untuk me- mural tembok. Ketua Tim PHP2D HIMA PBS UMSurabaya mengatakan bahwa Tim PHP2D HIMA PBS harus kompak dalam pelaksanaan kegiatan. "Kegiatan me- mural ini harus kita tekuni. Selain itu, gambar pada mural ini berkaitan dengan bahaya riba. Maka supaya warga yang melihat dapat mengetahui begitu kejamnya jika terjerat oleh riba," begitulah tuturnya.

Sebelum melakukan pengecetan tembok atau yang di sebut dengan mural, tim PHP2D HIMA PBS meminta ijin kepada ketua RT, ketua RW, dan Pemilik tembok. Ketua RT 01, Bapak Narji sangat mendukung pelaksanaan mural tembok yang bertemakan merdeka dari riba tersebut. "Saya sangat mendukung dan sangat senang jika ada yang mau atau sudi untuk mempercantik kawasan Tempurejo ini. Selain demi keindahan desa, pesan yang terkandung dalam lukisan itu juga akan sampai ke masyarakat, yaitu mengubah mainset masyarakat untuk menghindari transaksi riba, dan pengetahuan mengenai keuangan syariah,” begitulah tutur beliau, yang begitu membangkitkan semangat tim PHP2D HIMA PBS UMSurabaya.

Aksi mural ini mendapat dukungan penuh oleh dosen pembimbing lapangan PHP2D HIMA PBS UMSurabaya, Ibu Arin Setyowati, SHI., MA. Kegiatan mural tersebut membantu mengedukasi masyarakat mengenai bahaya riba. “Mural dengan tema merdeka dari jeratan riba menjadi salah satu edukasi untuk masyarakat Tempurejo agar tidak termakan oleh rayuan para rentenir maupun pinjol, yang berakhir pada penetapan bunga yang tinggi karena tidak mampu untuk mencicilnya,” kata beliau.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image